Core

Satu anggapan yang kurang tepat soal berinvestasi adalah: investasi hanya bisa dilakukan oleh orang kaya. Ini mungkin benar di masa lalu, tapi batasannya sudah hilang sekarang karena sudah banyak layanan yang menyediakan platform berinvestasi untuk semua orang. Tak terkecuali pemula dan yang hanya punya penghasilan pas-pasan. Lalu apa saja jenis investasi yang menguntungkan? 

Jenis Investasi yang Menguntungkan

Ada banyak jenis investasi yang menguntungkan. Hanya saja sebagai pemula lebih disarankan memilih yang risikonya rendah agar lebih aman. Berikut ini 5 jenis investasi menguntungkan yang cocok untuk pemula:

1. Tabungan Berjangka

Menabung adalah konsep berinvestasi yang paling mudah dipahami, tapi tidak semudah itu dijalankan. Menabung butuh komitmen dan konsistensi. Karena itu sangat disarankan untuk memiliki rekening yang terpisah, khusus untuk menabung. Tabungan berjangka adalah pilihan yang paling tepat, karena nasabah tidak bisa menarik tabungannya hingga jangka waktu tertentu. 

Tabungan berjangka adalah rekening tabungan yang memiliki jangka waktu, misalnya 1 tahun. Selama 1 tahun, nasabah akan menyetor sejumlah uang dan uang tidak bisa ditarik hingga jatuh tempo. Setelah 1 tahun, baru tabungan bisa ditarik. Cara ini sangat baik untuk membuat nasabah berkomitmen dan akhirnya bisa mencapai tujuan finansialnya di masa jatuh tempo. 

2. Deposito

Deposito hampir sama dengan tabungan berjangka, tapi tentu ada detail yang berbeda. Untuk deposito, nasabah hanya perlu menyetor satu kali di awal saat membuka rekening deposito. Setelah itu, setiap bulan tidak perlu menyetor lagi. Deposito juga ada jangka waktunya, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan dan ada juga yang 5 tahun. 

Nasabah tidak bisa menarik deposito sebelum jatuh tempo. Kalaupun ada satu dan lain hal yang menyebabkan dana deposito diambil sebelum waktunya, maka ada risikonya, tergantung dari kebijakan bank. Ada yang memberlakukan denda sebagai penalti, ada juga yang memotong bunga deposito. Sementara bank lain sama sekali tidak memberikan bunganya. 

Penalti diberlakukan oleh bank agar nasabah tidak menarik dana deposito mereka sebelum waktu yang sudah ditentukan. Dengan begitu, nasabah akan mendapatkan jumlah yang menguntungkan dan tidak perlu membayar penalti. 

3. Tabungan Dana Pensiun

Beberapa bank menawarkan produk tabungan hari tua atau tabungan dana pensiun. Ini adalah tabungan jangka panjang yang tidak bisa diambil hingga usia pensiun tiba. Jenis tabungan ini sangat disarankan agar nasabah memiliki cukup bekal di masa tua untuk melanjutkan kehidupan mereka dengan nyaman. Kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi, begitu juga dengan dana untuk kesehatan dan lain sebagainya.

4. Reksa Dana

Reksa dana termasuk investasi yang aman dan bisa sangat menghasilkan. Saat ini, investasi reksa dana bahkan sudah bisa dimulai dengan modal Rp 10.000 saja secara online. Uang yang kita investasikan dalam reksa dana kemudian dikelola oleh manajer investasi agar bisa mendapat keuntungan. Sekarang juga sudah ada banyak layanan reksa dana syariah yang lebih stabil dan aman. 

5. Emas

Investasi emas tergolong aman dan sangat disarankan bagi pemula. Apalagi sekarang menabung emas sudah amat sangat mudah. Siapa pun bisa memulainya dengan modal kecil, cukup bermodalkan Rp 10.000 saja dan Anda sudah punya tabungan emas. Harga emas stabil, bahkan cenderung meningkat karena tidak terpengaruh inflasi. Mulailah dari menabung emas dalam jumlah kecil tapi konsisten. Di masa depan, tabungan ini akan sangat berguna.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Bagi Investor Pemula

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pemula sebelum memilih instrumen investasi yang tepat bagi mereka, yaitu:

  • Toleransi risiko: tiap investor harus paham dulu, seberapa yang mampu kita toleransi dalam berinvestasi. Instrumen investasi yang volatilitasnya tinggi risikonya juga tinggi dan selalu ada kemungkinan rugi. Investor harus siap akan hal ini. Karena itu, selalu ada pilihan instrumen yang volatilitasnya rendah hingga medium, sehingga risikonya rendah.
  • Tujuan finansial: sangat penting untuk menentukan apa tujuan finansial Anda, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memilih jenis investasi apa yang paling tepat untuk membantu mencapai tujuan ini. Membuat tujuan juga membuat kita lebih semangat berinvestasi.
  • Aktif atau pasif: apakah Anda ingin jenis investasi yang aktif atau pasif? Investasi aktif contohnya adalah saham yang harus selalu dipantau, karena peluang bisa datang kapan pun. Sedangkan investasi yang pasif adalah yang bisa kita diamkan tanpa perlu update setiap saat, misalnya deposito. 
  • Bunga dan pajak: hampir semua investasi ada bunga, pajak dan potongan lainnya. Hal ini juga perlu diperhatikan karena tiap investor tentu ingin biaya yang sekecil mungkin agar keuntungan yang didapat lebih besar. Jadi sangat penting untuk mencari tahu detail ini terlebih dulu sebelum memutuskan memilih jenis investasi yang paling tepat. 

Update Terus Investasi Anda dengan Paket Internet Unlimited XL PRIORITAS

Investasi yang menguntungkan sekarang bisa terus dipantau setiap saat via online. Jadi pastikan Anda punya paket internet yang koneksinya lancar supaya bisa update terus. XL PRIORITAS hadir dengan paket internet Unlimited yang sudah termasuk kuota telepon, SMS, dan beberapa fitur lainnya.

Ini dia 5 pilihan paket internet unlimited dari XL PRIORITAS:

  • PRIORITAS SILVER Rp 70,000

Unlimited Kuota Apps

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

100 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

  • PRIORITAS GOLD Rp 100,000

Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

150 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

VIDIO Platinum 30 hari.

  • PRIORITAS PLATINUM: Rp 135,000

Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

250 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

3 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS DIAMOND: Rp 180,000

Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

350 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

7 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS ULTIMA : Rp. 300.000

Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

Unlimited telepon ke operator lain

Unlimited SMS ke semua operator

30 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Cukup beli satu paket saja dan Anda sudah dapat banyak fitur yang menguntungkan. Harga paketnya pun terjangkau dan cara mendapatkannya simpel. Langsung saja download aplikasi MyXL untuk mendapatkan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Transaksinya cepat dan paket internet pun langsung aktif!