Core

Merupakan salah satu teknologi terbaru di bidang telekomunikasi, eSIM sudah mulai digunakan di Indonesia. Menawarkan layanan dan fitur yang lebih baik dibandingkan kartu SIM fisik, pelan-pelan kita akan beralih ke kartu virtual ini. Sebenarnya apa itu e-SIM dan bagaimana cara kerjanya? Temukan info selengkapnya berikut ini. 

Apa Itu eSIM? 

eSIM merupakan kependekan dari Embedded SIM, atau kartu SIM yang terpasang di perangkat. Terpasangnya berbeda dengan kartu SIM fisik yang sudah kita gunakan selama puluhan tahun, tapi terpasang secara tertanam. Jadi eSIM tidak ada bentuk fisiknya, melainkan merupakan sebuah kartu virtual. Pengguna eSIM tidak bisa mengeluarkannya dari satu perangkat seluler ke perangkat lainnya. 

Informasi di sebuah eSIM bisa ditulis ulang. Artinya, pengguna eSIM bisa mengubah jaringan tanpa harus mengeluarkan kartu fisik dan memasukkan kartu yang baru. Selain itu, dalam satu eSIM bisa menggunakan beberapa jaringan sekaligus. 

eSIM merupakan evolusi dari kartu SIM fisik yang terbuat dari plastik. Cara kerja eSIM pada dasarnya kurang lebih sama saja dengan kartu SIM fisik biasa, hanya fiturnya yang lebih dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan penggunanya saat ini. Makin banyak perangkat seluler yang dirancang agar kompatibel dengan eSIM, agar makin banyak yang beralih dari kartu SIM fisik ke eSIM. 

Cara Kerja eSIM

Banyak yang masih kebingungan dengan cara kerja eSIM. Bagaimana bisa kartu yang tidak ada bentuk fisiknya melakukan tugas yang sama dengan kartu SIM yang selama ini kita kenal? Singkatnya, kalau sudah memiliki perangkat yang kompatibel dengan eSIM, maka penggunanya bisa dengan mudah install profil eSIM yang disediakan oleh provider. Setelah profil didaftarkan, maka pengguna sudah bisa beli paket internet, paket telepon dan lain sebagainya dari provider tersebut. 

Kelebihan eSIM 

Apa yang akan kita dapatkan dari menggunakan eSIM? Apa yang membuatnya berbeda dan lebih baik dari kartu SIM fisik yang selama ini kita gunakan? Simak beberapa kelebihannya berikut ini sebelum beralih ke eSIM:

1. Tidak Perlu Ruang Fisik di Perangkat Seluler

Saat ini kebanyakan perangkat seluler yang sudah mendukung kinerja eSIM masih menyediakan slot untuk kartu SIM fisik. Karena masih berada di masa peralihan, jadi pengguna masih bisa memilih antara pakai eSIM atau kartu SIM tradisional. Tapi di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Apple sudah merilis iPhone yang tidak menyediakan slot SIM fisik lagi. 

Nantinya, merek yang lain juga pastinya akan mengikuti metode ini. Dampaknya, kita tidak lagi memerlukan ruang untuk kartu SIM fisik. Artinya, tak ada lagi ruang yang dibutuhkan untuk SIM fisik. Ini mungkin saja akan mempengaruhi desain perangkat, entah itu lebih tipis atau bisa digunakan ruangnya untuk fitur dan teknologi lainnya yang lebih canggih. 

Misalnya, ruang yang awalnya untuk kartu SIM sekarang bisa digunakan untuk memperbesar baterai, sehingga kapasitas baterai bisa lebih besar dan tahan lama. Atau mungkin bisa digunakan untuk fitur lain yang lebih berguna.

2. Perangkat Lebih Bersih

Tidak ada slot kartu SIM fisik di perangkat seluler, artinya lebih sedikit lubang-lubang kecil di ponsel kita. Semakin sedikit lubang dan desain yang memungkinkan debu atau cairan masuk ke bagian dalam ponsel, maka ponsel pun akan jadi lebih higienis dan aman. Ponsel jadi tak mudah rusak hanya karena debu dan cairan. 

3. Bisa Pakai Lebih dari 1 SIM

Masih banyak yang mengira bahwa eSIM berarti kita hanya bisa menggunakan satu layanan seluler saja. Padahal sebenarnya tidak begitu. Dengan eSIM, kita tidak akan kehilangan keuntungan dari ponsel dengan dual SIM slot. Justru, satu eSIM bisa menyimpan 5 data SIM virtual. 

Jadi kalau kita beralih ke eSIM bukan berarti kita harus pakai 2 atau lebih perangkat sekaligus. Cukup pakai 1 perangkat saja, beberapa nomor tetap bisa tersimpan di sana dan digunakan secara bergantian dengan mudah. 

4. Lebih Mudah Berganti Jaringan

Pengguna eSIM akan lebih mudah berganti jaringan, karena cukup satu eSIM saja di dalam satu ponsel dan kita sudah bisa menggunakan beberapa jaringan sekaligus. Ini akan sangat berguna bagi yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, misalnya. Saat di negara lain harus pakai jaringan lain, kedua nomor bisa sama-sama aktif. Hanya saja, penggunaan paketnya menggunakan nomor di negara tujuan. 

Tak perlu lagi repot mengeluarkan dan memasukkan kartu SIM fisik tiap kali akan berganti jaringan. Jadi, kita juga sudah tidak lagi membutuhkan alat ejector untuk membuka tray kartu SIM fisik yang ukurannya sangat kecil dan sering hilang itu. 

5. Bisa Ganti Jaringan Sementara

Dalam 1 eSIM mampu menyimpan data hingga 5 virtual SIM sekaligus. Jadi kalau dibutuhkan, kita bisa berganti jaringan sementara dengan cara yang sangat mudah. Misalnya saat pergi ke luar kota, jaringan SIM yang satu lebih baik dibandingkan yang kita gunakan di kota asal. Maka kita bisa menggantinya selama berada di kota itu saja. Lalu begitu sudah tidak dibutuhkan lagi, bisa langsung berganti ke jaringan yang sebelumnya. 

Pastikan Punya Perangkat Pendukung eSIM

Banyak kelebihannya, Anda tertarik beralih ke eSIM? Sebelum pesan eSIM baru, pastikan Anda sudah memiliki perangkat seluler yang sudah mendukung performa eSIM. Kalau sudah, baru kita bisa menggunakan eSIM. 

Beli eSIM Praktis dan Mudah di XL PRIORITAS

Nah, sudah tahu apa saja kelebihan menggunakan eSIM, sekarang saatnya beralih dari kartu SIM fisik ke eSIM. XL PRIORITAS sudah menghadirkan eSIM agar pelanggannya mendapatkan teknologi yang lebih canggih dan fasilitas lebih baik. Cara membelinya mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke website XL PRIORITAS atau langsung ke https://prioritas.xl.co.id/apply?step=0&page=0
  • Pilih produk Mobile Plan untuk mendapatkan Paket Unlimited dengan kuota besar dan jaringan internet yang lebih baik
  • Pilih E-Sim di tombol sebelah kanan
  • Pilih salah satu paket di bawahnya, mulai dari paket Silver, Gold, Platinum, Diamond dan Ultima
  • Klik Pilih & Daftar
  • Pilih masa berlangganan antara 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan
  • Pilih nomor, Anda bisa masukkan nomor sendiri atau pilih salah satu nomor cantik yang disediakan XL PRIORITAS
  • Masukkan Data Pribadi mulai dari Nama, Nomor HP, Email dan Konfirmasi Email
  • Pilih salah satu cara pembayaran antara kartu kredit, Virtual Account, e-Wallet dan QRIS
  • Selesaikan pembayaran dan tunggu hingga e-SIM XL PRIORITAS dikirimkan ke alamat email yang sudah didaftarkan. 

Setelah eSIM datang, maka harus didaftarkan dengan menggunakan nomor KTP dan Kartu Keluarga. Setelah itu, baru eSIM aktif dan bisa digunakan dengan paket internet yang sesuai dengan pesanan Anda. Caranya mudah, yuk beralih ke eSIM dengan XL PRIORITAS!