Core

Kita semua ingin punya tabungan yang cukup agar kondisi keuangan aman. Tapi, seperti yang kita semua tahu, nyatanya menabung tidak semudah itu. Meskipun penghasilan sudah bertambah, tapi tetap sulit untuk menyisihkan penghasilan untuk tabungan. 

Sebenarnya menabung tidak perlu sesulit itu kalau kita memulai dari langkah-langkah yang kecil. Di sini kita akan membahas cara menabung yang benar dan simpel agar tujuan finansial tercapai. Simak tips jitunya, yuk!

Tips Menabung yang Benar

Terkadang hal tersulit dari menabung adalah memulai. Nah, panduan step by step ini mungkin akan mempermudah Anda untuk mulai menabung:

1. Kurangi Hutang

“Bagaimana bisa menabung kalau hutang saja masih banyak?” ini adalah keluhan yang sering kita dengar. Memang, hutang bisa menghambat kita untuk mulai menabung. Jadi, langkah pertama adalah lunasi dulu hutang Anda. Bayar cicilannya setiap bulan dengan tepat waktu, jangan sampai telat dan akhirnya harus bayar denda juga. 

Begitu terbebas dari hutang, uang yang tadinya untuk membayar hutang itu bisa dialokasikan ke tabungan. Jadi pastikan Anda berkomitmen untuk melunasi hutang. Begitu menerima gaji, langsung sisihkan untuk membayar hutang dan tagihan. 

2. Buat Tujuan Menabung

Mungkin salah satu alasan selama ini gagal menabung adalah karena Anda tidak punya gol menabung yang jelas. Hanya sekedar ‘agar punya saldo lebih’ di bank mungkin tidak cukup, Anda butuh tujuan yang konkret. Misalnya ‘menabung untuk beli rumah sendiri 5 tahun lagi’ atau ‘untuk biaya melanjutkan S2 tahun depan’ dan masih banyak lagi. 

Tujuan menabung bisa dibuat jangka pendek maupun jangka panjang. Akan lebih baik kalau Anda punya keduanya. Ketik tujuan Anda, simpan di Notes yang ada di HP. Bisa juga tulis di selembar kertas dan pasang di kamar atau meja kerja agar mudah terlihat. Jadi kita akan selalu teringat dengan tujuan-tujuan ini dan akan lebih semangat untuk menabung. 

3. Catat Pengeluaran Setiap Bulan

Selalu merasa gaji cepat habis begitu saja tanpa terasa? Mungkin sebabnya adalah karena Anda tidak pernah mencatat pengeluaran setiap bulan. Nyatanya, gaji kita tidak mungkin habis tanpa sebab, kita sendiri yang menghabiskannya, terkadang untuk berbagai kebiasaan yang sebenarnya kurang perlu. 

Dengan memiliki catatan, kita akan tahu seperti apa kebiasaan kita menghabiskan uang. Apakah terlalu boros untuk beli camilan yang sering tidak habis? Untuk beli make up dan skincare yang akhirnya menumpuk dan kedaluwarsa? Atau mungkin untuk membership tempat kebugaran yang hanya kita datangi sebulan sekali?

Yang pasti dari catatan pengeluaran ini, kita bisa mulai mengevaluasi diri sendiri. Lalu mulailah kurangi pengeluaran yang kurang penting dan alokasikan dana itu untuk ditabung. Kelihatannya sedikit, tapi padahal kalau dikumpulkan akhirnya menghasilkan juga. 

4. Hindari Impulsive Buying

Begitu masuk mall, pasti bawa barang belanjaan? Atau tiap kali membuka aplikasi belanja online, pasti checkout? Sering melakukan impulsive buying atau membeli sesuatu secara impulsif bisa sangat membahayakan kondisi finansial kalau dibiarkan. Apalagi kalau yang kita beli adalah barang mahal. 

Hindari melakukan impulsive buying. Setiap kali akan membayar, pastikan bertanya dulu pada diri sendiri apakah perlu membeli barang tersebut? Uang yang digunakan untuk impulsive buying bisa dialokasikan jadi tabungan. Nantinya kalau tabungan digunakan untuk belanja barang yang memang dibutuhkan, tentu sah-sah saja. 

5. Saatnya Staycation!

Liburan itu penting, apalagi kalau setiap hari Anda sudah bekerja keras tanpa henti. Liburan diperlukan agar tidak stres dan bisa membuat pikiran jadi lebih segar. Begitu pulang liburan, mungkin saja Anda jadi lebih produktif dan bisa menghasilkan lebih baik, kan? 

Masalahnya, biaya liburan tidak sedikit. Nah, kalau begitu, saatnya staycation! Memang, istilah ini sedang trendi sekarang, tapi sebenarnya makna di baliknya adalah kita bisa menghemat biaya tiket pesawat dan penginapan yang mahal. Anda bisa liburan di rumah saja dengan mendirikan tenda di halaman belakang atau cukup dengan menginap di dalam kota saja. Biayanya lebih rendah, sisanya bisa langsung masuk tabungan!

6. Kurangi Konsumsi yang Menghabiskan Biaya

Masih punya kebiasaan merokok atau beli kopi di kafe tiap kali habis makan siang? Harga rokok yang kian tinggi seharusnya sudah menjadi pertanda untuk berusaha berhenti. Beli sebungkus memang nominalnya tak seberapa. Tapi kalau dikalikan kebutuhan sebulan, ternyata totalnya besar juga. 

Sama juga dengan kebiasaan membeli kopi di kafe yang harganya minimal Rp 30 ribuan. Sehari saja kesannya sedikit, tapi kalau dikali 25 hari kerja ternyata totalnya besar juga. Kalau kebiasaan-kebiasaan yang kurang esensial ini dipangkas, maka ada dana lebih untuk ditabung. 

7. Mulai Membuat Rencana Keuangan

Lebih baik lagi kalau Anda bisa membuat rencana keuangan setiap bulan. Berapa biaya pengeluaran, berapa yang harus ditabung dan berapa sisanya yang bisa dibelanjakan? Setelah itu, pastikan untuk mematuhi rencana yang sudah Anda buat sendiri ini. 

Berhemat dengan Paket Internet PRIORITAS Unlimited

Kuota internet adalah kebutuhan yang pasti Anda perlukan setiap bulan. Supaya bisa menabung dengan benar, pastikan pilih paket internet yang mampu memberikan jaringan internet lancar tetapi tarifnya terjangkau. XL PRIORITAS menawarkan paket internet unlimited yang di dalamnya sudah termasuk kuota internet, kuota telepon, SMS dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Berikut ini 5 paket internet unlimited yang bisa Anda pilih dari XL PRIORITAS:

  • PRIORITAS SILVER Rp 70,000

Unlimited Kuota Apps

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

100 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

  • PRIORITAS GOLD Rp 100,000

Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

150 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

VIDIO Platinum 30 hari.

  • PRIORITAS PLATINUM: Rp 135,000

Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

250 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

3 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS DIAMOND: Rp 180,000

Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

350 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

7 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS ULTIMA : Rp. 300.000

Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

Unlimited telepon ke operator lain

Unlimited SMS ke semua operator

30 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Dengan paket internet unlimited dari XL PRIORITAS yang bisa diandalkan, tentu jadi lebih mudah untuk menabung dengan benar. Dapatkan sekarang juga paketnya di aplikasi MyXL dan nikmati beragam fiturnya!