Core

Makin banyak bisnis yang dijalankan via online, sehingga bisnis rumahan makin lebih mudah diakses. Ada yang menjadikan bisnis rumahan sebagai side hustle, ada juga yang bahkan menjadikannya sebagai penghasilan utama menggantikan pekerjaan full time. Yang pasti, ide bisnis rumahan yang menguntungkan saat ini sangat variatif. 

Banyak cerita bisnis yang sukses dimulai dari rumah dengan skala kecil. Jadi jangan khawatir dan cepat menyerah, karena sekecil apa pun ide dan modalnya, mungkin saja ke depannya bisa berpenghasilan besar. Simak beberapa ide bisnis rumahan di bawah ini yang bisa Anda coba. 

Ide Bisnis Rumahan 

Kunci memulai bisnis dari rumah adalah kita sendiri percaya dengan ide bisnis kita. Motivasi yang kuat akan membuat kita semangat untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Lalu bagaimana kalau masih bingung apa yang harus dilakukan untuk mulai berbisnis dari rumah? Ini dia beberapa ide bisnis rumahan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Menjual Produk Buatan Sendiri

Bagi yang kreatif dan punya keahlian tertentu, ide bisnis rumahan yang pertama ini mungkin yang paling cocok untuk Anda. Jenis produknya bisa apa saja. Mulai dari membuat sabun alami yang sehat dan unik, jago membuat sambal roa yang lezat, atau mungkin jago mendesain dan menjahit pakaian yang unik dan kekinian. Sesuatu yang awalnya dari hobi dan keahlian kreatif ini mungkin saja bisa lebih menghasilkan dibandingkan pekerjaan kantoran. 

Tentu saja ada modal yang dibutuhkan untuk memulai. Perhitungkan apakah modal dan harga jual sudah sepadan, jangan lupa pertimbangkan ide, keahlian dan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk tersebut. 

2. Buka Toko Dropship

Dropship adalah tipe bisnis yang bisa dilakukan di rumah tanpa memerlukan ruang besar untuk bekerja dan ruang penyimpanan. Membuka toko dropship pada dasarnya kita menjadi perantara antara toko distributor wholesale dan pembeli. Kita yang akan menjadi marketer dari berbagai transaksi yang terjadi. Toko distributor yang akan mengepak dan mengirim barang. 

Karena kita tidak membutuhkan ruang besar dan tidak butuh mengepak serta mengirim barang, maka membuka toko dropship termasuk dalam bisnis berbiaya rendah. Meski modalnya kecil, kalau benar-benar ditekuni dan jeli memilih distributor yang bertanggung jawab dan cepat pelayanannya, toko dropship bisa mendatangkan penghasilan yang baik. 

3. Jasa Titip Beli

Ide bisnis rumahan yang ketiga ini cukup booming karena banyak orang yang tidak sempat belanja langsung, entah karena lokasi tokonya jauh atau karena memang tidak ada waktu untuk ke toko. Bisnis yang sering disebut dengan jastip ini biasanya membantu membelikan barang dari luar negeri, luar kota, bahkan di dalam kota pun ada. 

Beda dengan toko dropship, bisnis jastip membutuhkan ruang khusus untuk tempat barang. Apalagi kalau bisnisnya sudah berjalan lancar. Saat ini, toko jastip yang banyak ditemukan antara lain adalah jastip barang dari Thailand, jastip barang dari Korea, jastip beberapa merek populer dan masih banyak lagi.

Untuk membuka bisnis jastip, kita perlu tahu dulu apa produk yang dibutuhkan konsumen. Cari tahu juga toko mana yang terbaik. Selain itu, pastikan menyediakan metode pembayaran yang terpercaya dan aman bagi konsumen dan platform agar bisa berkomunikasi dengan konsumen dengan lancar. 

4. Menjual Kelas Online

Kalau Anda punya keahlian tertentu, sekarang uniknya kita bisa mengajar dan menjualnya menjadi kelas online. Jadi tak perlu menjadi pengajar di lembaga tertentu dulu untuk bisa mengajarkan kursus. Kita bahkan bisa menjualnya sendiri dan memasarkannya dari kenalan dan rekan-rekan dulu. 

Kalau ingin lebih profesional, Anda juga bisa mengikuti komunitas kursus online yang sekarang sudah cukup banyak beredar. Cara ini akan menarik lebih banyak perhatian karena orang yang mencari kursus tertentu biasanya akan mencari dari komunitas semacam ini. Tentu saja, akan ada pembagian hasil. 

5. Laundry Kiloan

Anda tinggal di perumahan yang padat penduduk atau di dekat kampus dan gedung perkantoran? Biasanya kalau tinggal di kawasan yang sibuk seperti ini, jasa laundry kiloan akan sangat dibutuhkan. Saking sibuknya, orang tak sempat mencuci pakaian mereka sendiri. 

Saat ini sudah banyak jasa memulai laundry kiloan di mana kita sudah mendapat berbagai alat yang diperlukan untuk laundry. Mulai dari mesin cuci profesional lengkap dengan pengering, setrika atau steamer yang membuat pekerjaan jadi lebih cepat dan terlihat lebih profesional. 

6. Katering

Bisnis katering selalu dibutuhkan, terutama di kawasan yang sibuk. Anda bisa mengincar katering untuk rumah tangga, katering kantoran, katering sehat, dan lain sebagainya. Memang lebih baik kalau lebih spesifik, karena konsepnya lebih jelas dan fokus. 

Katering rumah tangga banyak dibutuhkan di area kompleks perumahan di mana pemilik rumahnya banyak yang bekerja dari pagi sampai malam. Di dekat kantor, usaha katering rumah tangga juga kemungkinan banyak diserbu. Kalau mengincar bisnis katering kantoran, biasanya untuk usaha yang sudah cukup besar. 

Sedangkan untuk katering sehat, bisnis ini sedang naik daun, utamanya di kota besar di mana makin banyak yang peduli dengan makan sehat. Apa pun jenis bisnis kateringnya, pastikan untuk menyiapkan menu, setidaknya selama seminggu lalu disebarkan untuk promosi. 

7. Agensi Web Desain

Punya keahlian dan kreativitas di bidang mendesain website? Anda bisa mulai memasarkan kemampuan mendesain lewat berbagai platform. Pamerkan kemampuan Anda di LinkedIn, Instagram atau platform lainnya. Saat ini makin banyak yang membutuhkan desainer web dan desainer grafis untuk membantu membuat material marketing yang profesional. Kehadiran secara online makin dibutuhkan, jadi ide bisnis rumahan ini sedang populer!

Bisnis Rumahan Lancar dengan Paket Internet PRIO Booster

Saat ini bisnis rumahan makin sukses dilakukan banyak orang karena internet yang sudah canggih. Sediakan internet yang koneksinya lancar di rumah agar bisnis Anda lancar. Dengan paket PRIO Booster dari XL PRIORITAS, dapatkan kuota besar, jaringan lancar dan harga yang terjangkau. 

Paket PRIO Booster terbagi menjadi Kuota Harian dan Kuota Bulanan. Ini dia pilihan paket untuk Kuota Harian:

KuotaHarga
2 GBRp 7.000 / 3 hari
2 GBRp 10.000 / 5 hari

Sedangkan PRIO Booster Kuota Bulanan pilihannya adalah:

Kuota1x BeliLangganan per Bulan
4 GBRp 30.000Rp 20.000
7 GBRp 35.000Rp 30.000
10 GBRp 40.000Rp 35.000
15 GBRp 50.000Rp 45.000
20 GBRp 60.000Rp 55.000
30 GBRp 75.000Rp 70.000
35 GBRp 100.000Rp 95.000
75 GBRp 200.000Rp 195.000

Pilih sendiri paket PRIO Booster yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Makin besar kuotanya, harga paketnya jadi lebih hemat. Segera dapatkan paket PRIO Booster XL PRIORITAS dengan mudah di aplikasi MyXL dan langsung nikmati paketnya sekarang juga!