Core

Salah satu investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang adalah investasi saham. Hanya saja investasi yang satu ini membutuhkan kemampuan dan ilmu khusus untuk bisa memahami alur pembelian dan juga penjualannya sehingga membuat para pemula takut untuk mencobanya. Sama halnya dengan investasi lainnya, investasi saham juga memiliki resiko (semuanya punya resiko). 

Anda yang tertarik untuk mencoba investasi saham ini bisa langsung cek selengkapnya cara investasi saham yang aman di bawah ini!

Pahami Dulu Tujuan Investasi Saham 

Cara investasi saham pertama yang perlu Anda pahami adalah tentukan dulu tujuan investasi saham itu untuk apa. Beberapa orang hanya ingin ikutan trend atau fomo yang sedang viral mengenai investasi padahal mereka sendirinya tidak mengerti mengapa harus melakukannya. Tentu saja hal ini tidak baik dan akan membuat kegiatan investasi tidak konsisten nantinya. 

Jadi, sebelum memulai untuk berinvestasi Anda harus tahu dulu apa yang membuat Anda harus melakukan investasi. Sebagian besar investasi dilakukan untuk kebutuhan jangka panjang seperti membiayai bisnis masa depan, passive income di masa tua, biaya pendidikan dan masih banyak jenisnya tergantung investasi yang digunakan.

Investasi saham sendiri adalah salah satu jenis investasi yang bisa dirasakan keuntungannya setelah jangka panjang, sehingga Anda memang membutuhkan kesabaran untuk bisa merasakan dampaknya. Tujuan investasi memang diperuntukkan untuk beberapa tahun ke depan bukan untuk kebutuhan mendadak jadi pastikan dulu tujuan apa yang Anda butuhkan untuk investasi. 

Pahami Dasar Investasi Saham 

Cara investasi kedua adalah Anda tidak boleh memulai investasi saham ini dalam keadaan kepala kosong minimal pahami dulu pengetahuan dasar mengenai investasi saham ini. Memulai investasi saham dengan kepala kosong akan membuat Anda kebingungan dan panik ketika terjadi kerugian atau penjualan saham yang kurang tepat. 

Pahami kriteria saham yang bagus untuk dibeli sebagai investasi, kemudian pahami istilah yang sering disebut dalam investasi saham, pahami juga tentang keuntungan dan kemungkinan kerugian yang bisa didapatkan ketika melakukan investasi saham. Istilah penting dalam investasi saham ini namanya adalah RUPS. Pahami semuanya dulu baru mulai berinvestasi saham. 

Selanjutnya setelah paham mengenai dasar-dasar investasi saham ini Anda bisa belajar hal lebih mendalam lainnya sambil menjalankan investasi. Perlahan nantinya Anda bisa lebih paham dan terbiasa mengenai investasinya. 

Pahami Cara Analisis Saham 

Cara investasi ketiga adalah pahami cara analisa saham yang benar. Saham adalah sebuah investasi yang membutuhkan proses pemantauan dan analisa yang tepat agar tidak sampai salah mengambil keputusan baik untuk membeli maupun menjual sahamnya. Pergerakan saham ini juga akan terus bergerak setiap harinya sehingga harus dicek secara berkala. 

Hanya saja untuk mendalami analisa saham ini memang cukup rumit bahkan membutuhkan waktu cenderung lebih lama sehingga lebih mudah Anda melibatkan broker berpengalaman untuk membantu. Jika Anda menggunakan jasa broker memang harus siap membayar uang lebih namun Anda bisa lebih tenang dan terhindar dari kerugian. 

Cara yang lebih murah untuk Anda yang ingin tetap mencoba investasi adalah dengan ikut banyak seminar, masuk ke grup investasi dan sering ikut diskusi dengan pakar yang sudah sangat mengerti mengenai investasi. Cara ini akan memacu Anda untuk belajar lebih cepat dan tanggap dalam menyerap informasi agar terhindar dari kerugian. 

Pilih Sekuritas Investasi yang Kecil 

Ketika memulai investasi saham Anda tidak perlu langsung memilih investasi besar apalagi jika hanya tertarik dengan keuntungan besar. Pahami dulu mengenai tata cara, biaya sekuritas dan juga konsekuensi lain yang harus dihadapi. Inilah mengapa untuk pemula apalagi dengan gaji yang masih minim Anda direkomendasikan untuk memilih tempat investasi dengan sekuritas kecil. 

Biaya sekuritas adalah biaya yang harus dibayarkan ketika ikut investasi saham sehingga makin kecil jumlahnya maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga akan semakin besar. Cocok sekali dipakai untuk pengikut investasi saham dengan modal yang ringan dan kecil. Biaya terkecil dari trading ini jelas akan terasa apalagi nantinya Anda harus berinvestasi bertahun-tahun. 

Pahami Teknik Dasar untuk Trading Saham 

Cara kelima yang bisa Anda lakukan untuk investasi saham ini adalah memahami teknik dasar untuk trading saham. Selain memahami istilah mengenai saham selanjutnya Anda juga perlu memahami teknik trading yang bisa dilakukan ketika berinvestasi saham. Anda akan banyak menemuinya nanti ketika sudah melakukan investasi saham di lapangan. 

Memahami konsep dan teknik dasar saham ini akan membuat Anda bisa lebih mudah mengambil keputusan ketika nanti terjadi masalah saat investasi. Contoh yang sering terjadi adalah ketika terjadi penurunan Indeks Harga Saham Gabungan atau sering disingkat menjadi IHSG. Ketika terjadi kondisi ini Anda bisa memilih beberapa aksi untuk sahamnya. 

Adapun beberapa tindakan yang bisa dipilih meliputi scalping saham, melakukan swing trading atau justru tetap konsisten dalam melakukan investasi saham di tempat tersebut. Tentu saja untuk bisa memutuskan tindakan ini harus berdasarkan beberapa tindakan dan juga pertimbangan, tidak boleh asal memutuskan begitu saja. 

Pahami Tindakan Cut Loss pada Saham 

Cara keenam yang perlu Anda pahami adalah mengenai cut loss untuk saham. Istilah yang satu ini digunakan ketika terjadinya penurunan harga saham sehingga kita harus segera menjualnya untuk mengantisipasi adanya kerugian lebih besar. Nilai saham yang terus merosot tentu membuat modal kita menjadi terancam jadi harus secepat mungkin dijual kembali. 

Anda perlu sekali untuk selalu cek secara berkala mengenai portofolio saham, jika sudah memerah lakukan peninjauan mendalam mengenai emiten saham mana yang harus dijual atau dialihkan. Jika memang tidak bisa diselamatkan maka saham ini bisa di cut loss saja dari pada Anda mendapatkan kerugian yang lebih besar. 

Beli Saham Ketika Harganya Turun 

Cara ketujuhnya adalah Anda perlu mempertimbangkan pembelian saham ketika harganya sedang turun. Hanya saja Anda tidak boleh langsung percaya membelinya begitu saja karena harus mempertimbangkan mengenai potensi dari sahamnya. Ingat, masih berkaitan dengan poin sebelumnya bisa jadi saham ini dijual pemiliknya karena memang berpotensi membuat rugi. 

Cobalah untuk cek potensi mengenai saham tersebut untuk masa depan atau beberapa tahun ke depan. Jika dirasa potensinya bagus dan akan banyak memberikan keuntungan Anda bisa langsung membelinya untuk menambah pemasukan saham. Cara ini sudah umum dilakukan pada proses investasi saham. 

Investasi Lebih Mudah dengan Paket Internet Unlimited di XL PRIORITAS

Salah satu cara mudah untuk memulai investasi adalah dengan mempertimbangkan pembelian paket internet anti lelet dan kuotanya melimpah. Anda bisa membeli paket internet unlimited XL PRIORITAS yang harganya terjangkau dengan kapasitas kuota lebih banyak. Anda bisa lebih hemat dan juga tidak akan ketinggalan informasi menarik mengenai investasi saham.