Core

Lebaran tanggal berapa menjadi tema pembahasan yang sebentar lagi kerap muncul di masyarakat. Pemerintah sudah memberikan daftar hari libur secara lengkap. Mencakup hari libur nasional beserta libur cuti bersama. 

Penetapan hari libur tersebut sudah melalui keputusan bersama. Keputusan tersebut berasal dari 3 menteri terbaru yang telah melakukan pembahasan mengenai hari libur dan cuti tahun 2024.

Daftar Hari Libur Nasional dan Libur Lebaran Tanggal Berapa

Pemerintah sudah meneken Surat Keputusan Bersama 3 Menteri paling baru mengenai hari libur dan cuti bersama. Berdasarkan pada keputusan tersebut tercatat dengan lengkap daftar hari libur selama satu tahun. 

Mulai dari Januari hingga Desember 2024, khusus untuk libur Idul Fitri akan ditentukan lagi saat sidang isbat dari Kementerian Agama. Berikut ini adalah daftar hari libur dan cuti bersama tersebut.

Libur Hari Idul Fitri Tahun 2024

Keputusan lebaran tanggal berapa sudah disepakati bersama pada Hari Selasa, 12 September 2023 lalu. Hasilnya menurut Surat Keputusan Bersama hari libur Idul Fitri jatuh pada 10 dan 11 April 2024. Untuk harinya bertepatan pada Hari Rabu dan Kamis. 

Tentunya hari raya tersebut belum tentu menjadi hari lebaran yang sama untuk masing-masing golongan muslim. Sehingga lebih tepatnya kapan hari raya Idul Fitri 1 Syawal tahun 1445 Hijriah akan ditentukan kembali melalui sidang isbat. Penentuan 1 Syawal ini ada dua metode, yaitu rukyatul hilal dan hisab.

Penentuan 1 Syawal dengan Rukyatul Hilal

Dengan cara rukyat, masyarakat dapat menentukan kapan tanggal 1 Syawal dimulai. Metode ini dilakukan dengan melakukan pengamatan pada bulan sabit. Caranya dengan melihat kenampakan dari bentuk bulan ketika matahari terbenam. Tepatnya menjelang awal bulan di kalender Hijriah. 

Sekarang, berkat adanya perkembangan teknologi, pengamatan bulan baru tersebut sudah menggunakan teropong canggih. Sehingga dapat mendeteksi bulan meskipun dalam kondisi awan yang kurang bersih. Kemajuan ini tentunya memudahkan masyarakat untuk dapat mengetahui lebaran tanggal berapa dan awal bulan pada kalender Hijriah. Umumnya cara penentuan rukyatul hilal digelar melalui sidang isbat oleh pemerintah.

Menentukan Idul Fitri dengan Metode Hisab

Selain rukyatul hilal ada juga metode lain untuk mengetahui lebaran tanggal berapa. Cara kedua ini adalah dengan perhitungan matematis serta astronomis. Cara ini untuk menentukan dimana posisi bulan. 

Sehingga dapat ditentukan kapan awal bulan pada kalender Hijriah dimulai. Dengan metode perhitungan ini, penentuan awal bulan di kalender Hijriah bisa ditentukan sejak jauh-jauh hari. Sehingga tidak perlu melakukan pengamatan hilal secara langsung.

Daftar Libur Hari Besar Lainnya di Kalender 2024

Selain hari libur lebaran tanggal berapa yang dinantikan banyak masyarakat, ada beberapa hari libur lainnya. Hari libur tersebut merupakan hari raya hingga peringatan keagamaan. Pada bulan Maret ada beberapa hari libur yang menyangkut hari peringatan keagamaan.

Pertama ada Hari Nyepi yang jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Kemudian masih di Bulan Maret, di tanggal 29 pada hari Jumat ada peringatan wafatnya Isa Almasih. Selisih 1 hari, di tanggal 31 Maret 2024 ada peringatan Paskah.

Sedangkan di Bulan April 2024, lebaran tanggal berapa terjawab dengan hari liburnya yang jatuh di tanggal 10 dan 11. Dimana, biasanya libur lebaran akan lebih panjang beberapa hari setelahnya. Lanjut ke Bulan Mei 2024, hari libur ada di 1, 9, dan 23. Tanggal 1 Mei untuk Hari Buruh, 9 Mei untuk peringatan Kenaikan Isa Almasih, dan 23 Mei untuk memperingati Hari Raya Waisak.

Untuk hari libur nasional berikutnya di Bulan Juni ada di tanggal 1 yang merupakan Hari Lahirnya Pancasila. Kemudian ada Hari Raya bagi Umat Islam lagi yaitu Idul Adha yang jatuh pada Hari Senin tanggal 17 Juni 2024. Selanjutnya pada Bulan Juli tepatnya tanggal 7 menjadi Tahun Baru Hijriah bagi umat muslim.

Berlanjut ke Bulan Agustus, cukup dengan satu hari libur nasional saja, yaitu Hari kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17. Kemudian ada hari libur lagi di Bulan September tanggal 16. Tanggal 16 tersebut merupakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Terakhir ada Hari Raya Natal pada tanggal 25 Desember 2024.

Daftar Cuti Bersama dan Lebaran Tanggal Berapa di Tahun 2024

Selain hari libur nasional dan hari raya, terdapat beberapa hari untuk cuti bersama di tahun 2024 ini. Biasanya, cuti bersama digunakan untuk memperingati beberapa hari besar keagamaan. Berikut ini beberapa daftar hari untuk cuti bersama tersebut.

Di awal tahun tepatnya Hari Jumat 9 Februari terdapat hari cuti bersama untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Kedua, di Bulan Maret tanggal 12 tepatnya Hari Selasa ada cuti bersama untuk memperingati Hari Raya Nyepi. Di Bulan April terdapat cuti bersama yang cukup panjang untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri. Cuti bersama tersebut mulai dari tanggal 8 sampai dengan 15 April 2024.

Lanjut ke Bulan Mei 2024, terdapat dua hari cuti bersama. Nah, yang pertama di tanggal 10 Mei yang menjadi hari libur untuk peringatan Kenaikan Isa Almasih. Lalu di tanggal 24 Mei sebagai hari libur untuk cuti bersama peringatan Hari Raya Waisak. 

Di Bulan Juni, ada cuti untuk memperingati Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Hari Selasa, 18 Juni 2024. Terakhir ada cuti bersama di akhir tahun untuk memperingati Hari Raya Natal yaitu di tanggal 26 Desember 2024.

Hal Umum yang Dilakukan Ketika Libur Lebaran dan Cuti Bersama

Hari libur nasional, peringatan hari raya, hingga cuti bersama tentu sudah menjadi budaya. Pada hari-hari tersebut menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk dapat melakukan banyak hal. 

Salah satu hari libur panjang di setiap tahunnya adalah libur lebaran. Pada saat ini, khususnya di Indonesia banyak yang melakukan berbagai macam perayaan dan tradisi. Sehingga banyak yang menantikan jatuhnya lebaran tanggal berapa.

Pertama adalah tradisi silaturahmi antar sesama keluarga dan kerabat. Libur Idul Fitri ini telah identik dengan tradisi tersebut. Masyarakat akan sangat antusias dalam merayakan momen Hari Raya ini. Entah berkumpul dengan keluarga maupun kerabat dekat.

Kedua, ada tradisi mudik yang sangat fenomenal bagi masyarakat Indonesia khususnya. Budaya ini adalah momen bagi orang-orang di perantauan untuk pulang ke kampung halaman. 

Kepulangan ini bukan hanya sebagai bentuk kerinduan akan keluarga saja. Melainkan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama. Baik dengan keluarga, saudara, maupun tetangga.

Libur Lebaran Kaya Akan Kenangan yang Memorable

Libur di Hari Raya Idul Fitri bukan hanya waktu untuk beristirahat semata. Namun hari libur ini menjadi momen untuk dapat melakukan banyak hal yang berkesan. Berkumpul dan pergi berlibur dengan keluarga akan sangat menyenangkan. Anda juga dapat mengabadikan momen kebersamaan tersebut dan menjadi kenangan yang berkesan di masa depan.

Hanya datang setahun sekali, pertanyaan tentang lebaran tanggal berapa akan selalu terlontar ketika Ramadhan sudah tiba. Sebulan penuh menjalankan ibadah puasa akan terasa begitu cepat dan Idul Fitri datang setelahnya. Agar Anda dapat menikmati liburan tersebut pastikan untuk menggunakan promo lebaran XL PRIORITAS. Paket internet dari XL PRIORITAS yang mendukung koneksi lancar dan kuota besar untuk berkomunikasi dengan lancar tanpa gangguan. Dapatkan paketnya sekarang juga!