Core

Investasi saham memang menjadi salah satu jenis investasi yang banyak disukai karena memberikan keuntungan yang cepat dan lebih banyak dibandingkan dengan investasi jenis lainnya. Hanya saja dibutuhkan banyak ilmu untuk bisa berhasil mendapatkan apa yang dicapai melalui investasi saham ini. Anda bisa langsung cek semua penjelasannya lengkap di bawah ini

Apa itu Investasi Saham 

Secara umum saham merupakan sebuah penyertaan modal yang bisa dilakukan oleh perorangan maupun secara badan hukum. Jadi, jika berbicara mengenai investasi saham maka pengertiannya adalah investasi pada penyertaan modal pada suatu tempat tertentu. Di sini investor memiliki hak mengenai klaim aset perusahaan dan juga berhak ikut rapat dari perusahaannya. 

Investasi saham ini kebanyakan memang digunakan untuk jangka panjang seperti modal usaha, modal pendidikan sampai dengan pembelian aset tertentu yang menguntungkan. Hanya saja dibandingkan investasi lainnya investasi saham ini lebih direkomendasikan untuk yang punya pendapatan lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran. 

Maksudnya adalah Anda bisa lebih nyaman melakukan investasi saham ini jika sudah tidak punya tanggungan hutang produktif atau konsumtif. Tidak hanya itu, orang yang sudah siap melakukan investasi saham ini biasanya memang sudah terbiasa memiliki tabungan dana darurat sehingga tidak akan kebingungan uang saat dibutuhkan. Apalagi saham tidak bisa cair dalam jangka pendek. 

Mengenal Jenis Investasi Saham 

Investasi saham garis besarnya dibedakan menjadi dua macam yakni investasi saham untuk jangka pendek dan investasi saham untuk jangka panjang. Adapun untuk masing-masing penjelasannya bisa langsung cek semuanya lengkap di bawah ini!

Investasi Jangka Pendek 

Sesuai dengan namanya, investasi jangka pendek adalah investasi yang memungkinkan pemiliknya bisa mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu yang lebih cepat. Biasanya keuntungannya dapat langsung dirasakan dalam waktu 1 sampai 3 tahunan ke depan. Cocok untuk Anda yang ingin cepat mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan. 

Hanya saja untuk investasi jangka pendek ini sektor terkait yang masuk di dalamnya memang terbatas. Beberapa di antaranya adalah konstruksi, transportasi, infrastruktur, properti, industri, finance sampai dengan pertanian. Anda bisa memilih salah satu sektor atau bisa juga langsung beberapa sektor sesuai dengan keinginan. 

Investasi Jangka Panjang 

Selain ada investasi jangka pendek Anda juga perlu tahu kalau ada yang namanya investasi jangka panjang. Dibandingkan dengan investasi jangka pendek, investasi jangka panjang ini membutuhkan waktu lebih lama sekitar 3 sampai 15 tahun ke depan barulah bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan. 

Bagusnya, untuk investasi jangka panjang ini keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak dibandingkan jangka pendek. Tidak hanya itu, investasi jangka panjang ini juga memberikan lebih banyak pilihan sektor mengenai saham yang diinginkan. Anda yang punya modal banyak dan lebih mantap bisa memilih investasi jangka panjang tentunya resikonya juga lebih tinggi. 

Keuntungan Memilih Investasi Saham 

Mengapa harus memilih investasi saham? Beberapa orang mungkin masih dilema untuk memilih investasi saham ini dibandingkan dengan investasi sejenis lainnya. Adapun beberapa alasan sekaligus menjadi keuntungan dari pemilihan investasi saham bisa langsung cek semuanya lengkap di bawah ini!

Transaksi Saham yang Lebih Transparan 

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan ketika memilih investasi saham ini adalah transaksinya dijamin lebih transparan. Hal ini menjadi ciri khas di mana produk saham memang terkenal transparan dan likuiditasnya. Dibandingkan investasi properti maupun lainnya saham ini memang lebih mudah dicairkan asalkan memang sedang dalam pangsa pasar yang tepat. 

Berkesempatan Dapat Saham Bonus 

Keuntungan keduanya adalah Anda berkesempatan untuk mendapatkan saham bonus dari proses investasi saham yang sedang dilakukan. Perlu digarisbawahi kalau tidak semua perusahaan tempat investasi saham akan memberikan bonus namun kebanyakan memang akan memberikan bonus apalagi jika jumlah saham investasi yang diberikan memang besar.

Biasanya bonus yang diberikan ini asalnya dari agio saham. Agio sendiri merupakan pengertian dari harga yang didapatkan dari selisih antara harga jual dengan harga normal hasil penjualan sahamnya. Tentu saja jika perusahaan berhasil menawar dengan harga tinggi maka Agio yang didapatkan bisa menjadi lebih banyak. 

Bisa Mendapatkan Capital Gain 

Keuntungan ketiga dengan investasi saham ini adalah Anda berkesempatan untuk bisa mendapatkan capital gain. Istilah capital gain ini digunakan untuk menyebut selisih harga jual dan beli saham. Biasanya capital gain ini banyak dipakai untuk investasi jangka pendek, di mana mereka mendapatkan keuntungan dengan cara jual beli saham yang lebih cepat. 

Bisa Mendapatkan Dividen 

Keuntungan selanjutnya dengan menggunakan investasi saham ini adalah Anda mendapatkan kesempatan untuk bisa memiliki dividen. Dividen adalah sebutan untuk keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham (Anda). Dividen ini bentuknya beragam ada yang tunai dan ada yang langsung ditambahkan ke dalam saham yang Anda miliki. 

Tips Memulai Investasi Saham 

Anda berminat untuk memulai investasi saham namun bingung harus dari mana? Jangan khawatir karena Anda bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Jangan Fokus dengan Satu Saham Perusahaan 

Tips pertama yang perlu Anda lakukan ketika melakukan investasi adalah jangan langsung menaruh semua modal di dalam satu saham perusahaan. Hal ini akan memberikan resiko terlalu besar untuk dihadapi nantinya, seperti halnya ketika perusahaan bangkrut atau terjadi sesuatu maka bisa jadi modal Anda akan hangus. 

Anda lebih disarankan untuk menyebarkan beberapa modal saham dengan rincian yang lebih jelas. Di sini jumlahnya tidak harus sama besar bahkan jika saham perusahaan lebih menjanjikan Anda juga boleh investasi lebih banyak di sana. 

Komitmen dan Konsistensi 

Tips kedua yang bisa dilakukan adalah harus lebih komitmen dan konsisten mengenai apa yang sudah dimulai. Anda dilarang untuk berhenti dan menyerah di tengah jalan jika terlanjur memulai proses investasi ini. Investasi membutuhkan kesabaran dan tidak semua modal langsung kembali apalagi keuntungannya. 

Anda harus benar-benar rajin memantau harga saham di pasaran dan juga bisa mengambil keputusan dengan cepat mengenai penjualan dan pembelian sahamnya. 

Jangan Ikut-Ikutan 

Membeli saham adalah keputusan besar sehingga Anda dilarang untuk hanya sekedar ikut-ikutan saja. Anda harus benar-benar paham semua hal yang harus dilakukan ke depannya setelah membeli saham. Pastikan mengerti kinerja perusahaan yang sahamnya Anda beli dan juga beberapa hal mengenai resiko yang mungkin dihadapi. 

Investasi Saham Lebih Lancar dengan Paket Internet Unlimited dari XL PRIORITAS

Ketika melakukan investasi saham Anda juga membutuhkan dukungan paket internet super lancar mulai dari mencari informasi saham terbaru, penjualan, pembelian bahkan untuk akses aplikasinya. Untuk itu jangan lupa gunakan paket internet Unlimited dari XL PRIORITAS. Paketnya terjangkaudengan banyak kuota data yang tidak ada habisnya. Akses apapun akan menjadi lebih tenang!