Core

Tempat wisata di Indonesia tak kalah seru dengan destinasi wisata luar negeri. Setiap tempat wisata memiliki keunikan sendiri-sendiri. 

Bahkan di satu tempat bisa menjumpai wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner. Ada beberapa tempat yang menjadi tujuan andalan liburan pelancong asing.

Sederet Tempat Wisata di Indonesia yang Mengagumkan

Liburan identik dengan pergi ke tempat wisata. Kepulauan Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke memberikan keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah hampir setiap kawasan memiliki destinasi wisata unggulan.

Nanggroe Aceh Darussalam

Spot-spot menawan dengan view keren di wisata Aceh kerap menjadi buruan pecinta surfing. Pergi ke Aceh kurang lengkap tanpa berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman, PLTD Apung 1, dan Museum Tsunami.

Sebagai rekomendasi destinasi wisata serunya ada Weh Island, Pulau Simeulue, Pulau Mincau, dan Sabang. Pecinta surfing bisa eksplor pahatan sempurna hasil karya Sang Pecipta di Pantai Pasir Tinggi.

Pantang melewatkan wisata kuliner yang akan menggoyang lidah traveller. Ada Mie Aceh, Sulam Kasab, dan Bolu Bhoi.

Sumatera Barat

Wisata unggulan dari Sumatera Barat adalah Pulau Mentawai. Di sana bisa menghabiskan waktu untuk berselancar ditemani gulungan ombak yang mendebarkan. Hidangan Minang yang fenomenal hingga pelosok dunia adalah Rendang.

Sumatera Utara

Danau Toba menawarkan sejuta keindahan alam hidden gems yang spektakuler. Ada Bukit Gajah Bobok, Bukit Indah Simarjarunjung, dan Bukit Siattaratas. Destinasi wisata Pulau Samosir dan eksplor Berastagi akan menjadi pengalaman berlibur mengesankan.

Sumatera Selatan

Rencanakan liburan keluarga pada akhir tahun mendatang ke Taman Nasional Sembilang. Saat itu, Anda bisa menyaksikan pergerakan burung Asia yang akan bermigrasi ke Eropa.

Tempat wisata lain yang bisa menjadi referensi tujuan wisata adalah Jembatan Ampera dan hutan cemara asri, Punti Kayu. Peninggalan budaya Tiongkok yang masih tertinggal bisa Anda temukan di Pulau Kemaro.

Ingin tahu wisata Sumatera Selatan yang layak coba? Cobalah berlayar menyusuri Sungai Musi, pergi ke Bayt Al Quran Al Akbar.

Tak lupa mencicipi aneka kuliner khas Bumi Sriwijaya ini. Selain empek-empek, ada Lempok Durian. Tenun Songket dengan segala keindahan ornamennya menjadi oleh-oleh wajib untuk keluarga di rumah.

Riau

Berburu kuliner di Riau adalah hal paling seru saat berkunjung ke sana. Ada Ikan Asap dan Bolu Kemojo yang memiliki tekstur lembut saat memakannya. Sebagai referensi wisata terbaik adalah Masjid Agung An Nur, Anjungan Seni Idrus Tintin, Candi Muara Takus, dan Istana Siak Sri Indrapura.

Bengkulu

Tempat wisata di Indonesia yang ada di Bengkulu adalah Pantai Panjang dan Pantai Padang Betuah. Di Kota Curup ada padma raksasa Rafflesia arnoldi. Penasaran ingin menyapa ikan badut yang menggemaskan? Singgah, yuk di perairan Pulau Tikus.

Kepulauan Riau

Anda familiar dengan Vihara Ksitigarbha Bodhisattva? Ya, tempat wisata yang menawarkan pahatan 500 patung louhan ini menjadi wisata wajib kunjung saat liburan ke Kepulauan Riau. Ada lagi Pulau Penyengat dan Pantai Trikora.

Keindahan pasir pantai dan terumbu karang ada di Pulau Natuna, Pulau Bawah, Pulau Bintan, dan Pulau Anambas.

Makanan khas Roti Kirai dari Bintan dan aneka hidangan laut dari Batam merupakan kuliner kebanggaan Kepulauan Riau. Sebagai buah tangan, ada kerajinan kain tradisional Tanjung Pinang, yaitu Batik Gonggong.

Jambi

Menyaksikan momen sunset di Gentala Arasy akan menjadi kenangan berkesan seumur hidup karena cantiknya. Jambi juga menawarkan area pendakian di Gunung Kerinci. 

Lampung

Lampung menyimpan wisata bawah laut dengan pesona luar biasa, yakni di Pulau Pahawang. Sederet tempat lain yang menjadi destinasi wisata unggulan adalah Taman Nasional Way Kambas, Pantai Gigi Hiu, Teluk Kiluan, Lembah Hijau, dan area pesisir Krui.

Sayang melewatkan seafood favorit Lampung yaitu Seruit. Nah, sebagai hasil kerajinan yang memiliki nilai estetika tinggi adalah Tapis dan Sulam Usus.

Bangka Belitung

Bangka Belitung menyimpan kawasan-kawasan dengan pesona keindahan yang spektakuler. Cobalah berkunjung ke Belitung Geopark, Pulau Matras, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, dan Bukit Peramun.

Sebagai wisata kuliner wajib incip ada sambal lingkung. Terbuat dari abon ikan yang gurih dengan tingkat level yang sangat pedas.

Jawa Barat

Di mana lagi bisa berlibur sambil melihat secara langsung hewan langka yang dilindungi kalau bukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat. Temukan wisata terdekat yang tak kalah seru seperti Pulau Peucang dan Pulau Panaitan.

Ada lagi pilihan wisata menarik lain yang membuat Anda berdecak kagum seperti Kawah Putih, Gunung Tangkuban Perahu, dan Pemandian Air Panas Ciater.

DKI Jakarta

Ibu kota Indonesia ini menawarkan tempat wisata untuk liburan seru bareng keluarga di Monas, Museum Fatahillah, Museum Nasional, dan Taman Mini Indonesia Indah. Sejenak menyingkirlah mencari ketenangan di Jakarta Aquarium & Safari.

Jawa Tengah

Kawasan dengan potensi pesona di Jawa Tengah terdapat di Karimunjawa. Pulau tersembunyi ini memiliki ribuan terumbu karang yang indah.

Sebagai rujukan tempat wisata wajib ada Museum Kereta Api Ambarawa, Candi Borobudur, Klenteng Sam Poo Kong, dan Lawang Sewu. Tidak boleh lupa membawa kuliner khas seperti Lumpia dan Wingko Babat asli Jawa Tengah.

Jawa Timur

Apalagi yang terkenal dari Jawa Timur jika bukan wisata Gunung Bromo dengan kekayaan alam eksotik dan Kawah Ijen dengan ikon Blue Fire yang fenomenal. Di area Bromo, bisa menikmati pesona Pasir Berbisik dan Padang Rumput Savana.

Jogjakarta

Jogja benar-benar istimewa dengan suguhan segudang tempat wisata terbaiknya. Sebut saja wisata ikonik, Malioboro. Anda bisa berbelanja sepuasnya di kawasan yang tidak pernah sepi pengunjung ini. 

Berburu spot-spot foto instagramable di Taman Sari Water Castle dan Puncak Becici. Sebagai destinasi wisata kearifan lokal, Jogja punya Candi Prambanan, Taman Sari,  dan Keraton Yogyakarta.

Di Jogja, Anda wajib membeli kerajinan perak eksklusif di Kotagede. Gudeg dan Bakpia Pathok yang melegenda adalah oleh-oleh khas Jogja yang enak dan dijual dengan harga terjangkau.

Kalimantan

Memilih Kalimantan sebagai destinasi wisata kali ini? Pulau terbesar ketiga di dunia ini memiliki aneka tempat wisata dengan lanskap unik dan Anda tidak akan menjumpainya dimanapun, khususnya di Indonesia. 

Di Kalimantan Utara, opsi tempat wisata wajib kunjung adalah Pantai Amal, Pantai Batu Lamampu, dan Methun Sajau. Eksplor Gua Mesas serta Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan akan memberikan pengalaman berlibur tak terlupakan. 

Beralih ke Kalimantan Selatan, pencinta olahraga yang memacu adrenalin bisa mencoba olahraga paralayang di Tahura Sultan Adam. Destinasi wisata lainnya adalah Loksado dan Pulau Kaget.

Taman Budaya Pampang adalah tempat wisata di Kalimantan Timur yang sarat akan keunikan kebudayaan Suku Dayak Kenyah. Sebagai wahana wisata seru, berkunjung saja ke Kepulauan Derawan. Di sana, Anda bisa diving dan snorkeling ditemani penyu hijau raksasa.

Pulau Bali

Banyak hal-hal menarik bisa dijumpai wisatawan di Pulau Dewata ini. Salah satunya adalah gugusan pulau surgawi Nusa Penida. 

Ingin berinteraksi dengan monyet-monyet kecil yang lucu? Wajib banget datang ke Monkey Forest Ubud. Tidak juga boleh melupakan pergi ke kawasan Canggu.

Mahakarya Nyoman Nuarta berupa pahatan patung Garuda Wisnu Kencana juga ada di sini. Patung dengan style modern ini adalah yang tertinggi dan terbesar di dunia.

Bali juga terkenal dengan kawasan Uluwatu. Di sini ada Pantai Nyang Nyang, Pantai Padang Padang, dan Pantai Suluban.

Nusa Tenggara Barat

Cobalah menaklukan puncak Gunung Rinjani yang maha dahsyat kala pergi ke Nusa Tenggara Barat. Di sana, singgahlah sebentar ke Air Terjun Penimbungan dan Air Panas Aik Kalak.

Tak ada salahnya berkunjung ke sirkuit balap kelas dunia Mandalika. Pantai-pantai Mandalika juga siap memanjakan mata pengunjung. Mau tahu kuliner lezatnya? Cicipi dulu Ayam Taliwang dan Sate Bulayak.

Nusa Tenggara Timur

Pantai identik dengan pasirnya yang berwarna putih. Namun, di Nusa Tenggara Timur bisa menjumpai pantai dengan pasir berwarna pink, yaitu di Pantai Pink.

Keajaiban NTT juga tersirat di Wae Rebo, Labuan Bajo, dan Danau Kelimutu.

Tidak boleh melewatkan berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Di sana, bisa melihat langsung kadal raksasa hanya dari jarak 300 meter.

Sulawesi Utara

Wisata ikonik di Sulawesi Utara adalah Taman Laut Bunaken. Keindahan bawah laut Bunaken terkenal hingga mancanegara.

Maldivesnya Indonesia bisa Anda jumpai di Pulo Cinta. Aktivitas paling seru adalah menantikan momen sunset dan sunrise dari atas resort yang ada di pulau berbentuk hati ini.

Bila ingin sensasi liburan berbasis kebudayaan setempat, pergilah ke Tana Toraja. Terdapat Patung Buntu Yesus dan jembatan kaca terpanjang di Indonesia.

Sulawesi Tenggara

Temukan keeksotisan alam versi unlimited di Sulawesi Tenggara dengan berkunjung ke Wakatobi. Taman Nasional seluas 1,4 hektar ini menawarkan cantiknya terumbu karang yang terjaga dengan baik.

Tempat wisata lain yang tak kalah cantik adalah Pulau Wangi-wangi, Pantai Toronipa, Pulau Bokori, Air Terjun Moramo, dan Pulau Labengki. Jangan lupa membeli jambu mete khas Kendari sebagai oleh-oleh.

Maluku Utara

Tempat wisata di Indonesia bagian timur ini kaya akan lanskap vulkanik. Lokasinya ada di pulau kembar Ternate dan Tidore.

Pulau Morotai, Batu Angus, dan Pulau Dodola menjadi tujuan wisata yang tepat untuk merefresh pikiran.

Papua

Papua tidak hanya terkenal akan Merauke-nya saja. Wisata terdekat dari Merauke yang kerap menjadi destinasi unggulan pelancong adalah Taman Nasional Wasur.

Tak boleh melewatkan berkunjung ke Danau Sentani, Pantai Base G, Kota Bukit Jayapura, dan Danau Cinta. Di sini adalah habitat burung Cendrawasih yang terkenal sebagai The Birds of Paradise.

Papua Barat

Di Papua Barat ada Taman Nasional Cendrawasih, Pantai Bakoro, dan Pulau Kofiau. Papua Barat juga memiliki wisata air yang airnya sejernih kristal, yakni Danau Anggi Giji. Bagi peselancar, tidak boleh melewatkan Pantai Kafiar.

Papua Tengah

Tambang emas terbesar skala internasional ada di Papua Tengah, tepatnya Mimika. Spot-spot keren di sekitarnya berhasil menyita perhatian wisatawan.

Di sini, ada pulau dengan keindahan terumbu karang dan air terjunnya, yakni Pulau Biak. Pantai lain yang tak kalah cantik dan unik yaitu Pantai Nusi dan Pantai Ngurtafur.

Karena banyaknya wisata di Indonesia seringkali membuat kita bingung hendak menentukan pergi ke mana. Mau tahu tempat wisata di Indonesia lainnya yang tak kalah seru? Cari saja rekomendasinya menggunakan paket internet XL PRIORITAS. 

Liburan di berbagai tempat wisata di Indonesia jadi semakin nyaman menggunakan paket internet dari XL PRIORITAS. Dengan berbagai paket internet unlimited yang bisa Anda pilih, update kabar terbaru di media sosial jadi semakin lancar.