Core

Tak bisa dipungkiri, membeli rumah adalah sesuatu yang sepertinya tidak mungkin bagi banyak orang. Tapi percaya deh, Anda pasti bisa! Seperti tugas-tugas berat lainnya, mulailah dengan membagi-baginya menjadi beberapa langkah kecil. dengan begitu, menabung tidak akan tampak sulit sekali. 

Yuk, mulai dengan menentukan gol yang realistis, kontrol pengeluaran Anda, dan akhirnya tabungan untuk beli rumah pun mulai terkumpul. Ini dia beberapa tips menabung untuk beli rumah yang bisa membantu Anda.

Cara Menabung untuk Beli Rumah

Menabung untuk beli rumah bisa terdengar mengintimidasi karena jumlahnya sangat besar. Tapi dengan perencanaan yang baik, semangat dan konsistensi, hal ini sangat mungkin dicapai. Berikut ini beberapa caranya:

1. Tentukan Berapa yang Dibutuhkan dan Berapa yang Harus Ditabung

Sebelum mulai membuat rencana, Anda harus punya target terlebih dahulu. Anda harus tahu, berapa kira-kira harga rumah yang mampu dibeli dan kira-kira per bulannya harus menyisihkan berapa banyak dari penghasilan. Penting juga menghitung berapa Down Payment yang dibutuhkan. Paling aman menabung untuk 20% harga rumah, sehingga Anda bisa membayar DP tanpa masalah. 

Mulai riset berapa harga rumah di area yang Anda inginkan. Entah itu area yang dekat dengan tempat Anda beraktivitas, area yang dekat dengan sekolah anak, atau karena alasan lainnya. Mengetahui dengan pasti kisaran harga rumah incaran lebih baik karena Anda tahu betul berapa yang harus dikumpulkan, jadi tujuan menabungnya sangat jelas. 

2. Buat Auto Debet ke Rekening Terpisah

Sangat disarankan untuk membuka rekening baru, khusus untuk tabungan rumah. Ini memudahkan kita untuk tidak mengutak-atik rekening tersebut. Setelah itu, buat auto debet ke rekening tabungan rumah tersebut agar tiap bulan di tanggal yang sudah ditentukan ada sejumlah uang yang langsung dipotong ke rekening tabungan rumah. 

Cara ini sangat efektif agar Anda tetap komitmen menabung. Anda tidak akan lagi merasa kesulitan mengeluarkan jumlah tertentu untuk yang terasa sangat besar untuk menabung, karena sudah dipotong otomatis. Jadi mungkin saja kita bahkan tidak sempat melihat uangnya, karena langsung masuk ke rekening tabungan. Auto debet juga mencegah uang tabungan terlanjur dipakai untuk hal lain yang mungkin tidak terlalu mendesak. 

3. Perketat Pengeluaran

Ingin punya tabungan? Sudah pasti kita harus mengencangkan ikat pinggang, alias memperketat pengeluaran. Apalagi kalau yang ingin dibeli adalah rumah. Setidaknya selama beberapa tahun, Anda perlu lebih hati-hati mengatur pengeluaran. Mulailah dengan mencatat berapa total penghasilan Anda setiap bulan. Setelah itu, catat pengeluaran rutin kita setiap bulan. Setelah dicatat, tak sedikit orang yang cukup terkejut dengan besarnya pengeluaran mereka, terkadang untuk hal-hal yang kurang penting. 

Dari catatan pengeluaran ini, Anda bisa menentukan beberapa hal yang bisa dihilangkan sama sekali atau setidaknya dikurangi. Contohnya adalah:

  • Makan malam di luar setelah pulang kantor
  • Hang out dengan sahabat di akhir pekan
  • Beli pakaian
  • TV kabel
  • Langganan paket OTT.

Hal-hal di atas tampak seperti pengeluaran yang tidak seberapa kalau hanya dihitung 1 kali. Tapi kalau dihitung totalnya, terkadang jumlahnya bisa sangat besar. Pikirkan kembali, apakah perlu sering-sering makan di luar? Apakah hang out itu harus setiap akhir pekan? Apakah tiap bulan perlu beli pakaian baru? Apakah langganan TV kabel di rumah masih ditonton? Apakah semua paket OTT Anda gunakan? Kalau ada yang bisa dikurangi, maka segera kurangi. Sementara yang benar-benar tidak penting dan tidak digunakan, bisa dihilangkan sama sekali. 

4. Kurangi Setoran ke Dana Pensiun (Sementara)

Punya beberapa pos tabungan itu penting, supaya dana tidak tercampur dan Anda jadi kebingungan mengaturnya. Apalagi kalau salah satunya adalah tabungan dana pensiun, ini wajib. Masalahnya, kalau masih harus menabung untuk beli rumah, punya beberapa tabungan sekaligus bisa terasa sangat berat dan membuatnya jadi terasa tidak mungkin. Jadi solusinya adalah kurangi dulu setoran ke dana pensiun untuk sementara dan alihkan ke tabungan rumah. 

Anggap saja begini, Anda membeli rumah untuk masa depan dan masa tua. Punya rumah sendiri artinya Anda terbebas dari biaya kontrak rumah yang bisa lebih memberatkan. Masa depan jadi lebih terjamin kalau sudah punya rumah sendiri. Jadi tidak apa-apa kalau mengurangi setoran ke tabungan dana pensiun untuk sementara. Setelah rumah sudah berhasil terbeli, Anda bisa lanjutkan menabung ke dana pensiun dengan jumlah sebelumnya, atau mungkin lebih besar lagi. 

Hindari mencairkan tabungan dana pensiun Anda supaya bisa cepat membeli rumah. Anda harus membayar penalti kalau mencairkan tabungan sebelum waktu jatuh tempo. Selain itu, tabungan yang mungkin sudah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun akan ludes begitu saja. 

5. Tingkatkan Penghasilan

Anda merasa masih mampu mencari pekerjaan lain dan mendapat penghasilan tambahan? Tak ada salahnya mencari side hustle di luar pekerjaan utama Anda. Tidak perlu pekerjaan yang melelahkan seperti pekerjaan utama, tapi Anda bisa menghasilkan sesuatu dari apa yang Anda suka atau miliki. 

Ada banyak cara untuk meningkatkan penghasilan. Mulai dari memasak dan menjual makanan Anda ke orang-orang di sekitar, mendesain dan menjahit pakaian, membuat kelas online, menulis, menerjemahkan, menjual hasil foto dan masih banyak lagi peluang lain yang bisa dicoba. 

Punya banyak barang di rumah yang masih bagus dan jarang dipakai karena terlalu banyak? Ini saatnya dijual. Dari sini, Anda bisa dapat penghasilan tambahan yang mungkin bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri-sendiri, sehingga ada lebih banyak jumlah yang bisa ditabung. Coba tawarkan ke teman-teman atau buka garage sale seru di rumah. 

Pakai Paket Internet PRIO Booster Agar Lebih Hemat

Salah satu tips mengurangi pengeluaran agar bisa menabung adalah dengan memilih paket internet yang tepat. XL PRIORITAS hadir dengan berbagai paket menarik yang koneksinya lancar dan harganya  terjangkau. Paket PRIO Booster terbagi menjadi Kuota Harian dan Kuota Bulanan. Anda bisa beli paket sekali beli atau langganan tiap bulan supaya tarifnya lebih hemat. 

Ini dia pilihan paket untuk Kuota Harian:

KuotaHarga
2 GBRp 7.000 / 3 hari
2 GBRp 10.000 / 5 hari

Sedangkan PRIO Booster Kuota Bulanan pilihannya adalah:

Kuota1x BeliLangganan per Bulan
4 GBRp 30.000Rp 20.000
7 GBRp 35.000Rp 30.000
10 GBRp 40.000Rp 35.000
15 GBRp 50.000Rp 45.000
20 GBRp 60.000Rp 55.000
30 GBRp 75.000Rp 70.000
35 GBRp 100.000Rp 95.000
75 GBRp 200.000Rp 195.000

Paket PRIO Booster variannya beragam, Anda bisa pilih yang kuotanya sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan paketnya dengan mudah di aplikasi MyXL dan beli via online. Prosesnya cepat dan paket pun akan aktif saat itu juga!