Core

eSIM merupakan teknologi terbaru dari kartu SIM yang digunakan di perangkat seluler. Kartu SIM yang selama ini berbentuk fisik, terbuat dari plastik dan sudah digunakan sejak tahun 1900-an, pada saatnya tidak akan digunakan lagi. Tapi sebenarnya apa itu eSIM dan apa benefit beralih dari kartu SIM fisik ke eSIM? 

Apa Itu eSIM?

eSIM adalah kartu SIM dengan teknologi terbaru yang tertanam (embedded) di dalam perangkat seluler dan mampu mengoneksikan perangkat tersebut ke operator yang sudah mendukung layanan eSIM. Selebihnya, cara kerja eSIM pada dasarnya sama dengan kartu SIM fisik tradisional yang biasa kita gunakan selama bertahun-tahun. Bedanya adalah kita sudah tak lagi membutuhkan kartu berbentuk fisik. 

eSIM merupakan evolusi dari kartu SIM fisik. Perlahan tapi pasti, akan semakin banyak smartphone, tablet dan laptop yang akan dilengkapi dengan kartu eSIM. Perangkat seluler yang sudah mendukung sistem ini cukup diaktifkan dengan mengatur profil eSIM di pengaturan. 

Cara Kerja eSIM

Kalau sudah punya perangkat seluler yang kompatibel dengan eSIM, maka kita akan dengan mudah mengaktifkan dan memasang profil eSIM dari operator. Setelah eSIm aktif, maka kita bisa membeli paket yang dibutuhkan, mulai dari paket data, paket telepon, hingga paket roaming, dan lain sebagainya. 

eSIM berperan besar dalam Internet of Things (IoT), karena teknologinya sudah terpasang di mobil, perangkat rumah tangga modern hingga mesin industri. Nama lain eSIM yang lebih teknis adalah Embedded Universal Circuit Card atau disingkat eUICC. Nama ini jarang disebut. Nama yang sering disebut adalah eSIM atau kartu SIM virtual. 

Benefit Menggunakan eSIM

Kenapa kita harus pakai eSIM? Karena eSIM memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

1. Lebih Mudah Pindah Jaringan

Data dalam eSIM sifatnya rewritable, jadi meskipun Anda berpindah jaringan, data akan lebih mudah ditulis kembali karena masih menggunakan perangkat yang sama. Jadi kalau mau pindah jaringan, tak perlu waktu menunggu yang lama. Tak perlu lagi buka dan tutup slot SIM tray untuk gonta-ganti kartu SIM fisik. Ini akan sangat berguna untuk yang suka travelling, baik di dalam maupun di luar negeri.

2. Pakai Multipel Jaringan Lebih Mudah 

eSIM bisa menyimpan beberapa data sekaligus, jadi dalam satu perangkat yang sama, kita bisa menggunakan beberapa SIM sekaligus. Untuk memindahkannya pun tinggal ke menu Pengaturan saja. Sangat mudah dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun kita butuhkan. 

3. Lebih Tahan Debu

Saat ini, perangkat seluler yang sudah kompatibel dengan eSIM dan masuk ke Indonesia masih memiliki slot kartu SIM fisik. Ke depannya, perlahan tapi pasti, akan makin banyak perangkat yang tidak menyediakan slot kartu SIM fisik lagi. Lalu apa kelebihan dari tidak adanya slot ini?

Kalau ada banyak lubang di perangkat seluler kita, maka kemungkinan debu dan air masuk ke dalam perangkat lebih besar. Kemungkinan perangkat rusak jadi lebih besar juga. Kalau tidak ada slot kartu SIM fisik lagi, maka kemungkinan debu dan air masuk jadi lebih sedikit. Kerusakan kecil hingga besar yang bisa terjadi karena kotoran dan air pun bisa diminimalisir. 

4. Ada Ruang Lebih di Perangkat

Dengan ditiadakannya slot kartu SIM fisik, memungkinkan ada ruang lebih besar. Ruang ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk fungsi lainnya. Misalnya baterai yang kapasitasnya lebih besar atau mungkin memperbaiki kualitas speaker dan audio. 

Upgrade eSIM XL PRIORITAS

Mau upgrade dari kartu SIM fisik XL PRIORITAS ke eSIM? Sejak akhir bulan Mei 2023, Anda sudah bisa upgrade ke eSIM. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kalau perangkat yang Anda gunakan sudah kompatibel dengan teknologi eSIM. Berikut ini daftar perangkatnya:

AppleSamsungGoogle PixelPerangkat Lainnya
iPhone 14Galaxy S23Google Pixel 3Huawei P40
iPhone 14 PlusGalaxy S23 UltraGoogle Pixel 3 XLHuawei P40 Pro
iPhone 14 ProGalaxy S23+Google Pixel 3AHuawei Mate 40 Pro
iPhone 14 Pro MaxGalaxy S22Google Pixel 3A XLMotorola Razr 2019
iPhone 13Galaxy S22+Google Pixel 4Microsoft Surface Duo
iPhone 13 MiniGalaxy S22 UltraGoogle Pixel 4 XLMicrosoft Surface Pro X
iPhone 13 ProGalaxy S21Google Pixel 4aOppo Find X5 Pro
iPhone 13 Pro MaxGalaxy S21+Google Pixel 4a 5G
iPhone 12Galaxy S21 UltraGoogle Pixel 5
iPhone 12 MiniGalaxy S20Google Pixel 6 
iPhone 12 ProGalaxy S20+Google Pixel 6 Pro
iPhone 12 Pro MaxGalaxy S20 UltraGoogle Pixel 7 
iPhone 11Galaxy Note 20Google Pixel 7 Pro
iPhone 11 ProGalaxy Note 20 Ultra
iPhone 11 Pro MaxGalaxy Z Flip
iPhone SE 2020Galaxy Z Flip 3
iPhone SE 2022Galaxy Z Flip 4
iPhone XRGalaxy Z Fold
iPhone XSGalaxy Z Fold 2
iPhone XS MaxGalaxy Z Fold 3
iPad 7Galaxy Z Fold 4
iPad Air 3Galaxy Watch4 Classic LTE
iPad Air 4Galaxy Watch4 LTE
iPad Mini 5
iPad Pro (11 inci)
iPad Pro 2 (11 inci)
iPad Pro 3 (12.9 inci)

Kalau perangkat sudah termasuk di atas, maka cukup datang ke XL Center terdekat dan ajukan permintaan upgrade. Semua prosesnya akan langsung dibantu oleh petugas XL. Prosesnya pun tidak akan butuh waktu lama hingga eSIM siap dan bisa digunakan. 

App Booster PRIO Komplit

Saat pakai eSIM XL PRIORITAS, Anda bisa menggunakan paket App Booster PRIO Komplit. paket Booster Data adalah paket kuota tambahan untuk mengakses situs atau aplikasi apa pun. Untuk Booster aplikasi, pilih Booster App. 

Pilihan kuotanya ada yang untuk Semua App dan khusus Work & Study. Berikut ini detail paketnya:

1. Kuota Semua App

Kuota booster aplikasi ini bisa untuk menambah data sesuai dengan kategori pilihan Anda. Ini dia pilihan paketnya:

1x BeliLangganan per Bulan
Rp 25.000Rp 20.000
Socmed 15 GB
Kuota untuk mengakses Facebook, Twitter, Instagram, Lazada, dan Blibli
Rp 30.000Rp 25.000
Film 15 GB
Kuota untuk mengakses Youtube, Netflix, iflix, VIU, dan Vidio
Rp 25.000Rp 20.000
Music 15 GB
Kuota untuk mengakses JOOX dan Spotify

2. Kuota Work & Study

Ini adalah kuota yang bisa digunakan untuk bekerja dan belajar dari rumah. Pilihan paketnya adalah:

Kuota1x BeliLangganan per Bulan
2 GBRp 30.000Rp 25.000

Tertarik pakai App Booster PRIO Komplit? Langsung saja dapatkan paketnya via online di myXL App. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store dan log in menggunakan nomor XL PRIORITAS Anda. Pilih sendiri paket mana yang sesuai dengan kebutuhan, selesaikan pembayaran secara online dan paket pun sudah bisa langsung digunakan!