Core

Cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan akun TikTok terhapus atau hilang, seperti terkena banned oleh TikTok atau menjadi korban hack.

Bagi orang awam atau konten kreator pemula, masalah ini bisa menjadi membingungkan dan menimbulkan kepanikan. Namun, ada langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengatasi masalah ini. 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus dengan Langkah Mudah

Aplikasi TikTok adalah sosial media yang dikembangkan oleh ByteDance dari Cina. TikTok telah menjadi platform hiburan yang sangat menghibur. Aplikasi berbagi video ini menyajikan beragam konten yang mengundang tawa serta memberikan manfaat kepada para pengguna.

TikTok saat ini telah menjadi salah satu platform berbagi video yang paling populer di seluruh dunia, menarik perhatian jutaan orang dari berbagai belahan dunia. Menurut data yang dilaporkan oleh Demand Saga tahun 2023, lebih dari 1.677 miliar pengguna terdaftar di TikTok, dengan 1,1 miliar di antaranya adalah pengguna aktif. 

Mungkin saja, Anda termasuk salah satu dari miliaran pengguna yang aktif berpartisipasi di TikTok. Namun, sebagaimana halnya dengan platform lainnya, pengguna TikTok terkadang menghadapi kendala dalam penggunaan akun, seperti terhapus atau hilang, hingga lupa kata sandi dan email.

Jika akun TikTok Anda tiba-tiba menghilang, terkena peretasan, atau Anda lupa kata sandi, tentunya akan sulit untuk mengakses video Anda dan berbagai konten lainnya.

Mengembalikan akun TikTok sebenarnya tidak sulit sama sekali. Namun, mungkin masih ada banyak orang yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa langkah untuk mengembalikan akun TikTok.

Memulihkan Akun TikTok yang Terhapus

Untuk mengembalikan akun TikTok yang terhapus, terdapat syarat bahwa hal ini hanya berlaku apabila akun dinonaktifkan atau dihapus kurang dari 30 hari saja. Jika sudah lewat dari 30 hari, akun Anda tidak bisa dikembalikan lagi. 

Bagi yang belum mengetahui caranya, tidak perlu merasa khawatir. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti sebagai cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke menu Profile.
  2. Klik username yang terletak di bagian atas layar.
  3. TikTok akan menampilkan daftar akun yang aktif dan yang dinonaktifkan pada ponsel Anda.
  4. Pilih akun yang telah dihapus atau dinonaktifkan.
  5. Masukkan nomor telepon Anda dan lakukan verifikasi nomor handphone tersebut.
  6. Setelah verifikasi berhasil, klik "Aktifkan Kembali".
  7. Sekarang akun TikTok Anda sudah bisa digunakan kembali.

Memulihkan Akun TikTok yang Lupa Kata Sandi 

Jika Anda lupa password akun TikTok, tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Berikut adalah cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus karena lupa password:

  1. Buka aplikasi TikTok di ponsel Anda.
  2. Ketuk ikon profil, dan Anda akan diarahkan ke layar "Sign Up".
  3. Pilih opsi "Login" yang terletak di bagian “Sudah punya akun?”.
  4. Pilih metode login menggunakan identitas yang Anda inginkan, seperti telepon, email, atau username.
  5. Ketuk opsi “Lupa kata sandi?”.
  6. Pilih opsi “telepon” atau “email” untuk meminta tautan pengaturan ulang kata sandi.
  7. Setelah Anda menerima kode verifikasi, masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi.
  8. Atur ulang kata sandi Anda dan Anda akan dapat masuk kembali ke akun Anda.

Mengembalikan TikTok yang Kena Hack

Jika akun TikTok Anda telah di-hack oleh orang tak dikenal, tidak perlu panik. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan akun TikTok yang telah di-hack:

  1. Buka aplikasi "TikTok" di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi "Profile" dan klik tanda garis tiga yang terletak di sudut kanan atas.
  3. Selanjutnya, klik opsi "Keamanan".
  4. Periksa daftar perangkat yang telah login ke akun TikTok Anda. Jika Anda menemukan perangkat yang mencurigakan, segera ketuk "hapus" untuk menghapusnya dari daftar.
  5. Dengan melakukan ini, akun Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat yang mencurigakan tersebut.
  6. Segera ganti password Anda untuk mengamankan kembali akun TikTok Anda.

Cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus ini dapat membantu Anda memulihkan akun TikTok Anda setelah mengalami pembobolan oleh pihak yang tidak dikenal.

Memulihkan Akun TikTok Kena Banned

Jika akun TikTok Anda dilarang (banned), Anda dapat mengajukan banding untuk mengaktifkannya kembali. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun TikTok yang terkena banned.
  2. Klik opsi "Permohonan Banding".
  3. Setelah masuk ke halaman dengan kolom deskripsi, isi kolom tersebut dengan permintaan maaf dan ungkapkan penyesalan Anda agar TikTok mempertimbangkan kembali akun Anda.
  4. Klik "Ajukan Banding".
  5. Selesai.

Memulihkan Akun TikTok yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Jika biasanya Anda masuk ke akun TikTok menggunakan nomor HP untuk verifikasi, namun nomor tersebut sudah tidak aktif, Anda mungkin akan mengalami kesulitan masuk ke akun TikTok Anda. Berikut adalah cara untuk masuk ke akun TikTok yang nomornya sudah tidak aktif:

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke Profil Anda.
  2. Pilih Menu (ikon tiga garis) di bagian atas atau sudut layar.
  3. Selanjutnya, pilih Pengaturan dan Privasi.
  4. Klik menu Kelola Akun.
  5. Setelah itu, pilih opsi Email dan masukkan alamat email yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Kirim Kode.
  6. Buka email yang Anda masukkan dan cari email masuk dari TikTok untuk memverifikasi data.
  7. Setelah berhasil diverifikasi, kembali ke menu Kelola Akun dan klik opsi Password.
  8. Pilih Gunakan Email yang ada di bawahnya, lalu klik Kirim Kode.
  9. Lakukan verifikasi email seperti yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya.

Dengan mengikuti cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus ini, Anda dapat masuk kembali ke akun TikTok Anda yang nomornya sudah tidak aktif.

Memulihkan Akun TikTok yang Datanya Terhapus 

Anda juga memiliki opsi untuk mengembalikan akun TikTok yang datanya terhapus secara tidak sengaja. Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk kembali ke akun TikTok Anda yang sebelumnya:

  1. Buka aplikasi "TikTok" dan masuk ke "Profile".
  2. Ketuk "username" yang terletak di bagian atas layar.
  3. TikTok akan menampilkan semua akun TikTok yang terdaftar di ponsel Anda, baik yang aktif maupun tidak.
  4. Pilih akun yang telah dinonaktifkan atau data-nya terhapus.
  5. Ikuti prosedur verifikasi yang diberikan oleh TikTok hingga selesai.
  6. Klik "Aktifkan Kembali Akun TikTok".
  7. Selesai. Akun TikTok Anda sudah dapat digunakan kembali.

Dengan mengikuti cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus tersebut, Anda dapat mengakses kembali akun TikTok yang sebelumnya dinonaktifkan atau terhapus datanya.

Memulihkan Akun TikTok Menggunakan Nama Pengguna

Jika Anda lupa password, email, dan nomor telepon yang digunakan untuk akun TikTok, Anda masih bisa login menggunakan nama pengguna.

Untuk melakukannya, Anda perlu menghubungi TikTok dan menunggu respons dari pihak mereka dengan instruksi lebih lanjut. Anda dapat mengirim keluhan melalui laman yang disediakan. Pastikan untuk menyertakan nama pengguna yang hilang dan jelaskan bahwa Anda kehilangan akses ke nomor telepon dan alamat email yang terhubung ke akun Anda.

Untuk mengembalikan akun TikTok yang terhapus, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya. Penting untuk memastikan bahwa proses tersebut berjalan lancar dengan menggunakan dukungan jaringan internet yang stabil. Dalam hal ini, pemilihan paket internet juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan.

Bagi Anda yang ingin mencoba cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus tanpa gangguan, disarankan untuk menggunakan paket internet XL PRIORITAS. Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan, salah satunya adalah jaringan yang selalu stabil sehingga tidak mengalami gangguan. Segera dapatkan kartu perdana atau eSIM XL PRIORITAS sekarang juga untuk menikmati berbagai pilihan paket internet dan promo menarik lainnya.