Floating WhatsApp
Kembali

A. Ketentuan Umum

I. Pendahuluan

  1. XLSMART, Perusahaan, atau kami adalah PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk., perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian sistem telekomunikasi telepon bergerak seluler dengan sistem GSM (Global System for Mobile Communication).
  2. Pelanggan adalah orang, badan hukum, atau instansi pemerintah yang menggunakan jaringan dan atau jasa XLSMART.
  3. Formulir Pendaftaran adalah formulir yang tertera pada Kontrak ini untuk dilengkapi dengan informasi pendaftaran dan ditandatangani oleh pendaftar yang ingin menjadi Pelanggan XLSMART.
  4. Kartu Modul ldentitas Pelanggan (“Kartu XLSMART”) adalah kartu yang digunakan Pelanggan untuk melakukan akses kepada jaringan telepon bergerak seluler XLSMART dengan memasukkannya ke dalam perangkat apa pun yang dapat memancarkan dan/atau menerima sinyal jaringan telepon bergerak seluler.
  5. Persyaratan Berlangganan adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pelanggan untuk terikat dengan Kontrak ini, yaitu persyaratan administrasi, persyaratan validasi, dan persyaratan lain yang ditentukan oleh XLSMART.
  6. Kontrak ini mulai berlaku dan Kartu XLSMART dapat digunakan setelah semua Persyaratan Berlangganan telah dipenuhi oleh Pelanggan dan disetujui oleh XLSMART.
  7. Kontrak ini berlaku bagi perorangan, badan hukum, instansi pemerintah dan harus ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan atau pihak yang berwenang dan mewakili secara sah.
  8. Pelanggan akan memberikan semua dokumen dan informasi yang diminta oleh XLSMART sebagaimana disebutkan di muka dan harus sesuai dengan ketentuan dalam Kontrak ini.
  9. XLSMART berhak untuk melakukan perubahan tarif, paket dan program atas produk XLSMART.
  10. XLSMART akan memberikan fasilitas berkomunikasi di sepanjang jaringan XLSMART dan jika tersedia akses kepada jaringan-jaringan lain berdasarkan tarif tertentu.
  11. Pemakaian jasa telekomunikasi di jaringan XLSMART akan dicatat oleh XLSMART.
  12. Kontrak ini tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, kecuali atas persetujuan XLSMART.
  13. Seorang pelanggan yang kontraknya telah dihentikan akan dianggap sebagai pemohon baru apabila ia hendak kembali berlangganan dan harus memenuhi segala ketentuan Persyaratan Berlangganan.
  14. Pelanggan wajib segera melaporkan secara tertulis setiap kali adanya perubahan alamat kepada bagian pelayanan Pelanggan XLSMART paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pindah alamat.
  15. Pelanggan wajib memperbaharui data apabila terjadi perubahan, termasuk perubahan alamat, nomor telepon ataupun perubahan lainnya dengan memberitahukan kepada XLSMART melalui layanan pelanggan XLSMART atas perubahan tersebut.
  16. XLSMART berhak menolak permohonan berlangganan dari Pelanggan kapan pun apabila diketahui data yang diberikan Pelanggan tidak sesuai dengan Persyaratan Berlangganan.
  17. XLSMART tidak bertanggung jawab atas klaim mengenai penggunaan Kartu XLSMART atau pelayanannya, penggunaan pesawat telepon atau infrastruktur lainnya atau peralatan yang berkenaan dengan jasa yang diberikan atas cedera fisik, penyakit, risiko kesehatan, atau kerusakan-kerusakan lainnya yang menimpa Pelanggan atau orang lain.
  18. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari Kontrak ini, pihak-pihak sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
  19. Apabila musyawarah tidak tercapai, pihak-pihak dalam Kontrak ini setuju untuk memilih domisili hukum yang tetap di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  20. XLSMART tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan nomor kartu XLSMART oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
  21. Pelanggan tunduk dan setuju pada syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku pada Formulir Berlangganan, Kebijakan Privasi XLSMART, Kontrak ini, dan ketentuan yang tercantum dalam laman www.xl.co.id beserta seluruh perubahannya dari waktu ke waktu.
  22. Dalam hal Pelanggan membeli layanan melalui partner yang mengakibatkan keterlambatan pengaktifan dan atau kendala lainnya yang menyebakan kerugian di sisi Pelanggan, maka dalam hal ini, XLSMART tidak akan memberikan ganti rugi. XLSMART akan membantu Pelanggan untuk melakukan pengecekan kepada partner terkait.
  23. XLSMART berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan ini setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pelanggan. Dalam hal adanya perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini, perubahan tersebut akan disampaikan melalui laman XL PRIORITAS kami (prioritas.xl.co.id)
  24. Dengan melanjutkan proses berlangganan, Pelanggan dianggap telah membaca, memahami, menyetujui, dan tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku bagi setiap layanan telekomunikasi XL PRIORITAS yang digunakan Pelanggan dan segala bentuk perubahannya dari waktu ke waktu. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk secara berkala membaca Syarat dan Ketentuan XL PRIORITAS pada laman yang tersedia.

II. Kartu XLSMART

  1. Kartu XLSMART akan tetap menjadi milik XLSMART, akan tetapi selama kartu XLSMART dipergunakan oleh Pelanggan, maka Pelanggan bertanggung jawab atas penggunaan Kartu XLSMART, termasuk dan tidak terbatas pada penggunaan oleh pihak lain.
  2. Hak atas penggunaan Kartu XLSMART dapat dialihkan kepada pihak lain sesuai dengan persyaratan XLSMART dari waktu ke waktu.
  3. Pelanggan bertanggung jawab terhadap penggunaan Kartu XLSMART.
  4. XLSMART atas kebijaksanaannya sendiri dapat mengganti kartu XLSMART yang hilang atau rusak dan berhak membebankan:
    a. Biaya penggantian kartu
    b. Biaya-biaya lainnya (administrasi)
  5. Ketentuan nomor:
    a. XLSMART hanya dapat memproses lebih lanjut permohonan berlangganan XL PRIORITAS dengan nomor yang tersedia dalam sistem XLSMART dan diperoleh dengan cara yang tidak melanggar hukum.
    b. Nomor baru yang diaktifkan sebagai XL PRIORITAS dengan pembayaran di muka tidak dapat dimigrasi ke nomor pascabayar maupun prabayar.
    c. Nomor prabayar dapat dimigrasi ke layanan pascabayar XL PRIORITAS dengan ketentuan pelanggan telah memberikan informasi yang ditentukan.
    d. Nomor prabayar yang sudah di migrasi ke layanan pascabayar XL PRIORITAS dapat dimigrasi kembali ke nomor prabayar, dengan ketentuan pelanggan telah membayar semua tagihan.
  6. XLSMART dapat menolak permintaan migrasi atas Kartu XLSMART milik Pelanggan dengan nomor-nomor tertentu yang diberikan dalam program promo yang diadakan oleh XLSMART.
  7. Pelanggan yang kehilangan atau kecurian Kartu XLSMART (dengan atau tidak dengan pesawat teleponnya) harus segera melaporkannya pada Pelayanan Pelanggan XLSMART melalui telepon dan dilakukan secara tertulis. XLSMART akan segera memblokir Kartu XLSMART tersebut. Segala tagihan biaya yang timbul sebelum diblokirnya Kartu XLSMART akibat dari kehilangan atau kecurian dan atau kerusakan Kartu XLSMART, tidak akan menghilangkan tanggung jawab Pelanggan atas kewajibannya atas penggunaan kartu tersebut.

III. Keadaan Memaksa

  1. Keadaan memaksa adalah kejadian yang luar biasa yang menyebabkan pelayanan XLSMART tidak dapat dilakukan yang mana kejadian tersebut berada di luar kontrol XLSMART meliputi tetapi tidak terbatas pada:
    a. Bencana alam seperti gempa bumi, badai, kecelakaan, atau banjir.
    b. Perang atau huru-hara.
    c. Tindakan/perbuatan/keadaan pihak lain sehingga XLSMART tidak dapat memberikan jasa pelayanan kepada Pelanggan.
  2. Dalam hal terjadi keadaan memaksa, XLSMART dibebaskan dari tanggung jawabnya.

IV. Ketentuan Surat Kuasa untuk Pembayaran Tagihan XLSMART Melalui Kartu Kredit

  1. Surat kuasa ini berlaku untuk nomor-nomor XL PRIORITAS yang terdaftar atas nama Pelanggan yang tercantum dalam surat kuasa ini.
  2. Surat kuasa ini mulai berlaku efektif setelah divalidasi oleh penerbit kartu kredit/bank yang memiliki perjanjian dengan XLSMART atau setelah pembayaran disetujui oleh penerbit kartu kredit/bank.
  3. Penerbit kartu kredit/bank dibebaskan dari tanggung jawab yang berkaitan dengan pelayanan jasa telekomunikasi XLSMART kecuali kesalahan yang dilakukan oleh penerbit kartu kredit/bank sendiri. 
  4. Rekening/kartu kredit pemberi kuasa akan didebet oleh penerbit kartu kredit/bank setiap bulan setelah data tagihan tercetak dari XLSMART diterima oleh penerbit kartu kredit/bank dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah tanggal penagihan.
  5. Pendebetan tagihan berjalan akan dilakukan  oleh penerbit kartu kredit/bank atas permintaan XLSMART apabila diperlukan.
  6. Apabila pemberi kuasa hendak mengubah data yang diberikan dalam surat kuasa ini, maka pemberi kuasa wajib memberitahukan kepada penerbit kartu kredit/bank dari XLSMART dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kalender sebelum tanggal pencetakan tagihan.
  7. XLSMART berhak menolak pembayaran tagihan pembayaran layanan XL PRIORITAS melalui kartu kredit apabila tanda tangan Pelanggan pada formulir berlangganan tidak sesuai dengan data dan/atau identitas Pelanggan.
  8. Apabila penerbit kartu kredit/bank gagal melakukan pendebetan kartu kredit, maka pemberi kuasa wajib membayar tagihan langsung kepada XLSMART sesuai dengan jumlah dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  9. Baik XLSMART maupun penerbit kartu kredit/bank berhak menolak surat kuasa apabila data yang diberikan tidak sesuai dengan data yang ada pada penerbit kartu kredit/bank seperti pada nama pemberi kuasa atau tanda tangan pemberi kuasa. 
  10. Surat kuasa berlaku selama masa berlangganan layanan XL PRIORITAS berlangsung.

B. Ketentuan Khusus

I. XL PRIORITAS Pascabayar

  1. Layanan Pascabayar adalah pembelian dengan sistem dimana pelanggan menggunakan layanan terlebih dahulu, kemudian membayar tagihannya di akhir periode.
  2. Pelanggan berkewajiban untuk membayar segala tagihan yang dikenakan oleh XLSMART dan tarif atau biaya yang ditetapkan oleh peraturan pemerintah yang berlaku yang dibebankan oleh XLSMART kepada Pelanggan, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    a. Biaya berlangganan bulanan.
    b. Biaya minimum pemakaian setiap bulannya sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran ini atau sesuai dengan pemakaian paket promo lainnya yang ada di kemudian hari.
    c. Biaya pemakaian terdiri dari biaya percakapan, biaya jelajah aktif, biaya fasilitas tambahan, dan biaya pendudukan frekuensi/air time.
    d. Biaya penggunaan layanan jelajah internasional berdasarkan informasi dan data pemakaian yang diberikan oleh mitra jelajah internasional kepada XLSMART dan dicantumkan pada lembar tagihan yang disampaikan kepada Pelanggan setiap bulannya.
    e. Biaya penggantian Kartu XLSMART, migrasi, penyambungan kembali, dan lain-lain.
    f. Biaya pendaftaran dan penggantian informasi kartu kredit, dalam hal Pelanggan memilih metode pembayaran dengan kartu kredit.
    g. Setiap biaya pajak yang harus dikenakan atas pembayaran-pembayaran yang telah disebutkan di atas.
  3. Setiap bulan XLSMART akan mengirimkan tagihan kepada Pelanggan untuk jasa yang telah diberikan XLSMART kepada Pelanggan dan pelanggan berkewajiban untuk membayar tagihan tersebut secara penuh dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  4. Pencatatan untuk penggunaan layanan telekomunikasi saat di luar negeri masih dapat ditambahkan ke dalam tagihan maksimal 3 (tiga) bulan dari tanggal penggunaan layanan.
  5. Tagihan sebagaimana disebutkan dalam poin 2 di atas dikirimkan XLSMART dalam bentuk tagihan elektronik (e-mail). Apabila Pelanggan menginginkan pengiriman tagihan secara tercetak, maka Pelanggan akan dikenakan tarif tagihan tercetak sesuai yang berlaku di XLSMART.
  6. Apabila terdapat perbedaan jumlah tagihan antara tagihan tercetak milik Pelanggan dengan tagihan yang tercatat di sisi XLSMART, maka yang dipergunakan sebagai pedoman adalah tagihan yang tercatat di XLSMART.
  7. Apabila Pelanggan memutus langganan XL PRIORITAS Pascabayar, Pelanggan harus membayar penuh dan melunasi semua kewajibannya terlebih dahulu, dan ketentuan dalam Kontrak ini masih terus berlaku hingga segala kewajiban Pelanggan terhadap XLSMART telah dipenuhi.
  8. Pelanggan tidak dapat menonaktifkan nomor XL PRIORITAS pada minggu pertama siklus tagihan.
  9. Migrasi atas Kartu XLSMART dapat dilakukan oleh XLSMART setelah semua Persyaratan Berlangganan dan persyaratan migrasi telah dipenuhi oleh Pelanggan.
  10. Segala macam biaya yang timbul dari pemakaian nomor Pelanggan akan menjadi tanggung jawab Pelanggan, termasuk apabila terjadi tunggakan berikut penalti atau biaya tambahan lainnya serta pajak-pajak yang dibebankan atas nomor Pelanggan.
  11. Masa kontrak adalah masa berlangganan selama 3 (tiga), 6 (enam), 12 (dua belas) atau, 24 (dua puluh empat) bulan, atau periode tertentu lainnya yang ditetapkan di masing-masing paket sejak nomor diaktifkan dan mengikuti billing cycle yang ditetapkan oleh XLSMART. 
  12. Fitur otomatisasi penagihan kartu kredit:
    a. Dengan menandatangani Surat Pernyataan Permohonan Berlangganan dan Kuasa Pemrosesan Penagihan Layanan XL PRIORITAS Pascabayar, Pelanggan memberikan hak kepada XLSMART untuk mendebet rekening kartu kredit pemberi kuasa.
    b. Dalam hal pelanggan mendaftarkan diri pada fitur otomatisasi penagihan milik penerbit kartu kredit, maka Pelanggan wajib menonaktifkan fitur otomatisasi penagihan tersebut jika berhenti berlangganan XL PRIORITAS Pascabayar. Segala kerugian yang timbul dari tidak dinonaktifkannya fitur tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  13. Kredit limit adalah adalah batas maksimum penggunaan layanan yang diberikan oleh XLSMART kepada pelanggan.
  14. XLSMART berhak mengubah kredit limit yang diberikan kepada Pelanggan secara sepihak, sesuai kebijakan yang berlaku di XLSMART.
  15. Pelanggan akan mendapatkan kredit limit sesuai ketentuan yang berlaku di XLSMART.
  16. Dalam hal Pelanggan ingin meningkatkan kredit limit, Pelanggan dapat mengunjungi XLSMART Center terdekat atau melalui aplikasi myXL untuk mengubah metode pembayaran XL PRIORITAS menjadi kartu kredit atau membayar deposit sesuai ketentuan XLSMART.
  17. Pada saat Pelanggan di luar negeri, penggunaan layanan telekomunikasi Pelanggan dimungkinkan melebihi kredit limit, sehingga dimungkinkan jumlah tagihan Pelanggan melebihi kredit limit yang diberikan.
  18. Deposit adalah sejumlah uang sebagai prasyarat untuk mendaftar XL PRIORITAS Pascabayar yang berperan sebagai jaminan atas nomor XL PRIORITAS Postpaid Pelanggan.
  19. Deposit wajib dibayar oleh Pelanggan yang mendaftar XL PRIORITAS Pascabayar dengan pilihan pembayaran tunai dengan Deposit. Deposit dibayar pada saat pendaftaran sesuai dengan nominal yang telah ditentukan oleh XLSMART. Deposit dapat dikembalikan jika Pelanggan menonaktifkan nomor XL PRIORITAS Pascabayar atau melakukan migrasi ke prabayar, setelah dikurangi tagihan tertunggak.
  20. Dalam hal Pelanggan tidak memenuhi kewajiban pembayaran atas tagihan, maka XLSMART berhak untuk menggunakan Deposit untuk melunasi tagihan tertunggak, sehingga Pelanggan tidak lagi berhak atas Deposit tersebut.
  21. Syarat & ketentuan pengembalian Deposit:
    a. Pelanggan wajib menunjukkan KTP dan kuitansi pembayaran Deposit.
    b. Pelanggan wajib lebih dulu menyelesaikan seluruh pembayaran tagihan tertunggak secara penuh ataupun tagihan pada bulan berjalan.
    c. Jika terdapat kekurangan pembayaran, maka Deposit akan digunakan untuk melunasi kekurangan pembayaran tersebut. Deposit yang tersisa akan dikembalikan ke Pelanggan.
    d. Pengembalian Deposit hanya bisa dilakukan jika nama pemilik rekening bank yang dituju sama dengan nama Pelanggan XL PRIORITAS Pascabayar yang terdaftar.
    e. Pelanggan wajib mengisi formulir pengembalian Deposit.
    f. Proses pengembalian Deposit adalah 60 hari.
    g. Pengembalian Deposit hanya dapat dilakukan melalui metode transfer bank dari rekening XLSMART ke rekening Pelanggan. Tidak ada pengembalian dengan metode tunai.
  22. XLSMART berhak melakukan pemblokiran dan/ pemutusan kontrak apabila terjadi hal sebagai berikut:
    a. Ada biaya-biaya atau tunggakan yang belum dibayar.
    b. Apabila penggunaan telepon oleh Pelanggan atau biaya pemakaian melebihi batas limit kredit yang diberikan XLSMART.
    c. Apabila tagihan Pelanggan telah melewati batas jatuh tempo pembayaran yang telah ditentukan oleh XLSMART.
    d. Apabila pelanggan tidak memenuhi Persyaratan Berlangganan (termasuk namun tidak terbatas berdasarkan hasil survei lapangan).
    e. Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang.
    f. Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Kontrak maupun pelanggaran terhadap penggunaan Kartu XLSMART.
    g. Apabila salah satu nomor XLSMART milik Pelanggan mempunyai tagihan yang sudah jatuh tempo dan belum dilakukan pembayaran (berlaku bagi Pelanggan yang mempunyai lebih dari satu nomor XLSMART).
    h. Pelanggan dinyatakan pailit atau bangkrut berdasarkan kaidah peraturan perundang-undangan.
    i. Terdapat informasi dan/atau data yang diberikan pelanggan yang ternyata tidak benar atau dibuat keliru.
    j. Terjadi keadaan memaksa (Force Majeur).
    k. Pelanggan melakukan tindakan melawan hukum.
    l. Pelanggan meninggal dunia.
    m. Apabila ada indikasi penyalahgunaan Kartu XLSMART sehingga menimbulkan kerugian baik bagi XLSMART maupun bagi Pelanggan lainnya.
    n. Hal-hal lain sebagaimana ditentukan oleh XLSMART dari waktu ke waktu.
  23. XLSMART dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga untuk pemutusan kontrak ini tidak diperlukan putusan pengadilan.
  24. Jika kontrak ini dihentikan oleh salah satu sebab di atas, seluruh jumlah tagihan terutang oleh pelanggan wajib dibayar seketika dan sekaligus, baik oleh pelanggan ataupun para penggantinya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  25. Pengaktifan kembali hanya dapat dilakukan dalam waktu maksimal 60 hari dari tanggal pemblokiran. Setelahnya, XLSMART berhak menjual kembali nomor tersebut atau Pelanggan dapat mengaktifkan kembali nomor tersebut sebagai pengaktifan baru.

II. XL PRIORITAS Pembayaran di Muka

  1. Produk XL PRIORITAS pembayaran di muka adalah pembelian menggunakan sistem pembayaran di awal periode berlangganan terlebih dahulu, kemudian pelanggan dapat menikmati layanan XL PRIORITAS.
  2. Masa aktif paket Utama berlaku sesuai periode kontrak.
  3. Periode kontrak adalah masa berlangganan dengan periode tertentu yang ditetapkan di masing-masing Paket sejak nomor diaktifkan. 
  4. Kuota data, nelpon, dan SMS berlaku selama 30 (tiga puluh) hari kalender dan akan diperpanjang otomatis untuk bulan berikutnya.
  5. Kuota data, nelpon, dan SMS yang tidak terpakai sampai dengan akhir bulan akan hangus dan tidak diakumulasikan ke bulan selanjutnya.
  6. Kuota nelpon dan SMS hanya berlaku di wilayah Indonesia dan tidak berlaku saat roaming.
  7. Kuota nelpon dan SMS tidak termasuk untuk penggunaan tujuan nomor premium atau berbayar, seperti: SMS Banking, layanan call center/delivery, atau layanan khusus lainnya.
  8. Kuota data dapat dipakai saat roaming selama Pelanggan membeli PRIO Pass atau layanan roaming lain sesuai ketentuan XLSMART yang berlaku.
  9. Untuk setiap kuota data, nelpon, dan SMS yang bersifat unlimited, berlaku fair usage policy (batas pemakaian wajar). XLSMART berhak secara sepihak menentukan dan mengubah kebijakan fair usage policy atas kuota nelpon, SMS, data, dan layanan Value Added Service (VAS) lainnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  10. Layanan nelpon dan SMS di luar kuota paket atau melebihi batas pemakaian wajar akan dikenakan tarif dasar.
  11. Pembelian tambahan Paket Utama dapat dilakukan kapapun sesuai dengan penawaran yang tersedia di aplikasi myXL.
  12. Untuk melakukan pengaturan perpanjang paket, cek sisa kuota, detil paket dan penambahan kuota dapat dilakukan melalui aplikasi myXL atau *808#.
  13. Setelah masa kontrak paket berakhir, XLSMART akan melakukan monitor selama 30 (tiga puluh) hari terhadap nomor pelanggan. Jika tidak ada pembelian Paket Utama kembali saat berakhirnya masa monitoring, maka nomor XLSMART akan memasuki masa suspensi.
  14. Dengan tetap mempertimbangkan hak dan kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang perlindungan konsumen, XLSMART berhak untuk menambah, mengurangi, atau mengubah ketentuan serta kuota data, nelpon, dan SMS dalam Paket PRIO tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pelanggan.       
  15. Dalam masa suspensi pelanggan hanya dapat menerima panggilan atau SMS masuk, panggilan keluar dan akses internet akan diblokir. Jika dalam waktu 18 (delapan belas) hari kalender, Pelanggan tidak melakukan pembelian Paket Utama kembali, maka Kartu XLSMART berikut sisa pulsa didalamnya akan hangus, serta nomor XLSMART yang melekat pada Kartu XLSMART tersebut tidak lagi dapat digunakan.
  16. Untuk mengaktifkan Paket XL PRIORITAS Pembayaran di Muka, Pelanggan berkewajiban untuk membayar segala biaya yang dikenakan oleh XLSMART dan tarif atau biaya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku yang dibebankan oleh XLSMART kepada Pelanggan, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    a. Biaya berlangganan bulanan.
    b. Biaya pemakaian terdiri dari biaya percakapan, biaya jelajah aktif, biaya fasilitas tambahan, dan biaya pendudukan frekuensi/air time.
    c. Biaya penggunaan layanan jelajah internasional.
    d. Biaya penggantian Kartu XLSMART, penyambungan kembali, dan lain-lain.
    e. Biaya pendaftaran dan penggantian informasi kartu kredit, dalam hal Pelanggan memilih metode pembayaran dengan kartu kredit.
    f. Setiap biaya pajak yang harus dikenakan atas biaya-biaya yang telah disebutkan di atas.
  17. Pengenaan tarif yang dimaksud adalah pengurangan pulsa atau saldo AutoPay milik pelanggan XL PRIORITAS.
  18. XLSMART berhak melakukan pemblokiran dan/ pemutusan kontrak apabila terjadi hal sebagai berikut:
    a. Apabila pelanggan tidak memenuhi Persyaratan Berlangganan (termasuk namun tidak terbatas berdasarkan hasil survei lapangan)
    b. Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang.
    c. Apabila selama 30 hari setelah Paket Utama berakhir, Pelanggan tidak melakukan pembelian kembali Paket Utama.
    d. Apabila ada indikasi penyalahgunaan Kartu XLSMART sehingga menimbulkan kerugian baik bagi XLSMART maupun bagi Pelanggan lainnya.
    e. Hal-hal lain sebagaimana ditentukan oleh XLSMART dari waktu ke waktu.
    f. Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Kontrak maupun pelanggaran terhadap penggunaan Kartu XLSMART.
    g. Terdapat informasi dan/ data yang diberikan pelanggan yang ternyata tidak benar atau dibuat keliru.
    h. Terjadi keadaan memaksa (Force Majeur).
    i. Pelanggan melakukan tindakan melawan hukum.
    j. Pelanggan meninggal dunia.
  19. XLSMART dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga untuk pemutusan kontrak ini tidak diperlukan putusan pengadilan.
  20. Pengaktifan kembali hanya dapat dilakukan dalam waktu maksimal 60 (enam puluh) hari kalender dari tanggal pemblokiran. Setelahnya, XLSMART berhak menjual kembali nomor tersebut atau Pelanggan dapat mengaktifkan kembali nomor tersebut sebagai pengaktifan baru.
  21. Pelanggan dianggap menyetujui dan menyadari sepenuhnya bahwa jangka waktu tersebut merupakan masa kontrak yang dibayar dengan metode pembayaran di awal. Oleh karena itu, Pelanggan menyetujui dan memahami bahwa XLSMART tidak akan memberikan kompensasi dan/atau penggantian dalam bentuk apa pun terhadap penghentian layanan oleh Pelanggan sebelum masa kontrak berlangganan berakhir. 

III. XL PRIORITAS Device Bundling

  1. Paket Device Bundling adalah penawaran layanan pascabayar dengan periode kontrak, di mana berisi layanan nelpon, SMS, dan data.
  2. Paket data, nelpon, dan SMS dalam layanan ini berlaku selama 1 (satu) bulan mengikuti billing cycle XLSMART dan akan diperpanjang otomatis untuk bulan berikutnya. Paket data, nelpon, dan SMS yang tidak terpakai sampai dengan akhir bulan akan hangus dan akan digantikan dengan kuota paket yang baru.
  3. Kuota nelpon dan SMS pada Paket Dasar hanya berlaku di wilayah Indonesia dan tidak berlaku saat roaming. 
  4. Kuota nelpon dan SMS  tidak termasuk untuk penggunaan tujuan nomor premium atau berbayar, seperti: SMS Banking, layanan call center/delivery, atau layanan khusus lainnya.
  5. Kuota data dapat dipakai saat roaming selama Pelanggan membeli PRIO Pass atau layanan roaming lain sesuai ketentuan XLSMART yang berlaku.
  6. Kuota Data Utama dan Extra Kuota dapat dipakai saat roaming selama Pelanggan membeli PRIO Pass atau layanan roaming lain sesuai ketentuan XLSMART yang berlaku, sedangkan Benefit Unlimited Kuota Lifestyle tidak dapat dipakai saat roaming walaupun pelanggan membeli PRIO Pass atau layanan roaming lain sesuai ketentuan XLSMART yang berlaku.
  7. Pelanggan Paket XL PRIORITAS Device Bundling tidak dapat melakukan upgrade atau downgrade paket PRIORITAS selama masa kontrak berlaku. Pelanggan akan mendapatkan kuota bulanan selama masa kontrak dan Jika jika Pelanggan membutuhkan paket dengan kuota data, nelpon, atau SMS yang lebih besar, Pelanggan dapat membeli tambahan kebutuhan di aplikasi myXL atau UMB sesuai tarif yang berlaku.
  8. Pelanggan  XL PRIORITAS Device Bundling tidak dapat mengalihkan jenis layanan yang digunakannya menjadi layanan prabayar selama masa kontrak berlaku. Pengalihan jenis layanan setelah masa kontrak mengikuti ketentuan yang berlaku di XL.
  9. Untuk setiap kuota data, nelpon, dan SMS yang bersifat unlimited, berlaku fair usage policy (batas pemakaian wajar). XLSMART berhak untuk menentukan dan mengubah kebijakan FUP atas kuota nelpon, SMS, data, dan layanan Value Added Service (VAS) lainnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  10. XLSMART berhak untuk menambah, mengurangi, atau mengubah ketentuan serta kuota data, nelpon, dan SMS dalam Paket tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pelanggan.
  11. Semua benefit, baik kuota data, nelpon, dan SMS, nelpon dan data tidak dapat diuangkan dan XLSMART tidak akan menanggung ganti rugi kepada Pelanggan atas layanan benefit yang tidak dapat digunakan oleh Pelanggan karena keterbatasan jaringan, perangkat, lokasi, dan sebab lainnya, serta tidak terbatas oleh sebab teknis dan nonteknis.
  12. Masa kontrak adalah periode tertentu yang ditetapkan di masing-masing paket sejak nomor diaktifkan dan mengikuti billing cycle yang berlaku di XLSMART.
  13. Pelanggan dianggap menyetujui dan menyadari sepenuhnya bahwa jangka waktu tersebut merupakan masa kontrak yang dibayar dengan metode pembayaran di awal, baik secara penuh, cicilan kartu kredit, maupun dengan cara pembayaran lainnya. Oleh karena itu, Pelanggan menyetujui dan memahami bahwa XLSMART tidak akan memberikan kompensasi dan/atau penggantian dalam bentuk apa pun terhadap penghentian layanan oleh Pelanggan sebelum masa kontrak berlangganan berakhir.
  14. Untuk mengaktifkan Paket XL PRIORITAS Device Bundling Dasar myPRIO DEAL, Pelanggan wajib melakukan pembayaran layanan di muka dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, pembayaran tunai, e-money, atau metode pembayaran lainnya yang tersedia oleh XLSMART atau toko partner XLSMART. 
  15. Penggunaan diskon, cashback, atau voucher yang diberikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. XLSMART tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau penyalahgunaan dalam bentuk apapun dan tidak akan memberikan penggantian dalam situasi tersebut.
  16. Ketersedian stok perangkat mengacu pada ketersediaan di masing-masing toko dan atau partner dan dapat berubah sewaktu-waktu. XLSMART tidak bertanggung jawab atas ketersediaan perangkat atau aksesoris di setiap toko.
  17. Dalam hal masa kontrak XL PRIORITAS Device Bundling sudah habis, dan/atau Pelanggan melakukan migrasi ke layanan XL PRIORITAS Pascabayar atau XL PRIORITAS Pembayaran di Muka, maka ketentuan layanan secara otomatis akan mengacu sesuai dengan layanan yang dipilih.
  18. Pelanggan dapat mendaftar dan membeli paket ini kembali sebelum periode kontraknya habis jika pelanggan menyetujui bahwa sisa benefit pada XL PRIORITAS Device Bundling yang sebelumnya akan hangus.
  19. Pada saat kontrak berakhir, untuk pelanggan dengan metode pembayaran Kartu Kredit dan Tunai dengan Deposit akan dimigrasi ke Paket myPRIO X Plan atau Paket Pascabayar lainnya sesuai ketentuan XLSMART yang berisi kuota yang berbeda untuk data, nelpon, dan SMS. Sedangkan untuk pelanggan dengan metode pembayaran Tunai Tanpa Deposit,  akan diberikan penawaran apakah ingin melanjutkan layanan XL PRIORITAS nya atau tidak. Jika pelanggan Pelanggan tersebut ingin lanjutingin melanjutkan layanan XL PRIORITAS, maka paket akan dimigrasikan ke paket pascabayar lainnya sesuai ketentuan XLSMART. Jika pelanggan tidak ingin lanjut, maka nomornya akan terblokir. Atas bergantinya paket ini menjadi Paket Pascabayar, maka setiap bulan Pelanggan wajib membayar tagihan atas biaya paket bulanan dan atau paket tambahan penggunaan lainnya setiap bulan.  Bagi Pelanggan Tunai Tanpa Deposit yang tidak lanjut, maka XLSMART akan menghentikan layanan dan/atau memindahkan ke paket layanan terendah sesuai ketentuan dan kebijakan XLSMART. Dalam hal sejak 7 hari berakhir masa kontrak pelanggan tidak melakukan pembukaan layanan dan atau pembelian Paket, maka XLSMART berhak untuk menutup layanan dan nomor akan dijual kembali. Pengalihan jenis layanan setelah masa kontrak mengikuti ketentuan yang berlaku di XLSMART.
  20. Pelanggan akan mendapatkan credit limit sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh XLSMART. Khusus Pelanggan yang membeli layanan dengan metode pembayaran tunai tanpa deposit (hard cash/kartu debit) akan mendapatkan credit limit minimum (Rp0) atau sesuai ketentuan yang berlaku di XLSMART.
  21. Dalam hal Pelanggan ingin meningkatkan credit limit, Pelanggan dapat mengunjungi XLSMART Center terdekat atau melalui aplikasi myXL untuk mengubah metode pembayaran XL PRIORITAS menjadi kartu kredit atau membayar deposit sesuai ketentuan XLSMART.
  22. Semua benefit, baik kuota data, nelpon, dan SMS, nelpon dan data tidak dapat diuangkan dan XLSMART tidak akan menanggung ganti rugi kepada Pelanggan atas layanan benefit yang tidak dapat digunakan oleh Pelanggan karena keterbatasan jaringan, perangkat, lokasi, dan sebab lainnya, serta tidak terbatas oleh sebab teknis dan nonteknis.
  23. Untuk mengaktifkan Paket, Pelanggan wajib melakukan pembayaran layanan bulanan sejumlah periode kontrak di muka.
  24. Pelanggan dianggap setuju untuk membayar biaya yang timbul akibat penggunaan layanan paket data, nelpon, dan SMS di luar paket yang akan ditagihkan XLSMART setiap bulannya. Apabila Pelanggan melewati batas jatuh tempo pembayaran atas tagihan biaya di luar paket, maka XLSMART berhak melakukan pemblokiran dan penutupan layanan.
  25. Transaksi pembayaran Paket yang telah berhasil dilakukan oleh Pelanggan tidak dapat dibatalkan dengan cara dan alasan apa pun. Dalam hal Pelanggan tetap ingin membatalkan layanan, XLSMART tidak akan memberikan kompensasi dan/atau penggantian dalam bentuk apa pun terhadap pembatalan transaksi layanan oleh Pelanggan.
  26. Pelanggan wajib membayar tagihan di luar paket paling lambat pada tanggal jatuh tempo yang XLSMART tentukan. Setelah tanggal jatuh tempo, maka XLSMART berhak untuk melakukan pemblokiran komunikasi keluar (berinternet, menelepon, dan mengirim SMS) pada nomor MSISDN tersebut. Jika dalam masa periode pemblokiran Pelanggan tidak melakukan pembayaran, maka XLSMART berhak untuk melakukan penutupan layanan.
  27. Blokir dapat dibuka kembali setelah Pelanggan melakukan pembayaran paling lambat 17 (tujuh belas) hari dari tanggal jatuh tempo atau sesuai ketentuan pemblokiran dan penutupan layanan di XLSMART. Tidak ada kompensasi penambahan periode pemakaian, siklus tagihan, atau kuota atas keterlambatan pembayaran Pelanggan dalam hal ini. Dalam hal pembayaran belum dilakukan setelah lewat masa pemblokiran tersebut, maka XLSMART akan melakukan penutupan layanan pada nomor MSISDN tersebut sehingga seluruh paket dan kuota yang masih tersisa akan hangus.
  28. XLSMART tidak bertanggung jawab atas kerugian Pelanggan yang disebabkan oleh kelalaian Pelanggan dalam membayar tagihan XLSMART, yang karena kelalaian Pelanggan tersebut nomor MSISDN Pelanggan dan seluruh paket beserta kuota di dalamnya hangus sebelum berakhirnya masa kontrak. XLSMART berhak menjual kembali nomor yang telah diblokir dan ditutup oleh sistem karena tagihan yang belum dibayar oleh Pelanggan hingga batas waktu yang telah ditentukan.
  29. Syarat dan Ketentuan ini adalah satu kesatuan syarat ketentuan berlangganan layanan  (XL PRIORITAS).
  30. Dalam hal Pelanggan membeli layanan melalaui partner yang mengakibatkan keterlambatan pengaktifan dan atau kendala lainnya yang menyebakan kerugian di sisi Pelanggan, maka dalam hal ini, XLSMART tidak akan memberikan ganti rugi. XLSMART akan membantu Pelanggan untuk melakukan pengecekan kepada partner terkait.
  31. XLSMART berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan ini setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pelanggan. Dalam hal adanya perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini, perubahan tersebut akan disampaikan melalui laman prioritas.xl.co.id.