Core

Cara SS di laptop sangat beragam. Screenshot atau SS merupakan salah satu fitur terbaik yang banyak dibutuhkan pengguna laptop.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengambil tangkapan layar dengan mudah. Hasil tangkapan layar tersebut bisa bermanfaat untuk berbagai kebutuhan.

Pilihan Cara SS di Laptop

Para pengguna ponsel pasti sudah tidak asing dengan fitur SS. Tidak hanya di smartphone, fitur ini juga sudah lama hadir di laptop.

Sayangnya, tidak semua pengguna laptop memahami cara SS dengan baik. Banyak yang masih bingung dalam mengambil gambar dari layar ponsel secara langsung.

Padahal, fitur ini bisa sangat bermanfaat. Baik di Windows 10 maupun 11, SS laptop bisa dilakukan dengan mudah tanpa adanya hambatan berarti.

Cara paling sering yang pengguna laptop gunakan adalah memanfaatkan keyboard. Jika tidak ada masalah berarti, keyboard laptop bisa pengguna manfaatkan dengan baik.

Sebab, kombinasi tombol keyboard juga pastinya bisa menjadi shortcut tertentu. Perlu diketahui, cara SS di laptop pada artikel ini bisa digunakan pada Windows maupun Mac.

Tombol Keyboard Windows dan PrtSc

Kombinasi Windows dan PrtSc mungkin menjadi cara yang paling banyak digunakan. Pengguna laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan dua tombol ini.

Langkah awal yang harus pengguna lakukan adalah memilih layar laptop terlebih dahulu untuk melakukan screenshot. Setelah itu, tekan kombinasi keyboard Win + PrtSc secara bersamaan untuk menangkap layar.

Cara ini akan membuat hasil SS laptop akan tersimpan secara otomatis di folder. Untuk melihat hasilnya, bukan bagian folder Pictures di laptop dan tekan "Subfolder Screenshot".

Kombinasi Keyboard Alt dan PrtSc

Cara berikutnya yang juga tidak kalah mudah adalah menggunakan kombinasi keyboard Alt dan PrtSc. Keduanya merupakan tombol yang sangat bermanfaat.

Ketuk kursor laptop pada bagian layar yang berada di dalam Chrome. Kemudian, pengguna harus menekan tombol Alt dan PrtSc secara bersamaan dalam beberapa waktu. Jika sudah, artinya Anda sudah berhasil melakukan cara SS di laptop.

Untuk menyimpannya, buka aplikasi Paint yang terdapat di perangkat laptop dan tekan CTRL+V. Setelah itu, CTRL+V atau paste akan menempel gambar hasil SS ke dalam aplikasi. Gambar kemudian akan muncul di Paint dan bisa langsung pengguna simpan di folder.

Keyboard PrtSc

Selain tombol kombinasi, pengguna juga bisa melakukan cara SS di laptop hanya melalui satu tombol keyboard, yaki PrtSc. Cara ini juga tidak kalah mudah untuk dilakukan.

Cara satu ini membutuhkan aplikasi Paint yang sudah tersedia di laptop. Pertama, masuk ke aplikasi yang ingin di SS pada laptop.

Setelah itu, klik tombol PrtSc. Kemudian, masuk ke dalam aplikasi Paint untuk menempel gambar hasil SS tersebut dengan mudah.

Jika sudah, berhasil masuk ke menu Paint, segera klik CTRL+V secara bersamaan. Secara otomatis gambar SS akan muncul di halaman kosong pada Paint.

Selanjutnya, klik CTRL+S untuk menyimpan hasil SS laptop tersebut. Pengguna bisa dengan bebas memilih format dari hasil SS tersebut, mulai dari PDF, GIF, JPG, atau bahkan PNG.

Menggunakan Game Bar

Cara SS di laptop berikutnya ini juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu memanfaatkan bagian Game Bar untuk mendapatkan gambar layar laptop.

Fitur Game Bar terdapat di laptop dengan Windows 10. Keberadaan fitur Game Bar sebenarnya sangat bermanfaat untuk para pengguna yang sedang bermain game dan ingin melakukan SS pada layar secara tiba-tiba.

Daripada repot dengan harus membuka aplikasi lainnya dan takut tidak benar-benar tersimpan, maka bisa menggunakan fitur Game Bar. Menggunakan fitur ini juga tidak kalah mudah seperti cara sebelumnya.

Pertama, pengguna harus membuka aplikasi Xbox terlebih dahulu. Setelah itu, pergi ke bagian Setting atau Pengaturan dan tekan pilihan "Game DVR". Kemudian, cetak kotak yang berisi "record game clips and screenshots using game DVR" untuk mengaktifkan fitur Game Bar.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan cara SS di laptop kapan saja saat bermain game. Anda hanya perlu menekan kombinasi keyboard Windows+G jika ingin mengambil tangkapan layar saat tengah menjalankan game.

Setelah klik kombinasi keyboard Windows+G tersebut, maka akan muncul overlay pop up pada layar laptop yang berisi menu. Pengguna bisa memilih bagian icon kamera untuk menangkap tampilan game di dalam bentuk gambar.

Sayangnya, cara satu ini hanya berlaku pada pengguna game di dalam aplikasi Xbox. Game lainnya tidak akan bisa menggunakan fitur ini untuk SS. Untuk melihat hasil SS tersebut, masuk ke Folder Video atau Capture pada laptop.

Kombinasi Keyboard Command + Shift + 4 + Spasi di Mac

Cara selanjutnya ini adalah menggunakan kombinasi keyboard juga. Kali ini, pengguna bisa memanfaatkan tombol Command + Shift + 4 + Spasi yang ada pada keyboard.

Shortcut satu ini memang membutuhkan lebih banyak kombinasi tombol. Itulah kenapa, cara ini terlihat lebih sulit dilakukan oleh para penggunanya.

Pertama tekan secara bersamaan tombol Command + Shift + 4 + Spasi pada keyboard. Ingat, tekan tombol tersebut secara bersamaan dan jangan sampai terlambat pada salah satunya.

Jika sudah, maka komputer akan secara otomatis mengambil tangkapan layar. Cara SS di laptop satu ini memang tidak jauh berbeda dengan yang lain, tetapi memang membutuhkan lebih banyak tombol keyboard.

Namun, pengguna yang melakukan cara Command + Shift + 4 + Spasi ini tidak perlu membuka aplikasi Paint lagi. Sebab, hasil dari SS akan tersimpan secara otomatis di folder "Desktop" laptop.

Kombinasi Shortcut Command + Shift + 5 di Mac

Pengguna Mac juga memiliki pilihan cara lainnya untuk SS laptop, yakni dengan kombinasi tombol shortcut Command + Shift + 5. Cara ini memang membutuhkan lebih sedikit tombol kombinasi daripada sebelumnya.

Pertama, tekan kombinasi tombol shortcut Command + Shift + 5 terlebih dahulu pada keyboard Mac. Setelah berhasil, maka aplikasi bawaan di laptop Mac yang bernama "Screenshot" akan terbuka secara otomatis di layar utama.

Menariknya, pengguna yang memakai cara shortcut Command + Shift + 5 bisa memilih model tangkapan layar di aplikasi tersebut. Jika sudah berhasil mengambil SS, pengguna bisa langsung menyimpan gambar di bagian folder yang disesuaikan dengan pilihan.

Anda bisa melihat hasil tangkapan layar tersebut di folder pilihan tersebut. Hal ini menjadi perbedaan lainnya dari cara SS di laptop Mac sebelumnya.

Gunakan Paket Internet XL PRIORITAS untuk Update Tips Terbaru

Melakukan cara SS di laptop dengan cara di atas bisa dilakukan dengan lancar dan mudah, Siapa saja bisa melakukannya dengan mudah dan akan terbiasa jika melakukannya lebih sering.

Update berbagai tips menarik lainnya dengan menggunakan paket internet yang lancar seperti paket internet XL PRIORITAS. Paket internet XL PRIORITAS terdiri dari beberapa pilihan, mulai dari Rp 70 ribu saja dengan benefit menarik yang bisa Anda dapatkan. Segera beli paket internet XL PRIORITAS sekarang juga!