Core

eSIM adalah kartu SIM model terbaru yang teknologinya tentu paling modern. Menggantikan kartu SIM fisik, eSIM merupakan kartu virtual yang tidak ada wujud fisiknya. eSIM Indonesia sudah mulai digunakan di tahun 2023 ini. Perlahan tapi pasti, penggunaan eSIM di Indonesia akan meningkat. Lalu apa saja kelebihan menggunakan eSIM?

Kelebihan Menggunakan eSIM 

eSIM kini sudah bisa digunakan di Indonesia, menjadikannya sebagai pilihan yang menarik bagi pengguna perangkat seluler tanah air. Sebenarnya apa kelebihan eSIM dibandingkan dengan kartu SIM fisik yang sudah digunakan sejak tahun 90-an? 

1. Lebih Mudah Berganti Jaringan

Dengan eSIM, penggunanya jadi lebih mudah untuk berganti jaringan seluler. Kalau dulu kita harus pesan kartu SIM fisik yang baru dan menunggunya hingga sampai ke alamat tujuan, memasukkannya ke SIM tray dengan hati-hati, baru mengaktifkan kartu SIM baru dan mendapat jaringan seluler yang baru untuk berbagai kebutuhan online. 

Langkah-langkah yang cukup panjang seperti di atas kini tidak perlu dilakukan lagi. Tak perlu lagi repot menyimpan SIM ejector untuk membuka tutup SIM tray. Berganti jaringan jadi lebih simpel dan bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan.

2. Bisa Ganti Jaringan Sementara

eSIM tidak hanya berlaku untuk 1 kartu virtual saja, tapi bisa maksimal menyimpan hingga 5 virtual SIM di waktu yang sama. Inilah yang membuat penggunanya bisa berganti jaringan dengan lebih cepat dan mudah. Kelebihan ini sangat memudahkan bagi yang sering bepergian, baik di dalam maupun di luar negeri.

Misalnya bepergian di dalam negeri dengan jaringan lain yang lebih kuat sinyalnya, maka pengguna eSIM bisa berpindah tanpa perlu buka-tutup SIM tray. Begitu juga saat bepergian ke luar negeri, eSIM lebih memudahkan karena tak perlu kuatir gonta-ganti kartu fisik dan risiko kehilangan SIM fisik yang asli. 

3. Bisa Punya Lebih dari 1 SIM

Masih banyak yang mengira kalau dengan eSIM kita hanya bisa punya satu kartu SIM saja, tapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, eSIM bisa menyimpan data hingga maksimal 5 virtual SIM. Ini memudahkan bagi yang punya nomor terpisah untuk urusan pekerjaan dan urusan pribadi. 

4. Tidak Membutuhkan Slot dan Kartu Fisik

Saat ini, perangkat seluler yang sudah mendukung eSIM masih dipasarkan dengan slot kartu SIM fisik. Apple sudah mulai meniadakan slot SIM fisik, khusus untuk pasar Amerika. Perlahan tapi pasti, sepertinya merek yang lainnya juga akan mengikuti langkah ini, kalau eSIM sudah semakin populer. 

Tentu ini bisa jadi keuntungan, karena perangkat seluler jadi punya ruang lebih kalau slot SIM fisik ditiadakan. Misalnya untuk memperbesar kapasitas baterai. Atau bisa menggunakan speaker dengan kualitas suara yang lebih bagus, fitur headset, dan lain sebagainya. 

Selain itu, tidak adanya slot SIM fisik di perangkat seluler juga mengurangi jumlah lubang. Ini mempersempit peluang debu, kotoran dan air masuk ke dalam perangkat. Otomatis membuat perangkat jadi lebih aman dan bersih. 

Perangkat yang Mendukung eSIM

Tak sabar ingin menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan eSIM? Sebelumnya pastikan dulu perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung sistemnya. Saat ini memang baru perangkat high end atau flagship yang bisa menggunakan eSIM. Berikut ini daftar lengkap perangkat yang sudah bisa menggunakan eSIM:

AppleSamsungGoogle PixelPerangkat Lainnya
iPhone 14Galaxy S23Google Pixel 3Huawei P40
iPhone 14 PlusGalaxy S23 UltraGoogle Pixel 3 XLHuawei P40 Pro
iPhone 14 ProGalaxy S23+Google Pixel 3AHuawei Mate 40 Pro
iPhone 14 Pro MaxGalaxy S22Google Pixel 3A XLMotorola Razr 2019
iPhone 13Galaxy S22+Google Pixel 4Microsoft Surface Duo
iPhone 13 MiniGalaxy S22 UltraGoogle Pixel 4 XLMicrosoft Surface Pro X
iPhone 13 ProGalaxy S21Google Pixel 4aOppo Find X5 Pro
iPhone 13 Pro MaxGalaxy S21+Google Pixel 4a 5G
iPhone 12Galaxy S21 UltraGoogle Pixel 5
iPhone 12 MiniGalaxy S20Google Pixel 6 
iPhone 12 ProGalaxy S20+Google Pixel 6 Pro
iPhone 12 Pro MaxGalaxy S20 UltraGoogle Pixel 7 
iPhone 11Galaxy Note 20Google Pixel 7 Pro
iPhone 11 ProGalaxy Note 20 Ultra
iPhone 11 Pro MaxGalaxy Z Flip
iPhone SE 2020Galaxy Z Flip 3
iPhone SE 2022Galaxy Z Flip 4
iPhone XRGalaxy Z Fold
iPhone XSGalaxy Z Fold 2
iPhone XS MaxGalaxy Z Fold 3
iPad 7Galaxy Z Fold 4
iPad Air 3Galaxy Watch4 Classic LTE
iPad Air 4Galaxy Watch4 LTE
iPad Mini 5
iPad Pro (11 inci)
iPad Pro 2 (11 inci)
iPad Pro 3 (12.9 inci)

Beli eSIM XL PRIORITAS

Yuk, upgrade ke eSIM. Sejak 23 Maret 2023 pengguna XL PRIORITAS sudah bisa menggunakan eSIM. Pastikan Anda sudah punya perangkat yang mendukung sistem eSIM, setelah itu baru bisa upgrade dari kartu SIM fisik ke eSIM. Kalau sudah punya kartu SIM XL PRIORITAS, langsung saja kunjungi XL Center terdekat di lokasi Anda dan minta bantuan petugas untuk upgrade ke eSIM. Prosesnya cepat dan eSIM sudah bisa langsung digunakan. 

Ini dia daftar lokasi XL Center selengkapnya:

ProvinsiKotaXL Center
BaliDenpasarXL CENTER SUNSET ROAD
BantenBenconganXPLOR LIPPO KARAWACI
Tangerang SelatanXPLOR BINTARO XCHANGE
DI YogyakartaYogyakartaXL CENTER YOGYAKARTA
DKI JakartaJakarta BaratXPLOR CENTRAL PARK
Jakarta BaratXPLOR PURI INDAH MALL
Jakarta PusatXPLOR GRAND Indonesia
Jakarta PusatXPLOR ROXY
Jakarta SelatanXL CENTER CIPUTRA WORLD
Jakarta SelatanXL CENTER PONDOK INDAH MALL 2
Jakarta SelatanXL CENTER AXIATA TOWER
Jakarta TimurXL CENTER PEMUDA
Jakarta UtaraXL CENTER SUNTER
Jakarta UtaraXPLOR KELAPA GADING
Jawa BaratBandung XL CENTER MARTADINATA BANDUNG
BekasiXL CENTER BEKASI
BogorXL CENTER SUDIRMAN BOGOR
CirebonXL CENTER CIREBON 2
Jawa TengahSemarangXL CENTER SEMARANG
Jawa TimurSurabayaXL CENTER MARGOREJO
Kalimantan SelatanBanjarmasinXL CENTER BANJARMASIN
Kepulauan RiauBatam XL CENTER BATAM
Nusa Tenggara BaratMataramXPLOR EPICENTRUM MALL MATARAM
RiauPekanbaruXL CENTER GRHAXL PEKANBARU
Sulawesi SelatanMakassarXL CENTER PETTARANI
Sumatera SelatanPalembangXL CENTER PALEMBANG
Sumatera UtaraMedanXL CENTER DIPONEGORO

Kalau Anda pengguna iPhone yang sudah mendukung teknologi eSIM, kini bisa menggunakan dua nomor sekaligus. Yang satunya berupa kartu SIM fisik ditambah satu lagi berupa eSIM. Jadi tunggu apa lagi? Cara upgrade eSIM XL PRIORITAS praktis dan cepat, yuk segera kunjungi XL Center untuk menikmati teknologi terbaru ini.