Core

Kebanyakan orang baru tahu BTS beberapa tahun belakangan ini setelah mereka sukses meraih kesuksesan di Amerika Serikat. Sekarang mereka memang luar biasa populer dan keseharian tiap member BTS seperti layaknya kehidupan selebriti sukses lainnya. Tapi seperti apa mereka sebelum debut dan kapan BTS debut? Tak perlu penasaran lagi, yuk dapatkan infonya di bawah ini. 

BTS Pra Debut

CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk, berambisi membentuk grup hip hop, maka di tahun 2010 ia memantapkan rencananya dengan menjadikan RM sebagai salah satu member grup tersebut. Saat itu, RM adalah rapper underground yang cukup dikenal di Seoul. Nyatanya, sulit untuk bertahan sebagai artis hip hop yang dibentuk oleh agensi, karena biasanya grup hip hop terbentuk karena pertemanan satu sama lain. Bang Si-hyuk pun mengubah rencananya. 

Ia berencana membuat grup yang lebih mudah dipasarkan. Bang Si-hyuk pun memastikan dia ingin membuat grup idol, jadi bukan lagi hip hop, tapi K-pop. Yang membedakan grup bentukannya adalah ia ingin membuat tiap member terlihat menonjol. Jadi member grupnya tidak akan terlihat sama persis satu sama lain dan bebas mengekspresikan diri mereka masing-masing.

Audisi pun dimulai di tahun 2010. Para trainee tinggal bersama di asrama, seperti sistem perusahaan K-pop lainnya. Mereka berlatih kira-kira selama 15 jam setiap hari! Menurut Bang Si-hyuk, sejak awal ia membebaskan para member untuk menyatakan pendapat dan ikut serta dalam pembuatan musik. Cara ini berbeda dari kebanyakan grup dari perusahaan besar pada masa itu. 

Sebelum debut, BTS yang sudah ditetapkan beranggotakan 7 member, akhirnya tampil pertama kali di tahun 2013. Saat itu mereka tampil di depan penonton berskala kecil. Semua penontonnya berasal dari industri musik Korea. 

Debut Sebagai Boygroup

Di tanggal 12 Juni 2013, BTS debut dengan merilis album single mereka yang berjudul 2 Cool 4 Skool, dengan lagu title berjudul No More Dream. Lagu ini mengangkat tema tentang rasa cemas anak muda tiap kali menghadapi harapan orang tua yang terlalu tinggi, terutama dengan budaya persaingan di Korea yang luar biasa ketat. Tema ini mengejutkan, karena jarang grup idola yang mengangkat tema tersebut. 

Lagu yang genrenya old school hip hop ini berhasil meraih top 5 di tangga lagu Korea, Gaon Music Chart. Tapi BTS debut tidak langsung dikenal, karena pada masa itu perhatian orang lebih mengarah pada grup keluaran 3 perusahaan besar, SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment. Selain itu, gaya dan genre BTS yang berada di tengah-tengah antara hip hop dan K-pop pun dipertanyakan. 

Sulit untuk masuk ke pasar hip hop, karena gaya yang terlihat terlalu dipaksakan. Sementara persaingan di K-pop juga tak mudah. Baru di tahun 2014 ketika mereka merilis BTS School Trilogy, dengan lagu-lagu seperti Boy in Luv dan Just One Day, mulai banyak yang melirik BTS. Perubahan gaya yang lebih mendekati ke arah K-pop sepertinya lebih mudah menarik minat pasar. 

Selanjutnya, di bulan Agustus 2014, BTS kembali merilis album Dark & Wild, dengan lagu-lagu seperti Danger dan War of Hormone, yang sukses di pasaran. Penggemar K-pop di Korea dan luar Korea mulai suka dengan gaya mereka yang terlihat lebih natural. 

Sukses di Industri Mainstream Internasional

Di tahun 2013 – 2014 BTS hanya fokus di lagu-lagu yang menggunakan elemen hip hop. Baru di tahun 2015 mereka bereksperimen dengan genre musik lainnya, lewat album The Most Beautiful Moment in Life, Part 1. Tema yang diangkat masih seputar rasa cemas yang dirasakan oleh anak muda, karena memang inilah yang mereka rasakan sebenarnya. 

Single berjudul I Need U dan Dope luar biasa sukses di tangga lagu internasional. Dope bahkan mencapai nomor 3 di Billboard’s World Digital Song Sales Chart! Popularitas BTS di dunia internasional sudah sangat diakui dan penggemar internasional mereka luar biasa banyak! Sayangnya di negara asalnya sendiri, popularitas BTS tidak seperti yang dibayangkan penggemar internasional. 

Meski begitu, kenyataan ini tidak membuat BTS dan Big Hit Entertainment putus asa. Mereka mengambil setiap kesempatan yang ada. Mencetak prestasi demi prestasi di dunia internasional untuk kemudian dilirik oleh publik di Korea. 

Akhirnya Sukses di Korea

Saat BTS sudah luar biasa populer di luar negeri, banyak orang Korea yang bahkan tidak tahu apa saja lagu BTS. Tapi akhirnya kerja keras ketujuh member BTS, Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook, terbayar juga. Dengan begitu banyaknya prestasi di dunia internasional, publik Korea mulai mendengarkan lagu mereka dan jadi penggemar juga!

Kini BTS sudah mencetak prestasi yang tak terhitung baik di dunia musik internasional maupun di dalam negeri. Tak hanya membatasi diri hanya berkolaborasi dengan musisi luar negeri saja, RM dan Suga membuktikan bahwa member BTS juga bersedia berkolaborasi dengan musisi Korea. Saat ini memang BTS sebagai grup sedang hiatus karena satu-persatu member sedang menjalani dan akan menghadapi kewajiban wajib militer, tapi prestasi mereka tetap jalan terus!

Nikmati Konten BTS dengan Paket Internet Unlimited!

Ternyata perjalanan ketujuh member BTS dari awal debut sampai  jadi sesukses sekarang tidak mudah, ya. Anda bisa mendukung mereka dengan menonton berbagai kontennya. Siapkan dulu paket internet yang koneksinya stabil dan lancar, seperti paket internet unlimited dari XL PRIORITAS. Tak perlu kuatir kuota dibatasi saat sedang asyik menonton BTS!

Ini dia pilihan paket internet unlimited dari XL PRIORITAS:

  • PRIORITAS SILVER Rp 70,000

Unlimited Kuota Apps

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

100 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

  • PRIORITAS GOLD Rp 100,000

Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

150 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

VIDIO Platinum 30 hari.

  • PRIORITAS PLATINUM: Rp 135,000

Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

250 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

3 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS DIAMOND: Rp 180,000

Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

350 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

7 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS ULTIMA : Rp. 300.000

Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

Unlimited telepon ke operator lain

Unlimited SMS ke semua operator

30 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Beli satu paket saja, sudah dapat lengkap mulai dari kuota data, paket telepon, SMS, bahkan sampai dapat cashback roaming. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja dapatkan paket internet unlimited XL PRIORITAS untuk selalu update konten BTS sekarang juga! Dapatkan paketnya di website XL PRIORITAS atau di aplikasi MyXL.