Core

Paket internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang penting bagi banyak manusia pada zaman yang semuanya serba online ini. Saat ini rasanya kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari internet dan media sosial. Banyak sekali orang yang mengandalkan internet untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

Mulai dari kebutuhan yang penting, seperti untuk urusan pekerjaan hingga urusan seperti hiburan. Orang-orang juga sering menggunakan aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, X, TikTok, YouTube, dan masih banyak lagi. Selain itu, kita juga sering menggunakan aplikasi online lainnya.

Misalnya yaitu game online, aplikasi ojek online, aplikasi untuk streaming film atau musik online, dan lain sebagainya. Nah, untuk bisa mengakses internet serta berbagai aplikasi online tersebut maka kita membutuhkan kuota internet. Tanpa adanya kuota internet perangkat kita tidak akan bisa terhubung ke internet.

Pengertian Paket Internet

Internet bukanlah jaringan yang bisa diakses dengan bebas dan gratis. Namun, untuk mengaksesnya kita juga harus mengeluarkan sejumlah uang dalam bentuk kuota. Kuota memang menjadi hal yang sangat penting dan utama agar bisa mengakses internet serta menggunakan berbagai aplikasi secara online.

Jika kuota pada perangkat sudah habis maka Anda harus mengisi ulang kuota agar bisa kembali online. Biasanya terdapat berbagai pilihan paket kuota untuk berbagai kebutuhan.

Meskipun sudah tidak terlalu asing dengan istilah paket tersebut, lalu apa sebenarnya paket itu? Paket internet adalah paket berisi kuota internet yang bisa kita gunakan untuk mengakses internet dan berbagai aplikasi secara online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari kuota adalah jumlah yang ditentukan.

Sedangkan pengertian dari internet adalah suatu jaringan komunikasi elektronik, menghubungkan jaringan komputer serta fasilitas komputer yang telah terorganisasi melalui telepon maupun satelit di seluruh dunia. Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa kuota tersebut adalah batasan penggunaan internet dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya yaitu ketika Anda membeli paket kuota sebesar 20 GB yang berlaku satu bulan, terdapat dua batasan yaitu batasan kuota dan batasan waktu. Batasan paket internet adalah hal yang penting untuk Anda perhatikan. Batasan kuota yaitu ketika kuota sudah habis sebelum satu bulan maka Anda sudah tidak bisa mengakses internet lagi.

Sementara itu, batasan waktu yaitu ketika kuota yang Anda beli tersebut belum habis setelah melewati satu bulan meskipun sisa kuota masih sangat banyak maka Anda juga sudah tidak bisa mengakses internet lagi. Sebab, sisa kuota tersebut sudah tidak berlaku karena telah melewati waktunya sehingga Anda harus membelinya lagi.

Jenis Kuota Paket Internet

Paket Internet berbasis kuota merupakan penawaran layanan internet berbasis volume yang bisa Anda akses melalui jaringan operator seluler. Kuota dalam paket ini juga memiliki banyak jenis dengan kegunaan yang berbeda. Dalam satu paket bisa menawarkan beberapa jenis kuota sekaligus. Nah, berikut adalah beberapa jenis kuotanya:

1. Kuota Utama atau Reguler

Jenis pertama yaitu terdapat kuota utama maupun kuota reguler yang merupakan kuota untuk keperluan universal sehingga kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan dan kapan saja waktunya. Misalnya yaitu untuk mengakses internet, mengakses media sosial, bermain game online dan kebutuhan online lainnya.

2. Kuota Malam

Berikutnya terdapat kuota malam dalam paket internet adalah kuota yang hanya bisa kita gunakan di malam hari saja. Jam penggunaannya juga berbeda-beda. Contohnya hanya bisa kita gunakan mulai jam 00.00 hingga pukul 06.00 saja. Setelah pukul 6 pagi maka tidak bisa menggunakan kuota malam lagi.

3. Kuota Download

Sesuai dengan namanya, kuota download merupakan jenis kuota yang hanya bisa digunakan untuk keperluan mendownload suatu file di internet. Baik itu berupa file video, dokumen dan sebagainya. Jadi dengan adanya kuota ini maka kuota utama atau reguler pastinya tidak akan berkurang untuk mengunduh suatu file.

4. Kuota Unlimited

Kuota unlimited dalam paket internet adalah kuota yang bisa kita gunakan tanpa batas dalam penggunaan yang wajar. Artinya Anda bisa bebas menggunakan kuota tersebut untuk mengakses internet. Namun jika telah mencapai limit pemakaian (FUP) yang telah ditentukan maka kecepatannya untuk mengakses internet akan menurun.

Tips Menggunakannya

Beberapa orang termasuk Anda mungkin termasuk orang yang boros dalam penggunaan kuota internet. Hal tersebut tentu sangat menyebalkan karena kita juga harus lebih sering mengeluarkan uang untuk membelinya lagi. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah boros kuota. Berikut adalah tips menggunakannya agar paket lebih hemat:

1. Gunakan Fitur Batas Pemakaian Kuota

Untuk menghemat kuota, Anda bisa menggunakan fitur pembatasan penggunaan kuota di perangkat Anda. Fitur ini bisa membantu Anda untuk mengatur penggunaan kuota agar tidak terlalu berlebihan setiap harinya. Sehingga hal tersebut pastinya bisa membuat kuota lebih hemat dan awet.

2. Gunakan Kuota Saat Perlu

Tips selanjutnya untuk menghemat paket internet adalah dengan menggunakan kuota atau hanya saat perlu saja. Misalnya ketika harus membalas pesan yang penting, untuk belajar online maupun untuk keperluan yang penting lainnya. Selain itu Anda bisa mematikan data pada perangkat sehingga kuota bisa menjadi lebih hemat.

3. Beli Kuota Sesuai Kebutuhan

Jika kebutuhan kuota Anda memang besar, maka Anda bisa membeli banyak kuota sekaligus. Biasanya kuota yang besar sekaligus juga akan lebih murah daripada Anda membeli kuota dalam jumlah kecil namun secara berkali-kali. Dengan begitu pun pastinya Anda juga bisa lebih menghemat pemakaian kuota.

Beli Paket Internet di XL PRIORITAS

Jika Anda merasa bahwa kuota yang sering Anda beli tidak cukup karena cepat habis atau masa berlakunya yang pendek, maka Anda bisa beralih menggunakan paket internet unlimited dari XL PRIORITAS. XL PRIORITAS menawarkan menawarkan berbagai jenis paket kuota unlimited untuk berbagai kebutuhan dan kegiatan Anda. Terdapat PRIORITAS Silver, Gold, Platinum, Diamond, dan juga Ultima.

1. PRIORITAS Silver

  • Unlimited Kuota Apps
  • Unlimited telepon ke XL dan AXIS
  • 100 menit telepon ke operator lain
  • Unlimited SMS ke semua operator

2. PRIORITAS Gold

  • Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*
  • Unlimited telepon ke XL dan AXIS
  • 150 menit telepon ke operator lain
  • Unlimited SMS ke semua operator
  • VIDIO Platinum 30 hari.

3. PRIORITAS Platinum

  • Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*
  • Unlimited telepon ke XL dan AXIS
  • 250 menit telepon ke operator lain
  • Unlimited 1000 SMS ke semua operator
  • 3 hari Prio Pass
  • VIDIO Platinum 30 hari.

4. PRIORITAS Diamond

  • Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*
  • Unlimited telepon ke XL dan AXIS
  • 350 menit telepon ke operator lain
  • 1000 SMS ke semua operator
  • 7 hari Prio Pass
  • VIDIO Platinum 30 hari.

5. PRIORITAS Ultima

  • Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*
  • Unlimited telepon ke XL dan AXIS
  • Unlimited telepon ke operator lain
  • Unlimited SMS ke semua operator
  • 30 hari Prio Pass
  • VIDIO Platinum 30 hari.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Dengan paket internet dari XL PRIORITAS tersebut maka Anda bisa bebas mengakses internet setiap hari tanpa perlu pusing memikirkan sisa kuota. Karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk berlangganan paket XL PRIORITAS sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.