Core

Mobile Legends: Bang Bang, atau yang sering disebut dengan ML, adalah salah satu game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang banyak sekali penggemarnya di Indonesia. Saking populernya, bahkan di Indonesia sudah ada kompetisi profesionalnya sendiri, yang dinamakan MPL ID (Mobile Legends Professional League Indonesia). Tapi sudah tahu belum ML rilis tahun berapa? 

Mungkin Anda sudah memfavoritkan banyak hero di ML. Ada Granger yang tangguh, Benedetta yang cantik tapi mematikan, dan Paquito yang tubuhnya tahan banting. Tapi soal tanggal rilis dan awal mula game ini dibuat, mungkin tak banyak informasi yang Anda dapatkan. Jadi, ini dia beberapa fakta seputar ML yang menarik untuk para penggemarnya. 

Tanggal ML Dirilis

Mobile Legends dirilis untuk platform Android secara global di tanggal 14 Juli 2016. Jadi tahun ini adalah tahun ke-7 mereka. Sejak awal dirilis, Mobile Legends langsung meningkat popularitasnya, terutama di Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. 

Inventor ML

Luar biasa populer di Indonesia, meski tak banyak yang tahu siapa inventor game seru ini. Di balik ML ada perusahaan pengembang yang bernama Shanghai Moonton Technology Co. Ltd. atau biasa disebut Moonton saja. Hampir semua pemain menganggap Moonton adalah satu-satunya pihak yang berinovasi dan akhirnya mendistribusikan ML. Padahal kenyataannya mereka juga bekerja sama dengan pihak lain. 

Untuk menghadirkan tampilan grafis yang luar biasa keren dan sesuai dengan ekspektasi pemain, Moonton bekerja dengan perusahaan yang masih ada hubungannya dengan mereka, yaitu Shanghai Mulong Network and Technology Co. Ltd. atau biasa disebut Mulong. Perusahaan inilah yang bertugas membuat tampilan grafis super smooth dan terus mengembangkannya hingga jadi sekeren sekarang. 

Moonton sendiri adalah perusahaan pengembang video game yang terbilang masih sangat muda. Baru berdiri di tahun 2015, perusahaan yang didirikan oleh Justin Yuan ini kantor pusatnya berlokasi di Minhang District, Shanghai, China. Perusahaan ini awalnya bernama YoungJoy Technology Ltd., sebelum akhirnya diganti menjadi Moonton. 

ML dirilis setelah 1 tahun perusahaan ini berdiri dan langsung sukses besar di Asia Tenggara. Indonesia dan Malaysia adalah 2 negara terbesar dengan jumlah unduhan paling banyak. Hebatnya, di tahun 2017, ML menjadi aplikasi game gratis yang paling banyak diunduh oleh pengguna iPhone di tahun 2017!

Awal Mula Dibuatnya ML

Berawal dari Moonton di tahun 2015 yang ingin mengembangkan game genre MOBA yang bisa dimainkan semua orang. Saat itu, semua game MOBA yang sudah dirilis hanya bisa dimainkan di komputer atau laptop, yang membuat permainan ini jadi kurang mobile dan terbatas. Moonton pun bekerja sama dengan Mulong untuk mengembangkan game MOBA yang lebih mudah diakses. 

Begitu dirilis, terbukti ML disambut baik oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Mereka adalah gamer yang sudah menantikan hadirnya game MOBA untuk dimainkan di ponsel. Dengan ML, mereka bisa main di mana saja, tanpa harus duduk di depan komputer atau laptop. 

ML dibuat oleh sekitar 20 staf begitu mereka menyelesaikan game pertama Moonton berjudul Magic Rush: Heroes yang dirilis tahun 2015. Karena sebelumnya sudah berpengalaman di game pertamanya. saat mengembangkan ML Moonton dan Mulong sudah lebih mampu menggunakan teknologi yang lebih maju lagi. 

ML di Indonesia

ML dirilis secara resmi di Indonesia pada tanggal 11 Juli 2016, khusus untuk pengguna Android saja. Sedangkan untuk pengguna iOS, baru bisa dinikmati pada tanggal 9 November 2016. Dengan cepat, jumlah pemain ML di Indonesia terus meningkat. Di tahun 2018 saja, dari total 43 juta pemain di Asia Tenggara, jumlah pemain di Indonesia mencapai lebih dari 50%! Diperkirakan saat ini jumlahnya sudah lebih banyak lagi. 

Turnamen Esports ML

Kompetisi esport pertama yang resmi diselenggarakan oleh Moonton adalah Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) pada tahun 2017. Kemudian ini menjadi turnamen tahunan yang diselenggarakan di Asia Tenggara. Turnamen ini diikuti berbagai negara seperti Malaysia, Filipina. Thailand, Singapura dan Indonesia yang mengikuti kompetisi sejak tahun 2017.

Di tahun 2018, Vietnam dan Myanmar mulai mengikuti turnamen ini. Disusul oleh Kamboja dan Laos yang mulai mengikuti sejak tahun 2019. Di tahun 2022, turnamen ini berkembang dan diikuti oleh perwakilan dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Sejak tahun 2018, peserta yang lolos ke MSC dipilih oleh kualifikasi lokal di negara masing-masing lewat ajang yang dinamakan Mobile Legends: Bang Bang Professional League. 

Beberapa negara yang mengadakan MPL adalah Indonesia, Filipina. Malaysia, Singapura dan Myanmar. Awalnya, Malaysia dan Singapura berada di bawah liga yang sama. Baru di tahun 2021, Singapura akhirnya mendapatkan liganya sendiri. Di bulan Agustus 2021, Moonton mengumumkan adanya MPL Brasil, liga MPL pertama di luar Asia Tenggara. 

Yuk, Main ML dengan Paket Internet Unlimited dari XL PRIORITAS

Main ML pasti kurang seru kalau jaringan internetnya tidak lancar. Untuk gaming unlimited, pastikan Anda menggunakan paket internet dari XL PRIORITAS yang tak hanya lancar, tapi juga menawarkan kuota unlimited dengan Fair Usage Policy (FUP).

Ini dia pilihan paket internet unlimited dari XL PRIORITAS:

  • PRIORITAS SILVER Rp 70,000

Unlimited Kuota Apps

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

100 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

  • PRIORITAS GOLD Rp 100,000

Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

150 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

VIDIO Platinum 30 hari.

  • PRIORITAS PLATINUM: Rp 135,000

Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

250 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

3 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS DIAMOND: Rp 180,000

Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

350 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

7 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS ULTIMA : Rp. 300.000

Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

Unlimited telepon ke operator lain

Unlimited SMS ke semua operator

30 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Beli paket internet XL PRIORITAS bukan hanya bisa untuk main game saja, lho. Anda sudah dapat paket telepon ke sesama XL dan operator lain, SMS, roaming cashback, bahkan langganan VIDIO Platinum. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja dapatkan paketnya di laman resmi XL PRIORITAS atau unduh aplikasi MyXL sekarang juga.