Core

WhatsApp Web di HP menjadi kabar menggembirakan bagi pengguna setia aplikasi Whatsapp. Selain HP Android, WhatsApp Web juga bisa digunakan di iPhone.

Sebelumnya, orang hanya bisa mengakses layanan tersebut melalui perangkat laptop atau komputer. Sontak hal ini menimbulkan kekecewaan bagi pengguna Android dan iPhone. 

Kelebihan WhatsApp web sendiri menawarkan sejumlah fitur unggulan terbaik. Sayangnya, masih saja ada pengguna yang belum memanfaatkan fitur-fitur tersebut secara maksimal.

Cara Akses WhatsApp Web di HP Android dan iPhone 

WhatsApp Web adalah cara sederhana untuk membuka aplikasi WhatsApp yang Anda punya pada perangkat lain. Kemudahan inilah yang membawa WhatsApp Web langsung digandrungi oleh para pengguna smartphone. 

Mungkin sudah banyak pengguna smartphone mengetahui cara akses WhatsApp Web di laptop atau komputer. Hal ini karena WhatsApp Web dulunya memang hanya mendukung penggunaan pada kedua perangkat tersebut.

Seolah menyadari bahwa pengguna android dan iPhone juga ingin mengaksesnya, mendorong pengembang WhatsApp Web untuk melakukan inovasi. Hasilnya, kini WhatsApp Web pun hadir memenuhi keinginan pengguna smartphone.

Pemula yang belum mengetahui bagaimana caranya, bisa menyimak tutorial berikut ini. Langsung saja ambil perangkat milik Anda dan ikuti tata caranya dalam panduan berikut.

Cara Akses WhatsApp Web di HP Android

Langkah-langkah mengakses WhatsApp Web via HP android terbilang cukup mudah. Pengguna cukup mengandalkan Chrome.

Pastikan saja koneksi internet stabil dan memiliki kuota dalam jumlah cukup. Tutorial selengkapnya adalah:

  • Aktifkan perangkat Android Anda, lalu buka halaman Chrome.
  • Pada kolom search, ketik https://web.whatsapp.com dan kunjungi halaman tersebut.
  • Setelah halaman terbuka, temukan tanda titik tiga di pojok kanan atas, lalu klik.
  • Supaya kode QR tampil, silakan checklist opsi Ubah situs Desktop.
  • Cara akses WhatsApp Web di HP Android selanjutnya adalah silahkan membuka WA aplikasi melalui HP lain.
  • Lakukan scan kode barcode WhatsApp Web.

Pastikan langkah scan benar, sehingga Anda bisa langsung menggunakan WhatsApp Web.

Cara Akses WhatsApp Web di iPhone

Nah, bagi yang ingin membuka WhatsApp Web di iPhone, silakan mengikuti cara-cara berikut ini. Cara ini mengakses aplikasi melalui Chrome di iOS.

  • Aktifkan perangkat, lalu klik Browser Chrome untuk membuka aplikasi.
  • Ketikkan situs web.whatsapp.com untuk masuk ke halaman awal WhatsApp Web.
  • Klik ikon titik tiga untuk masuk ke pengaturan Chrome di iOS. Ikon tersebut berada tepat di sebelah kanan web.
  • Klik opsi Minta situs Web Desktop atau Request Desktop Website.
  • Nantinya Anda akan melihat layar Browser menampilkan layar desktop yang memuat kode QR.
  • Selesaikan tahap scan kode menggunakan kode QR tersebut.
  • Silakan menggunakan perangkat lain untuk memasang WhatsApp Web. Pastikan telah menyelesaikan login dan scan kode QR.

Bagaimana, cara akses WhatsApp Web di HP Android dan iPhone ternyata mudah bukan? Bahkan tidak jauh berbeda dengan mengakses WhatsApp Web melalui laptop dan komputer.

Mau tahu cara keluar dari WhatsApp Web di smartphone? Gampang, kok.

Tinggal buka jendela WhatsApp Web, temukan tanda titik tiga yang ada di bagian atas kolom chat, dan pilih opsi Keluar. Secara otomatis Anda telah keluar dari WhatsApp Web.

Mengapa WhatsApp Web Error

Apapun yang namanya teknologi pasti masih berpotensi error. Hal ini juga berlaku untuk  WhatsApp Web. Selain error, sering terjadi kasus WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah:

  • Belum memperbarui Browser. Jadi, cek dahulu apakah Browser sudah dalam versi terupdate atau belum.
  • Ada masalah pada Cookie Browser. Sebagai langkah antisipasi agar hal ini tidak terjadi adalah menggunakan CCleaner sebelum dan setelah membuka Browser.
  • Kode QR tidak terbaca jelas, sehingga membuat WhatsApp minim akses. Solusinya adalah memperbesar halaman WhatsApp Web. Silakan memindai ulang kode QR dengan menekan tombol Ctrl dan + Hotkey secara bersamaan.
  • Perlu mengatur ulang Browser. Beberapa Browser memberlakukan opsi pengaturan berulang.
  • VPN dalam mode aktif juga menjadi penyebab akses WhatsApp Web di HP sulit. Sebelum membuka WhatsApp Web, silakan menonaktifkannya.

Sederet Fitur WhatsApp Aplikasi yang Unik dan Masih Tersembunyi

Software perpesanan dengan logo aplikasi berwarna hijau ini menawarkan berbagai fitur keren untuk para pengguna. Hanya saja, seolah tersembunyi, sehingga pengguna belum memaksimalkan pemakaiannya.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah:

Adanya fitur komunitas atau grup yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan grup, sehingga saling terkait pada satu tempat. Fitur ini juga mudah diakses. Dengan fitur ini, informasi penting atau pengumuman bisa menjangkau seluruh anggota.

Bila ingin ketikan teks berbeda, manfaatkan fitur modifikasi teks. Fitur ini berupa membuat tulisan miring (Italic), menebalkan tulisan (bold), dan underline.

Terkadang, pengguna WhatsApp kebablasan menghapus riwayat pesan. Padahal, beberapa merupakan informasi penting. Dalam hal ini hadir fitur menandai pesan penting dengan bantuan ikon bintang.

WhatsApp Web memiliki fitur terbaru yang berguna untuk mengedit pesan yang sebelumnya telah terkirim. Tinggal pilih menu Edit setelah menahan pesan yang hendak diedit, kemudian mengirimkan kembali.

Mengetahui kontak yang paling sering Anda hubungi semakin mudah dengan memanfaatkan Pengaturan WhatsApp. Cukup dengan cara membuka Pengaturan, lalu mengklik opsi Storage Usage setelah memilih menu Data and Storage Use.

Kini sudah tahu, bukan bagaimana akses WhatsApp Web di HP Android dan iPhone? Segera terapkan kemudian menggunakannya lengkap dengan memanfaatkan fitur-fitur keren yang telah tersedia.

Apakah Anda juga tahu bagaimana cara internetan tanpa batas tetapi irit tetap hemat? Bagi pengguna XL PRIORITAS, hal ini mudah banget. Tinggal temukan berbagai layanan paket internet di XL PRIORITAS.

Bagi yang belum berlangganan, segera berlangganan paket internet XL PRIORITAS sekarang juga! 

Pilihan Paket Internet di XL PRIORITAS

Ada berbagai pilihan paket internet XL PRIORITAS yang ramah di kantong. Setiap paket internet menawarkan keunggulan yang berbeda.

Paling laris ada Paket Internet PRIORITAS Gold. Dengan Rp 100.000, Anda akan mendapatkan unlimited kuota data 60 GB setiap bulan.

Bila memilih paket PRIORITAS Gold sekarang, ada promo Vidio Platinum selama 30 hari. Khusus pengguna eSIM, berkesempatan mendapatkan kuota 10 GB setiap bulan selama 6 bulan berturut-turut.

Adapun Paket Internet yang lain adalah Paket PRIORITAS Silver, PRIORITAS Platinum, PRIORITAS Diamond, dan PRIORITAS Ultima. 

Untuk PRIORITAS Silver, hanya Rp 70.000 per bulan dan Anda akan mendapatkan 30 GB paket internet. Pilihan PRIORITAS Platinum seharga Rp 135.000 per bulan dan Anda akan mendapatkan 100 GB unlimited kuota data. Lalu untuk PRIORITAS Diamond seharga Rp180.000 per bulan, Anda akan mendapatkan unlimited kuota data sebesar 150 GB. Paling besar ada PRIORITAS Ultima seharga Rp 300.000 per bulan. Paket internet ini memberikan unlimited kuota data hingga 300 GB.

Mengakses WhatsApp Web di HP android dan iPhone memang mudah. Namun, tidak boleh menyalahgunakan kemudahan tersebut. Tetaplah menjadi penikmat teknologi yang sadar etika.