Core

Laptop gaming terbaik banyak pilihannya di pasaran. Bermain game tentu membutuhkan laptop yang mempunyai layar lebih lebar serta spesifikasi mumpuni. Biasanya laptop untuk bermain game sendiri telah dibuat secara khusus serta sudah dibekali dengan hardware terbaik.

Pada umumnya juga laptop gaming mempunyai desain yang gahar, bodi yang kokoh, serta mempunyai warna ornamen-ornamen game yang begitu kental. Ciri khas lain dari laptop gaming biasanya mempunyai harga yang terbilang lebih mahal. Penasaran apa saja yang termasuk laptop gaming, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Sekarang ini banyak sekali merk laptop yang eksis hadir dengan perangkat gaming. Antara lainnya seperti ASUS, Lenovo, Acer, MSI, sampai HP. Hal menariknya, setiap laptop mempunyai series tersendiri.

Contohnya saja ASUS mempunyai seri ROG series, Acer memiliki seri Predator, Lenovo mempunyai seri Legion Series, MSI, dan HP mengunggulkan series mengunggulkan seri OMEN.

Apabila Anda sedang mencari laptop gaming terbaik, berikut ini rekomendasi laptop dari merek-merek terkenal dengan prosesor kencang, grafis tinggi, RAM besar, sampai refresh rate tinggi. Adapun pilihannya sebagai berikut.

Acer Nitro V 15

Untuk rekomendasi yang pertama besutan dari laptop Acer. Seri Acer Nitro V 15 atau ANV15-51 memberikan perpaduan yang mengesankan antara harga terjangkau serta performa yang mumpuni. Ini menjadi salah satu pilihan terbaik yang termasuk dalam kategori laptop gaming.

Hadir dengan spesifikasi yang kuat, laptop ini juga menawarkan pengalaman bermain game yang memuaskan tanpa harus menguras habis tabungan. Dapur pacunya menggunakan prosesor 13th Gen Intel®  Core i5 13420H, sehingga mampu memberikan kinerja yang impresif. Cocok untuk digunakan untuk bermain game maupun untuk mengerjakan tugas-tugas produktif seperti editing.

Terlebih lagi adanya kartu grafis NVIDIA® GeForce® RTXTM 4050 sampai Maximum Graphics Performance atau MGP 75W tertinggi yang berada di kelasnya. Untuk itu laptop ini menjamin pengalaman bermain game yang begitu lancar serta responsif.

Dapur pacu tersebut dipadukan dengan penyimpanan yang telah mempunyai kapasitas besar yaitu 512GB PCIe Gen 4 NVMe SSD. Memungkinkan akses cepat serta efisiensi pada data dan game. Tidak hanya itu saja, terdapat penyimpanan RAM sebesar 8 GB DDR5 yang bisa mendukung 2 channel memory serta memberikan performa multitasking yang begitu lancar.

Untuk operasi sistem pada laptop ini telah menggunakan Windows 11 yang modern serta responsif. Terdapat pula Office Home dan Student 2021 yang mampu membantu dalam meningkatkan produktivitas kegiatan sehari-hari.

Mempunyai desain modern sehingga laptop terlihat keren, Acer Nitro V 15 juga menawarkan perangkat lengkap untuk gamer yang mencari laptop gaming terbaik harga yang terjangkau. 

ASUS ROG Strix G15

Laptop gaming terbaik berikutnya besutan dari ASUS. Pasalnya ASUS juga mengeluarkan seri untuk gamer. Seri ROG Strix G15 keluaran ASUS ini menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 7 6800H Mobile dengan 8-core/16-thread serta kecepatan sampai 4.7 GHz. Untuk itu, performa dari laptop ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pada tampilan visualnya sangat memukau sehingga pengguna bisa menikmati menggunakan layar 15,6 inci FHD dengan resolusi 1920 x 1080 serta refresh ratenya mencapai 144hz. Terdapat teknologi IPS-level, membuat laptop ini memberikan kriteria gambar yang sangat luar biasa. Sedangkan tingkat kecerahannya mencapai 250nits serta sRGB 62.5% memastikan pengalaman visual yang sangat optimal.

Laptop ini juga dipadukan dengan penyimpanan RAM 16 GB DDR5-4800 SO-DIMM yang bisa diperbarui mencapai 32 GB. Penyimpanan yang cepat serta responsif disuguhkan oleh SSD 512 GBM.2 NVMe™ PCIe® 4.0. Tentunya memungkinkan pengguna mampu menyimpan serta mengakses data secara cepat.

Lebih dari itu, ASUS ROG Strix G15 memakai NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 laptop GPU. Dilengkapi pula dengan adanya 4 GDDR6 serta fitur ROG Boost mencapai 1550 MHz. Tentunya pengguna bisa merekam misalkan kepuasan bermain game tanpa kompromi.

Bagian keyboardnya menggunakan Chiclet dengan 4-Zone RGB backlight sehingga memberikan nuansa gaming yang lebih seru serta penuh dengan gaya. Untuk mendapatkan laptop seri ASUS ini bisa dibeli melalui online maupun offline dengan rate harga sekitar belasan juta rupiah.

MSI GS 65 Stealth

Laptop gaming terbaik berikutnya keluaran dari MSI. Pasalnya laptop ini adalah salah satu laptop yang menjadi andalan dari MSI, yang mana bisa memanjakan para gamer. Produk laptop gaming MSI terbaru ini hadir menggunakan prosesor yang kuat dengan kartu grafis yang handal.

Bagian dari GS Stealth adalah lini produk terbaik dengan performa gahar dengan fitur yang lengkap. Performanya menggunakan dapur pacu processor Core i7 generasi ke-9 dengan dukungan kartu grafis GeForce RTX 2080 dengan desain Max-Q.

Beralih ke bagian layarnya, mempunyai ukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080p yang mempunyai refresh rate mencapai 40 Hz. Adapun hal menarik lainnya yakni memakai bezell yang cukup tipis, sehingga memberikan tampilan yang cukup luas.

Untuk memorinya memakai SSD berkapasitas 1 TB NVMe PCle Gen3 x 4. Tentunya membuat penyimpanan game tidak akan terganggu. Bermain game akan semakin asyik dengan adanya audio Sound by Dynaudio serta ESS SABRE HiFi audio DAC technology dan Nahimic 3 Audio Enhancer.

Pembelian laptop ini bisa melalui online maupun offline dengan harga sekitar 40 jutaan. Harga yang cukup menguras kantong, namun sebanding dengan apa yang ada di dalamnya.

OMEN 15

OMEN 15 juga menjadi laptop gaming terbaik keluaran dari HP. Pasalnya laptop ini dapat dikatakan baik karena telah memadukan teknologi thermal inovatif, performa mumpuni, serta visual game yang terlihat nyata.

Bahkan laptop seri ini memakai sasis yang telah didesain ulang dalam bentuk lebih ringkas dari generasi sebelumnya serta logo OMEN baru yang berwarna gradien biru kehijauan.

Bagian dapur pacunya telah menggunakan prosesor 10th Gen Intel Core i7 H-series 5 atau sering disebut juga dengan CPU AMD. Terdapat pula AMD Ryzen 7 H-series 6, sekaligus dipadukan dengan penyimpanan RAM mencapai 32 GB DDR47 yang dapat di upgrade untuk level profesional.

Bagian grafik nya juga semakin memukau dengan adanya NVIDIA GeForce RTX 260 sebagai kartu grafis. Laptop gaming ini juga menawarkan berbagai macam pilihan penyimpanan, salah satunya mencapai 1 TB PCle SSD atau dual PCle SSD 8 yang mampu mendukung RAID 09 load secara lebih cepat.

Layarnya berukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD serta didukung dengan refresh rate 144Hz bersama teknologi NVIDIA G-SYNC. Fitur canggih lainnya yaitu Tempest Cooling Technology sebagai sistem pendingin untuk memastikan semua tetap terjaga dingin dengan bukaan udara lebih besar serta kipas 12 f13 yang memakai ventilasi tiga sisi guna menciptakan alat udara dari 5 arah.

Untuk pembelian laptop gaming terbaik ini harganya sendiri sekitar 20 jutaan. Tentunya harga sebanding dengan kualitas yang diberikan oleh laptop.

Bermain Game Menggunakan Jaringan yang Stabil

Tidak hanya didukung oleh spesifikasi laptop yang mumpuni, bermain game juga harus disertai dengan menggunakan jaringan yang stabil. Dalam hal ini terdapat berbagai macam pilihan paket yang bisa pengguna gunakan untuk bermain game. Salah satunya paket internet XL PRIORITAS.Ketika menggunakan paket internet XL PRIORITAS, pengguna tidak perlu lagi memikirkan paket internet setiap harinya. Untuk itu, bermain game akan semakin lengkap dengan menggunakan dukungan dari jaringan serta paket internet XL PRIORITAS.