Core

Menabung emas menjadi salah satu pilihan yang paling aman dibandingkan dengan tipe tabungan lain sebagai bentuk investasi jangka panjang. Alasannya adalah menabung emas lebih rendah resiko yang harus dijalani dan harga emas juga lebih stabil dibandingkan dengan harga saham. Anda berminat untuk menabung emas? Jangan lupa untuk cek cara menabung emas lengkap di bawah ini!

Buat Tujuannya Terlebih Dahulu 

Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai semuanya adalah dengan menentukan tujuan mengapa Anda harus melakukan investasi tabungan emas? Untuk apa tabungan investasi emas ini nantinya? Jika Anda belum bisa menjawab beberapa pertanyaan ini tentu saja dipastikan ke depannya akan bingung karena motivasi yang kurang dan alasan yang tidak jelas. 

Sama halnya dengan menabung atau investasi lainnya, menabung emas juga membutuhkan konsistensi dan berkelanjutan untuk bisa mendapatkan tabungan yang berbuah hasil. Tentu saja menabung emas tidak bisa hanya sekedar ikut-ikutan atau fomo dengan trend yang sedang ada. Anda harus punya pendirian dan tujuan hidup mengenai tabungan emas yang akan dilakukan. 

Sebagian besar tabungan emas digunakan untuk tabungan jangka panjang seperti halnya biaya umroh, biaya tabungan haji, biaya pendidikan anak dan juga biaya pensiun di hari tua. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan sekiranya sampai kapan tabungan itu akan dilakukan dan kapan akan diambil sesuai batas waktu yang telah diperkirakan sebelumnya. 

Pahami dan Pantau Harga Perkembangan Emas 

Cara kedua setelah mendapatkan tujuan yang jelas sambil berjalan Anda harus memahami perkembangan harga emas dan juga beberapa strategi khusus mengenai penjualan emas yang bisa memberikan keuntungan cukup banyak. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah sangat banyak situs di internet yang bisa mempermudah Anda untuk mencari tahu harga emas terbaru. 

Memang benar, emas merupakan salah satu alat investasi yang harganya lebih stabil namun ada kalanya emas akan naik sangat tinggi harganya. Tentu saja di saat-saat inilah Anda bisa langsung menjual emasnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Hanya saja investasi emas ini memang kurang bisa terasa keuntungannya untuk jangka pendek. 

Anda baru bisa merasakan keuntungannya jika sudah menginjak tahun ke-5 sampai dengan tahun ke-10 mendatang. Meskipun begitu jangan khawatir karena emas tetap menjadi produk investasi yang membuat penggunanya lebih nyaman terlebih jika memang jangka yang dibutuhkan masih lama. 

Pilih Tempat Investasi Terpercaya 

Cara ketiganya adalah tentu saja Anda harus menentukan di mana nantinya harus melakukan investasi emas. Pastikan tempatnya sudah terjamin keamanan dan legalitasnya agar Anda tidak tertipu dan justru akan merugi nantinya. Anda bisa langsung melakukan pembelian emas di tempat tertentu maupun memanfaatkan aplikasi investasi emas yang juga terjamin keamanannya. 

Emas yang digunakan untuk investasi jenisnya adalah emas batangan biasanya untuk pembeliannya Anda akan mendapatkan surat-surat penting. Sehingga nantinya dalam proses penjualan emasnya kembali tidak akan kesulitan. Jika berminat untuk membeli langsung emasnya Anda bisa membelinya di toko resmi baik dengan mendatangi tempat tokonya maupun membeli secara online. 

Langkah kedua yang bisa menjadi pilihan untuk membeli emas sekaligus menyimpannya adalah dengan memanfaatkan aplikasi investasi emas tentunya sudah harus masuk dalam pengawasan OJK. Saat ini sudah ada banyak pilihan aplikasi yang aman untuk digunakan nantinya emas akan disimpan dalam saldo rupiah, kartu emas maupun bentuk lain sesuai dengan kesepakatan yang diinginkan. 

Pahami Tempat Penyimpanan Emas 

Anda harus tahu kalau emas merupakan barang berharga dan harus disimpan dengan benar untuk mendapatkan keamanan lebih bagus mengingat emas yang terjaga harganya juga akan tetap baik di pasaran nantinya. Emas secara umum ada yang menyediakan dalam bentuk batangan langsung atau kartu sesuai dengan peminatnya. 

Baik dalam bentuk kartu maupun langsung berupa emas batangan Anda perlu membeli brankas atau kotak penyimpanan yang memang digunakan untuk menyimpan harta benda. Anda bisa menyimpan sendiri emas ini di rumah atau menitipkan penyimpanannya ke bank. Hanya saja ketika menitipkannya ke bank Anda akan mendapatkan biaya keamanan yang wajib dibayarkan setiap bulan atau tahunnya. 

Jangan Simpan di Lemari atau Tempat Sembarangan 

Kebanyakan orang menganggap investasi emas batangan sama halnya dengan membeli emas yang digunakan sebagai perhiasan. Padahal dua jenis emas ini jelas berbeda, jika Anda memang mengoleksi perhiasan emas maka tidak akan masalah jika menyimpannya di lemari namun jangan pernah menyimpan emas batangan secara langsung di lemari karena bahaya. 

Alasan pertamanya, lemari adalah tempat yang dituju pertama kali ketika terjadi perampokan atau diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Alasan keduanya, lemari kurang memiliki tingkat keamanan cukup baik untuk menjaga warna emas agar tetap bagus. Alasan ketiganya, lemari membuat penyimpanan emas menjadi kurang efisien karena dicampur dengan barang lainnya. 

Tips terbaik untuk penyimpanan emas ini adalah dengan menyimpannya di tempat rahasia dan hanya Anda yang tahu mengenai tempatnya. Cara ini akan membuat pengamanan emasnya menjadi lebih maksimal dibandingkan dengan memanfaatkan lemari pakaian. Jika Anda memang sudah niat untuk menabung emas lebih baik siapkan juga tempat yang layak sebagai penyimpanannya. 

Coba Menabung Emas Digital 

Kedengarannya kalau langsung membeli emas digital pasti membutuhkan biaya modal yang sangat besar jadi yang berpenghasilan kecil kurang bisa menjangkaunya. Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya investasi emas ini bisa dilakukan untuk semua skala asalkan memang memiliki prioritas yang jelas nantinya. 

Anda bisa membeli emas bentuk kartu untuk pemula karena biasanya emas ini memiliki ukuran lebih kecil dan pas di kantong ketika dibeli maupun dijual kembali. Selain alternatif membeli emas bentuk kartu Anda juga bisa mencoba menabung emas digital. Keuntungan menabung emas digital adalah Anda tidak perlu repot dengan penyimpanan emas mandiri. 

Prosesnya sama dengan menabung uang online hanya saja nanti saldo dan harganya akan dikonversikan sesuai dengan harga emas yang paling baru. Anda juga lebih tenang karena semua prosesnya cukup dilakukan secara online. Namun tetap saja harus bisa menemukan aplikasi yang memang sudah terjamin aman untuk menabung emas. 

Konsisten 

Kunci dari segala jenis investasi termasuk emas adalah konsisten. Percuma Anda menggebu-gebu di awal saja namun tidak ada berkelanjutannya. Kunci untuk bisa mencapai tujuan adalah dengan konsisten membeli emas dalam jumlah kecil namun tidak berhenti. Anda bisa mencoba rutin membeli emas sekitar Rp200 ribuan atau bahkan di bawahnya juga tidak masalah untuk setiap bulannya. 

Cek Informasi Harga Emas Lebih Lancar dengan PRIO Booster di XL PRIORITAS

Untuk mendukung tabungan emas Anda tentunya membutuhkan paket internet kencang agar selalu update harga emas setiap harinya. Anda bisa langsung membeli paket PRIO Booster di XL PRIORITAS dengan harga yang murah. Paketnya bisa diaktifkan baik harian maupun bulanan dengan harga mulai dari Rp7 ribuan saja untuk 4GB. Cek dan beli paketnya sekarang juga!