Core

Mau punya tabungan artinya kita harus cari pekerjaan yang penghasilannya tinggi dulu? Memang lebih ideal kalau kita bisa punya pekerjaan yang lebih baik, tapi punya tabungan bukan berarti hanya bisa dilakukan oleh yang punya gaji besar saja. Cara mengelola keuangan penting dilakukan, berapa pun nominal gaji kita. 

Lalu bagaimana caranya supaya bisa punya tabungan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa punya tabungan dan bisa mencapai gol yang masa depan dengan kehidupan finansial yang lebih baik:

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Punya Tabungan

Mengelola keuangan itu termasuk merencanakan budget, jumlah tabungan, pengeluaran dan rencana investasi. Kalau gaji masih terbatas, bagaimana caranya agar bisa punya tabungan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Budgeting

Budgeting terkesan rumit bagi sebagian orang, terutama kalau yang tidak terlalu suka berurusan dengan angka, padahal sebenarnya tidak serumit itu. Selain itu, budgeting penting supaya kita tahu mana pengeluaran yang penting dan mana yang tidak, sehingga pengeluaran selama setidaknya sebulan ke depan bisa terencana lebih baik. 

Dalam perencanaan budget, ini dia hal yang harus dimasukkan:

  • Pendapatan Bulanan

Catat berapa pendapatan Anda, misalnya dari gaji, hasil berjualan, hasil investasi, kerja sampingan, bonus dan lain sebagainya. Jumlahkan semuanya.

  • Pengeluaran Bulanan

Tiap bulan pasti ada pengeluaran yang pasti, seperti membayar tagihan, membayar hutang (jika ada), biaya makan, membeli kebutuhan rumah tangga dan lain-lain yang jumlahnya kurang-lebih sama. Catat hanya kewajiban dan kebutuhan Anda saja dan jumlahkan. 

  • Selisih Pendapatan dan Pengeluaran

Kurangi pendapatan dengan pengeluaran. Jika masih ada selisih, maka saatnya mengatur selisih tersebut digunakan untuk apa. Anda bisa mengevaluasi, apakah ada pengeluaran yang bisa ditekan agar bisa ditabung. Selanjutnya, sebulan ke depan Anda jadi tahu berapa nominal untuk ditabung dan untuk kebutuhan lainnya. Lanjutkan setiap bulannya, mungkin saja nominal yang ditabung bisa meningkat.

2. Melunasi Hutang

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang kian meningkat, maka banyak orang mulai berhutang. Ini wajar saja, selama hutang ditujukan untuk kebutuhan yang memang penting. Selain itu, pastikan jumlah cicilan per bulannya masih sesuai dengan kemampuan Anda. 

Tiap bulan begitu menerima gaji, sebaiknya gunakan untuk membayar kewajiban terlebih dahulu, termasuk hutang dan tagihan-tagihan. Hutang yang cepat dibayarkan akan cepat lunas dan tidak terkena denda. Kalau ditunda-tunda, maka justru akan menjadi beban. Apalagi kalau sampai kena denda, maka jumlah hutang jadi bertambah. Kalau hutang lunas, akan lebih mudah bagi Anda untuk menabung. 

3. Menabung untuk Dana Darurat

Tabungan untuk dana darurat sangat penting untuk mengatasi hal-hal yang mungkin terjadi secara tiba-tiba. Kejadian seperti kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya tidak pernah kita rencanakan tapi bukan tidak mungkin terjadi. Kalau sudah ada tabungan khusus dana darurat, maka tidak akan mengganggu dana untuk membayar kewajiban dan kebutuhan atau terpaksa menggunakan tabungan untuk kebutuhan lainnya. 

Tabungan dana darurat tidak harus dalam jumlah besar. Mulailah dari nominal yang kecil saja dulu. Anda bisa meningkatkan nominalnya seiring dengan berjalannya waktu. Tak terasa, tabungan yang dari sedikit-sedikit ini akan bertambah dan Anda sudah punya tabungan untuk satu kebutuhan. 

4. Menabung untuk Dana Pensiun

Tak dapat dipungkiri, banyak orang yang kesulitan secara finansial di hari tua karena mereka tidak memiliki tabungan dana pensiun. Biasanya ini disebabkan karena terlalu terlena dan menganggap masa pensiun masih lama, akhirnya jadi menunda-nunda menabung. Sangat disarankan untuk tetap menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk tabungan dana pensiun. 

Akan lebih baik kalau kebiasaan menabung dana pensiun ini dijadikan kebiasaan sejak awal bekerja. Begitu punya penghasilan sendiri, bukalah akun baru yang khusus untuk dana hari tua. Sebisa mungkin, akun ini jangan sampai diutak-atik. Kalau kebiasaan ini ditanamkan sejak awal, maka tidak akan sulit untuk menyisihkan penghasilan untuk tabungan. 

5. Pertimbangkan untuk Mulai Berinvestasi

Saat ini investasi bukan berarti harus dalam jumlah besar. Investasi bahkan bisa dimulai dari Rp 10.000 saja dengan cara yang makin mudah. Salah satu jenis investasi yang paling aman dan mudah adalah investasi emas online. Dengan berinvestasi, Anda jadi punya aset yang bisa berkembang atau setidaknya tersimpan dengan baik, tidak dihabiskan untuk hal-hal lain yang kurang penting. 

Investasi semacam ini juga bisa ditarik kapan saja. Begitu nilainya sudah bertambah, Anda bisa menariknya kembali untuk ditabung atau kebutuhan lainnya. Yang pasti, uang yang diinvestasikan dengan cara yang tepat akan lebih menghasilkan daripada disimpan begitu saja. 

6. Cek Langganan Anda

Jaman sekarang kita mungkin bisa berlangganan untuk banyak layanan, biasanya yang berhubungan dengan streaming, alat transportasi online dan lain sebagainya. Cek kembali, apakah semua langganan itu memang Anda butuhkan dan gunakan setiap hari atau tidak? Kalau ada servis yang tidak digunakan, sebaiknya hentikan langganan tersebut. 

Langganan semacam ini kelihatannya ringan, padahal kalau dikumpulkan sebenarnya jumlahnya cukup besar. Apalagi kalau layanan itu tidak dipakai, tentu akan buang-buang uang saja. Daripada tidak terpakai, lebih baik tentu ditabung saja. 

7. Hindari Berhutang untuk Hal yang Tidak Perlu

Berhutang untuk membeli rumah dan kendaraan memang perlu, atau untuk hal-hal yang menghasilkan. Misalnya fotografer membeli kamera mahal atau editor membeli laptop mahal. Berhutang untuk sesuatu yang penting itu tidak apa-apa. Tapi hindari berhutang untuk sesuatu yang tidak penting. Ini akan menambah beban setiap bulan dan menyebabkan Anda sulit menabung. 

Yuk, Lebih Hemat dengan Paket Internet dari XL PRIORITAS

Bagi banyak orang, internet adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari. Internet digunakan untuk belajar, bekerja, belanja, memesan alat transportasi, hiburan dan komunikasi. Mau lebih hemat dalam berinternet tapi tetap baik kualitas jaringannya? Anda bisa pakai PRIO Booster dari XL PRIORITAS. Paketnya baru dengan harga yang lebih hemat!

Anda bisa pilih PRIO Booster Kuota Harian dan Kuota Bulanan. Untuk Kuota Harian, pilihannya adalah:

KuotaHarga
2 GBRp 7.000 / 3 hari
2 GBRp 10.000 / 5 hari

Sementara PRIO Booster Kuota Bulanan pilihannya adalah:

Kuota1x BeliLangganan per Bulan
4 GBRp 30.000Rp 20.000
7 GBRp 35.000Rp 30.000
10 GBRp 40.000Rp 35.000
15 GBRp 50.000Rp 45.000
20 GBRp 60.000Rp 55.000
30 GBRp 75.000Rp 70.000
35 GBRp 100.000Rp 95.000
75 GBRp 200.000Rp 195.000

Pilihan paketnya beragam, kuotanya besar dan koneksinya lancar pula. Dengan harga terjangkau, beli paket PRIO Booster merupakan salah satu cara mengelola keuangan untuk kebutuhan internet. Langsung saja dapatkan paketnya di aplikasi MyXL!