Core

Mengatur uang terasa tidak mungkin dan sangat sulit? Mungkin karena Anda belum pernah mencobanya selangkah demi selangkah. Padahal kalau dicoba pelan-pelan, maka kita bisa menguasai cara mengatur uang yang baik. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini supaya uang tak mudah habis dan bisa menabung, bahkan punya investasi!

Tips Mengatur Uang yang Baik

Secara umum ada 3 tahap untuk mengatur uang yang baik, yaitu membuat perencanaan, mengeluarkan uang dengan lebih pintar dan menabung untuk masa depan. Supaya lebih jelas, ini dia penjelasan ketiga langkah tersebut:

1. Buat Rencana Pengeluaran ke Depan

Anda bisa membuat perencanaan pengeluaran per bulan. Caranya adalah:

  • Catat Penghasilan Bulanan

Penghasilan tiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya mendapat dari satu sumber saja, tapi mungkin ada yang dapat dari beberapa sumber. Misalnya dari gaji, hasil investasi, pekerjaan tambahan, bonus, dan lain sebagainya. Catat semuanya, tapi pastikan catat jumlah penghasilan yang pasti saja tiap bulannya. 

  • Lacak Pengeluaran Bulanan

Catat apa saja pengeluaran kita yang pasti setiap bulan. Misalnya mulai dari membayar hutang, membayar tagihan, belanja kebutuhan rumah tangga, biaya transportasi, dan lain sebagainya. Catat semua jenis pengeluaran, sampai ke pengeluaran untuk hiburan. 

  • Bagi-bagi Pengeluaran

Setelah itu, bagi-bagi jenis pengeluaran Anda menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Pengeluaran Tetap: ini adalah pengeluaran yang tidak berubah dari bulan ke bulan. Misalnya cicilan rumah, biaya kontrak rumah, cicilan kendaraan, dan semacamnya.
  • Pengeluaran Esensial: merupakan pengeluaran yang dibutuhkan dan penting seperti makanan, transportasi dan kebutuhan rumah tangga. Termasuk segala kebutuhan hidup yang jumlahnya mungkin berganti-ganti setiap bulan.
  • Pengeluaran Non Esensial: ini adalah pengeluaran lainnya yang biasanya bersifat hiburan. Misalnya tiket menonton film, tiket konser, pergi keluar dengan teman, belanja untuk hobi dan masih banyak lagi. 

Lakukan langkah-langkah di atas setiap bulan secara konsisten. Dari sini Anda bisa memantau seperti apa kebiasaan Anda dalam menghabiskan uang. Dari semua pengeluaran di atas, apakah ada sisanya? Dari mencatat pendapatan dan pengeluaran ini, kita bisa menganalisis dan memperbaiki kebiasaan agar ke depannya bisa mengelola uang dengan baik. 

2. Keluarkan Uang dengan Pintar

Mengeluarkan uang dengan pintar bukan berarti tidak bisa bersenang-senang sama sekali, tapi atur dengan baik agar uang tidak habis begitu saja. Kalau uang sudah terkumpul dari tabungan maupun investasi, kita juga yang akan menikmatinya. Berikut ini cara mengeluarkan uang lebih pintar:

  • Buat Budget Personal dan Patuhi

Kalau kita sudah tahu seberapa sisa uang yang setelah digunakan untuk membayar berbagai kewajiban dan kebutuhan, maka usahakan jangan sampai menghabiskan uang lebih dari penghasilan. Ini dia beberapa hal yang penting dipertimbangkan sebelum belanja:

  • Keluarkan uang untuk hal yang lebih penting
  • Apa hal-hal yang bisa dikurangi dari pengeluaran kita; misalnya hal-hal yang ternyata dampaknya tidak terlalu besar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya langganan TV kabel yang jarang ditonton, minum kopi di kafe mahal setiap hari, dan masih banyak lagi.
  • Tahu Tujuan Saat Belanja

Hindari impulsive buying atau membeli sesuatu dengan tiba-tiba, tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Apalagi kalau produk tersebut harganya cukup tinggi. Banyak orang punya kecenderungan melakukan impulsive buying

Kalau Anda termasuk salah satunya, pastikan selalu tanya pada diri sendiri “Apakah barang ini sangat penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari?” dan “Apakah barang ini akan dipakai dalam jangka waktu panjang?” Kalau jawaban keduanya tidak, maka sebaiknya tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak benar-benar perlu. 

  • Hindari Berhutang

Adanya kartu kredit dan layanan paylater memang seolah mempermudah kita dalam berbelanja. Tapi perlu disadari bahwa menggunakan jasa keduanya artinya Anda menambah hutang. Untuk barang dan layanan yang memang sangat dibutuhkan, berhutang itu tidak apa-apa. Tapi sebaiknya hindari berhutang untuk keperluan yang tidak esensial. 

  • Riset Dulu Sebelum Membeli Barang Mahal

Sesekali pasti setiap orang membutuhkan beli sesuatu yang harganya cukup tinggi. Misalnya beli laptop, mobil, keperluan rumah tangga, hingga rumah. Selama dibutuhkan atau untuk sesuatu yang bisa menghasilkan dan digunakan untuk bekerja, membeli barang mahal itu sah-sah saja. Hanya saja, lakukan riset dulu sebelum membeli barang yang mahal. 

Ini dia beberapa langkah riset yang penting dilakukan agar tidak salah pilih:

  • Cek harga barang yang sama di 2 – 3 vendor berbeda untuk mengetahui rata-rata harganya
  • Cek reputasi vendor, mana yang paling terpercaya, mana yang review dari konsumennya paling positif, dan lain sebagainya
  • Beli Barang dalam Ukuran Besar

Sering kali, produk yang ukurannya besar harganya lebih hemat. Jadi pertimbangkan saat belanja bulanan, beli produk yang tahan lama dalam ukuran besar. Misalnya sabun, sampo, alat kebersihan dan lain-lain yang pasti digunakan dan tahan lama. 

Sedangkan untuk makanan yang bisa dibeli dalam skala besar adalah makanan kering. Pastikan makanan itu sering digunakan, jadi tidak akan buruk kualitasnya karena terlalu lama ada di penyimpanan. 

3. Menabung untuk Masa Depan

Punya tabungan itu penting dan selalu ditanamkan sejak kita kecil. Nyatanya, memiliki tabungan ternyata tidak semudah itu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa punya tabungan, berapa pun jumlah yang bisa dikeluarkan dari penghasilan bulanan:

  • Usahakan punya tabungan yang jumlahnya sebesar 3 – 6 bulan pengeluaran bulanan, ini adalah jaring pengaman untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga.
  • Tulis tujuan menabung dan tempel di tempat yang selalu terlihat, supaya selalu ingat untuk menabung dan mencapai tujuan.
  • Sisihkan uang untuk menabung, langsung setelah dapat gaji. Jadi selain langsung membayar hutang dan tagihan, keluarkan juga untuk menabung. 

Lebih Pintar Memilih Paket Internet Hemat dengan XL PRIORITAS

Salah satu cara mengatur keuangan dengan baik adalah dengan memilih paket internet yang terjangkau tapi koneksinya lancar. XL PRIORITAS hadir dengan PRIO Booster yang menyediakan Kuota Harian dan Kuota Bulanan. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan internet sehari-hari. 

Berikut ini adalah pilihan paket untuk Kuota Harian:

KuotaHarga
2 GBRp 7.000 / 3 hari
2 GBRp 10.000 / 5 hari

Sedangkan PRIO Booster Kuota Bulanan pilihannya adalah:

Kuota1x BeliLangganan per Bulan
4 GBRp 30.000Rp 20.000
7 GBRp 35.000Rp 30.000
10 GBRp 40.000Rp 35.000
15 GBRp 50.000Rp 45.000
20 GBRp 60.000Rp 55.000
30 GBRp 75.000Rp 70.000
35 GBRp 100.000Rp 95.000
75 GBRp 200.000Rp 195.000

Variannya beragam, kuotanya besar dan harganya hemat pula. Jadi tak perlu berlama-lama lagi, segera dapatkan paket PRIO Booster di aplikasi MyXL dan nikmati koneksi internet yang lancar dan stabil sekarang juga!