Core

Anda pernah merasa seberapa besar pun usaha Anda, meski sudah naik gaji beberapa kali, tapi tetap saja sulit menabung? Anda sudah berusaha mengurangi pengeluaran, tapi selalu ada saja kebutuhan mendadak. Apakah harus punya penghasilan yang luar biasa banyak dulu baru bisa menabung? 

Nyatanya tidak. Dalam hidup pasti selalu ada saja kebutuhan dan hal-hal yang tak terduga, tapi bukan berarti kita tidak bisa menabung. Justru kalau selalu menunggu “waktu yang tepat” untuk menabung, waktu itu tidak akan pernah datang. Tips menabung yang terbaik adalah mulai dari sekarang! Selain itu, simak beberapa tips lainnya di bawah ini. 

Tips Menabung yang Pasti Berhasil

Kabar baiknya, ada banyak cara yang simpel dan to the point untuk menabung. Kalau Anda bisa disiplin, maka hasilnya akan bisa dirasakan dengan cepat. Tabungan bertambah dan cash flow jadi lebih baik. Berikut ini adalah tips menabung yang bisa Anda ikuti:

1. Selamat Tinggal, Hutang!

Hutang bisa jadi beban yang paling memberatkan Anda setiap bulan. Sebagian penghasilan langsung habis gara-gara membayar hutang! Apakah hutang itu selalu negatif? Tidak juga, kok. Untuk kebutuhan yang benar-benar penting, berhutang itu tidak masalah, asalkan Anda mampu membayar cicilan per bulannya. 

Selain itu, pastikan Anda konsisten dan berkomitmen membayar hutang tepat waktu. Sebisa mungkin, begitu gaji turun, maka langsung sisihkan untuk bayar hutang dan tagihan. Hutang terbayar tepat waktu, tidak terkena denda dan beban tidak terus bertambah. Begitu sudah terbebas dari hutang, jumlah tersebut bisa digunakan untuk menabung. 

2. Perketat Biaya Belanja

Jangan buang nota belanja bulanan atau mingguan Anda. Terkadang, Anda akan terkejut dengan berapa besarnya pengeluaran belanja ini. Coba cek lagi satu-persatu, apakah semua yang dibelanjakan ini memang penting? Terkadang ada produk yang sebenarnya bisa dikurangi jumlahnya atau ditiadakan sama sekali. 

Anda juga bisa mengatur menu mingguan supaya bisa belanja bahan-bahan makanan yang diperlukan saja. Selain berhemat, cara ini juga membuat kita tidak membuang-buang makanan. Kalau masih ada sisa dari uang belanja, bisa masuk ke tabungan. 

3. Berhenti Langganan yang Jarang Digunakan

Anda pernah daftar jadi member sebuah gym karena ingin hidup lebih sehat, tapi ternyata hanya rajin di awal saja? Padahal biaya keanggotaannya berjalan terus dan kalau kita stop, biaya langganan ini bisa masuk ke tabungan. Jadi coba pikirkan lagi, apakah ke depannya keanggotaan gym ini akan dipakai atau tidak? Kalau tidak, sebaiknya berhenti dan gunakan untuk menabung. 

Selain gym, cek juga langganan TV kabel di rumah. Apakah masih ada yang menonton TV kabel dengan channel yang luar biasa banyak? Kalau sudah jarang yang menonton TV, langganan ini bisa dihentikan saja. 

Sama halnya dengan layanan streaming yang makin banyak saja. Apakah setiap hari Anda menonton di semua platform itu? Pilih satu atau dua saja yang memang benar-benar sering Anda gunakan. Tidak perlu berlangganan sampai 5 atau 6 platform streaming, padahal yang ditonton hanya 2, kan?

4. Transfer ke Akun Tabungan Otomatis

Anda sudah tahu kan kalau kita bisa menabung secara otomatis? Yup, Anda bisa mengatur akun bank untuk mentransfer sejumlah uang ke akun tabungan di tanggal-tanggal yang sudah ditentukan. Misalnya tepat di tanggal gajian atau sehari setelahnya. Dengan cara ini, Anda jadi harus menabung dan tidak bisa mengelak. Tapi hasilnya akan dirasakan setelah beberapa lama. 

5. Hindari Lapar Mata

Apakah Anda sering membeli barang karena merasa sangat membutuhkan barang tersebut, lalu begitu sudah sampai di rumah bertanya-tanya kenapa beli barang itu? Inilah yang namanya lapar mata. Banyak orang yang memiliki kecenderungan ini, belanja bukan karena butuh, tapi karena senang dengan perasaan setelah berbelanja dan mengeluarkan uang. 

Ini bukanlah cara berbelanja yang sehat. Selain uang di rekening menipis dan jadi tak punya dana untuk ditabung, kebiasaan belanja seperti ini juga sering berakhir dengan membuang barang yang tak terpakai dengan sia-sia. 

Sebelum belanja, tanyakan lagi beberapa kali pada diri sendiri apakah Anda memang membutuhkan produk tersebut? Untuk barang yang harganya mahal, sebaiknya jangan langsung dibeli. Pulang ke rumah dan tahan diri sampai beberapa hari. Kalau keinginan membeli produk itu sudah hilang, maka itu hanyalah lapar mata dan Anda tidak membutuhkannya.

6. Tunggu Diskon dan Selalu Cek Promo

Ada banyak kebutuhan yang harus dibeli setiap bulan. Ada juga barang-barang yang Anda mau beli untuk memenuhi keinginan. Nah, untuk semua produk ini, cobalah cari apakah ada promo yang bisa dimanfaatkan? Entah itu promo gratis ongkir, cashback, atau bahkan potongan harga. Kalau ada, catat waktu promonya dan belanja di saat-saat promo. 

Khusus untuk barang yang harganya mahal, cek kapan toko tersebut akan mengadakan program diskon. Biasanya ada promo di hari-hari besar. Beberapa toko online juga sering mengadakan promo di tengah bulan atau hari gajian. 

Gunakan Paket Internet Unlimited XL PRIORITAS yang Hemat Agar Bisa Menabung

Mengencangkan ikat pinggang bukan berarti asal memilih produk, terutama untuk yang penting fungsinya seperti paket internet. Gunakan paket internet Unlimited dari XL PRIORITAS yang koneksinya lancar dan harganya terjangkau. 

Berikut ini 5 paket internet unlimited yang bisa Anda pilih dari XL PRIORITAS:

  • PRIORITAS SILVER Rp 70,000

Unlimited Kuota Apps

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

100 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

  • PRIORITAS GOLD Rp 100,000

Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

150 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

VIDIO Platinum 30 hari.

  • PRIORITAS PLATINUM: Rp 135,000

Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

250 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

3 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS DIAMOND: Rp 180,000

Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

350 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

7 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS ULTIMA : Rp. 300.000

Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

Unlimited telepon ke operator lain

Unlimited SMS ke semua operator

30 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Cukup beli satu paket saja tapi fiturnya sangat lengkap. Jadi tak perlu keluar biaya untuk paket telepon dan SMS lagi, lebih hemat pastinya. Segera dapatkan paket internet Unlimited dari XL PRIORITAS di aplikasi MyXL dan nikmati benefit paketnya sekarang juga!