Core

Apa itu roaming data? Sebagian dari Anda mungkin merasa familiar dengan kata ini, tetapi tidak tahu apa arti sebenarnya dari istilah dalam dunia jaringan telekomunikasi ini. Biasanya, istilah ini sering muncul pada saat-saat tertentu, seperti ketika musim liburan, dimana banyak orang yang berlibur ke luar negeri, atau pada saat musim haji.

Selain itu, istilah roaming juga sering ada pada promosi sebuah layanan pada beberapa platform media. Secara pengertian, roaming data merupakan acuan sambungan jaringan internet pada ponsel.

Apa Itu Roaming Data?

Roaming data merupakan sebuah istilah yang biasanya akan sering Anda dengar ketika berlibur ke luar negeri. Roaming bekerja pada saat pengguna ponsel tidak memiliki koneksi dengan jaringan karena berada di luar jangkauan. Misalnya saja ketika pengguna sedang pergi berlibur ke luar negeri namun masih menggunakan jaringan atau paket internet dalam negeri.

Ketika berada dalam keadaan tersebut, maka secara otomatis ponsel akan mencari jaringan lain yang ada pada negara tempat berlibur pengguna.

Perlu Anda ingat, bahwa fitur roaming data ini hanya akan aktif atau bekerja ketika Anda sudah mengaktifkan atau mendaftarkannya sebelum keberangkatan. Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk bisa menggunakan layanan tersebut. Biaya untuk mengaktifkannya juga bervariasi, tergantung pada paket internet yang Anda pilih.

Apa Fungsi Roaming Data Itu?

Setelah mengetahui pengertian dari roaming data dan cara kerjanya, Anda juga harus mengetahui fungsi dari layanan ini dan mengapa Anda harus mengaktifkannya saat ingin bepergian keluar negeri.

Fungsi umum roaming data adalah untuk memungkinkan pengguna layanan internet masih bisa menggunakan ponselnya selama berada di luar negeri seperti biasa. Dengan mengaktifkan layanan roaming data ini pengguna bisa melakukan berbagai hal, seperti:

  • Memperoleh akses memadai ke jaringan internet seperti biasa. Untuk bisa mendapatkan fungsi ini, pastikan Anda memiliki kuota internet yang cukup selama berada di luar negeri.
  • Saling berkirim pesan dengan pengguna ponsel lain, baik dalam maupun luar negeri. Anda bisa bertukar pesan dalam bentuk SMS online maupun aplikasi perpesanan online.
  • Menerima dan melakukan panggilan video maupun audio. Bukan hanya saling bertukar kabar dengan pesan. Dengan layanan ini pengguna bisa menerima dan melakukan panggilan video seperti ketika berada di dalam negeri.
  • Ketika Anda mengaktifkan mode pesawat dalam ponsel, maka panggilan video akan tersimpan dalam bentuk voice mail.
  • Fungsi mengaktifkan fitur ini yang berikutnya adalah memudahkan dan mempersingkat urusan. Sebab, dengan fitur ini Anda tidak perlu mengganti kartu SIM Anda setiap kali transit atau mengunjungi sebuah negara untuk menjalankan berbagai hal. Pergantian SIM biasanya memerlukan langkah-langkah yang cukup ribet sehingga tidak efisien waktu. Selain itu, bisa juga pesan atau log telepon Anda terhapus di ponsel. Atau bisa juga sebagian nomor yang tersimpan dalam kartu SIM sebelumnya pun akan tidak terbaca jika Anda mengganti SIM.
  • Roaming data juga memungkinkan Anda untuk lebih menghemat dalam hal pengeluaran biaya untuk hal yang bahkan tidak perlu. Ketimbang harus membeli SIM setiap kali ingin ke luar negeri dan mengisi pulsa atau menyesuaikan nominal pada jaringan luar negeri, lebih baik Anda membeli saja roaming data seperti paket roaming PRIO PASS dari XL PRIORITAS.

Bagaimana Cara Menggunakan Roaming Data?

Setelah memahami apa itu roaming data, cara kerja dan fungsinya, berikut ini adalah penjelasan seputar cara untuk menggunakan roaming data. Sebenarnya, cara menggunakan fitur roaming data ini terbilang mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan dan membeli paket roaming PRIO PASS XL PRIORITAS. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Pertama, Anda harus membeli paket roaming PRIO PASS terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur layanan roaming data. Tersedia beberapa pilihan paket dengan masa aktif yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian aktifkan paketnya melalui aplikasi MyXL atau melalui *808*747#. Jika sudah, kini saatnya Anda masuk ke tahap penggunaan roaming data. Pada dasarnya penggunaan roaming data ini sangatlah mudah, hampir sama pada saat Anda menggunakan ponsel seperti biasanya. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas multimedia, seperti SMS, internetan, hingga mengakses platform media sosial.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Layanan Roaming?

Jika pembahasan sebelumnya terdapat penjelasan tentang apa itu roaming data, fungsi dan cara menggunakannya, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan layanan roaming data pada perangkat Android maupun iOS. Ya, fitur ini memang bisa digunakan pada perangkat berbasis Android maupun iOS. Tujuannya adalah agar setiap pengguna perangkat pintar bisa merasakan kemudahan dengan fitur ini, terutama saat bepergian ke luar negeri.

Untuk bisa menggunakan layanan roaming data ini Anda harus mengaktifkan fiturnya sesuai dengan masing-masing perangkat yang digunakan. Perangkat Android dan iOS tentunya memiliki langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur roaming data yang berbeda-beda.

Mengaktifkan Roaming Data pada Perangkat Android

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur roaming data untuk para pengguna perangkat berbasis Android:

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting pada perangkat Android
  2. Kemudian, cari dan pilih menu Koneksi kemudian pilih opsi Kartu SIM atau Pengaturan Kartu SIM
  3. Setelah itu, klik menu Roaming Data untuk mengaktifkannya.
  4. Matikan dan mulai kembali ponsel (restart) untuk melanjutkan pengaktifan fitur roaming tersebut
  5. Ketika sudah ponsel sudah aktif kembali, nyalakan atau hubungkan ponsel dengan jaringan internet dan roaming data dan data roaming akan secara otomatis aktif.

Mengaktifkan Roaming Data pada Perangkat iOS

Bagi para pengguna perangkat iOS, berikut langkah-langkah mudah untuk menyalakan fitur roaming data ponsel Anda:

  • Masuk ke menu pengaturan yang pada perangkat iOS, kemudian cari dan pilih menu Data seluler
  • Berikutnya, Pengaturan Data Seluler dan aktifkan Roaming Data

Gunakan Paket Roaming dari XL PRIORITAS Liburan Jadi Semakin Nyaman

Itulah pembahasan seputar apa itu roaming data lengkap dengan cara kerja, fungsi, serta cara menggunakan dan mengaktifkannya. Kesimpulannya, roaming data merupakan sebuah fitur dari perangkat pintar yang memungkinkan penggunanya untuk memperoleh akses jaringan internet meski sedang berada di luar jangkauan, seperti luar negeri. 

Dengan layanan ini pengguna bisa menggunakan ponselnya seperti biasa saat berlibur ke luar negeri. XL PRIORITAS menyediakan paket roaming PRIO PASS yang dapat Anda gunakan dengan mudah selama di luar negeri. 

Berikut ini pilihan paket PRIO PASS dan harganya:

  • PRIO PASS 1 hari: Rp 76.500
  • PRIO PASS 3 hari: Rp 135.500
  • PRIO PASS 7 hari: Rp 247.500
  • PRIO PASS 14 hari: Rp 495.000
  • PRIO PASS 30 hari: Rp 990.000

*harga diatas belum termasuk PPN 11%

Jadi, Anda bisa menggunakan fitur roaming data dengan lebih mudah melalui paket PRIO PASS ini. Segera beli kartu perdana XL PRIORITAS untuk bisa berlangganan paket roaming PRIO PASS.