Core

Jika mengelola keuangan menjadi salah satu sumber kekhawatiran Anda, tenang saja, Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami masalah yang sama. Tidak semua orang bisa mengelola penghasilan mereka dengan baik. Akibatnya penghasilan selalu terasa kurang, meskipun sebenarnya penghasilannya sudah tinggi. 

Merencanakan budget, investasi, menabung, dan pengeluaran adalah bagian dari mengelola keuangan. Jadi bagaimana caranya agar bisa memiliki keuangan yang lebih baik dan mengurangi stres dari sini? Ikuti cara mengelola keuangan yang lebih baik di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mengelola Uang Lebih Baik?

Beberapa tips di bawah ini sangat praktis dan terbukti bisa memperbaiki kondisi keuangan apabila dijalankan dengan baik:

1. Mulai Membuat Rencana Budget Personal

Merencanakan budget adalah tips pertama yang sangat baik untuk membiasakan diri kita dengan keuangan yang lebih sehat. Dengan budgeting, bisa membantu kita untuk menyediakan uang yang cukup untuk hal-hal yang dibutuhkan dan hal-hal yang diinginkan. Tak hanya itu saja, masih ada sisa untuk menabung untuk gol jangka panjang. 

Anda bisa memulai dengan membeli buku khusus budgeting atau gunakan worksheet di laptop dan tablet Anda untuk merencanakan budget. Berikut ini hal-hal umum yang harus masuk dalam budgeting:

  • Penghasilan Bulanan

Ini termasuk penghasilan tetap dari pekerjaan Anda plus sumber lainnya. Misalnya dari bonus, kerja sampingan, dan lain sebagainya.

  • Pengeluaran Bulanan

Termasuk semua pengeluaran yang wajib seperti membayar tagihan, hutang, makanan, transportasi, dan lain sebagainya.

  • Selisih Penghasilan dan Pengeluaran

Apakah masih ada selisih antara penghasilan dan pengeluaran? Kalau masih ada, dari situ kita bisa sisakan untuk tabungan. Kalau masih ada sisa lagi, maka kita bisa memenuhi hal-hal yang diinginkan. Kalau tidak ada sisa, sebaiknya tahan dulu untuk melakukan hal yang diinginkan. Anda bisa menabung dulu dan memenuhinya di bulan selanjutnya. 

2. Selalu Catat Pengeluaran

Baru gajian 1 minggu tapi sudah mengeluh “Uang kok sudah habis, sih?” Tidak sedikit orang yang mengalami hal ini, seolah-olah uang menghilang begitu saja, padahal kita sendiri yang menggunakannya. Nah, untuk menghindari hal ini, disarankan untuk mencatat pengeluaran setiap hari, bahkan hingga yang terkecil sekalipun. 

Dari catatan ini, kita akan tahu kebiasaan apa yang mungkin tidak disadari menghabiskan banyak uang. Kita bisa menilai kembali, mana pengeluaran yang memang perlu dan mana yang bisa dikurangi. Dengan begitu, bulan depannya tidak akan lagi mengeluh uang Anda cepat habis. 

3. Menabung untuk Dana Pensiun

Saat masih baru bekerja, banyak orang yang merasa masa pensiun itu masih sangat lama. Tapi kalau tidak dibiasakan menabung sejak awal, bukan tidak mungkin kita akan terlena dan akhirnya tidak punya dana pensiun. 

Meski gaji masih rendah, sangat disarankan untuk mulai menabung, walau hanya sedikit-sedikit. Begitu penghasilan sudah meningkat, tabungan dana pensiun bisa ditingkatkan juga. Kebiasaan ini akan membuat Anda rajin menabung dan tidak keberatan menyisakan sedikit dari penghasilan setiap bulan. Hasilnya, Anda jadi punya tabungan yang cukup untuk pensiun nanti.

4. Menabung untuk Dana Tak Terduga

Dalam hidup selalu saja ada hal-hal tak terduga yang tidak kita rencanakan sama sekali. Hal tak terduga ini tak jarang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Misalnya saja saat kita tertular penyakit, terjadi kecelakaan, kendaraan mogok, dan lain sebagainya. Kalau kita tidak punya tabungan untuk dana tak terduga, maka terpaksa harus mengambil dana dari tabungan atau dana pensiun. 

Inilah sebenarnya yang menjadi alasan banyak orang akhirnya tidak memiliki tabungan dana pensiun, karena selalu terpakai untuk hal-hal lain yang lebih mendesak. Alangkah lebih baiknya kalau membagi lagi tabungan menjadi tabungan dana darurat yang tak terduga dan tabungan dana pensiun. Dengan begitu, tidak akan mengganggu satu sama lain. 

5. Lunasi Hutang

Kebutuhan yang kian bertambah membuat kita terpaksa berhutang. Jadi kalau Anda punya hutang, sebenarnya tidak masalah, asalkan hutang untuk hal-hal yang memang dibutuhkan, bukan hutang untuk hal-hal yang diinginkan. 

Misalnya hutang untuk membeli rumah dan kendaraan karena kita butuh tempat tinggal dan alat transportasi untuk mobilitas sehari-hari, maka itu penting. Pastikan berhutang yang cicilannya mampu Anda bayar. Di sisi lain, kurangi atau sebaiknya jangan mengambil hutang untuk keinginan yang tidak terlalu penting. Misalnya untuk membeli gadget terbaru hanya karena gengsi atau berhutang untuk liburan. 

Berhutang selama tujuannya penting dan sesuai dengan kemampuan Anda itu tidak masalah. Jangan lupa, bayarkan hutang begitu Anda menerima gaji. Hutang adalah kewajiban, jadi jangan biarkan menumpuk, karena akan lebih sulit lagi kalau hutangnya berbunga. Lebih baik lunasi hutang, baru sisa uangnya bisa kita bagi lagi ke pos-pos keuangan. Dengan begitu, hutang akan cepat lunas tanpa halangan. 

Kelola Keuangan dengan Paket Internet Hemat dari XL PRIORITAS

Kehidupan kita sekarang tak lepas dari internet, entah itu untuk bekerja, bisnis, hiburan, atau sekedar bersosialisasi. Harus dipenuhi, Anda bisa dapatkan PRIORITAS Unlimited di XL PRIORITAS yang harganya terjangkau tapi kualitas jaringannya tetap terjamin. Selain itu, dalam satu paket internet sudah termasuk kuota telepon dan unlimited, kuota SMS dan berbagai benefit lainnya. 

Yuk, pilih salah satu paket internet unlimited dari XL PRIORITAS berikut ini:

  • PRIORITAS SILVER Rp 70,000

Unlimited Kuota Apps

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

100 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

  • PRIORITAS GOLD Rp 100,000

Unlimited Kuota Data with FUP 60GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

150 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

VIDIO Platinum 30 hari.

  • PRIORITAS PLATINUM: Rp 135,000

Unlimited Kuota Data with FUP 100GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

250 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

3 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS DIAMOND: Rp 180,000

Unlimited Kuota Data with FUP 150GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

350 menit telepon ke operator lain

1000 SMS ke semua operator

7 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

  • PRIORITAS ULTIMA : Rp. 300.000

Unlimited Kuota Data with FUP 300GB*

Unlimited telepon ke XL dan AXIS

Unlimited telepon ke operator lain

Unlimited SMS ke semua operator

30 hari Roaming Cashback

VIDIO Platinum hingga 1 tahun.

* Setiap paket internet Unlimited memiliki batas yang berbeda-beda sesuai Fair Usage Policy (FUP) yang berlaku

Dengan paket internet yang harganya terjangkau, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Pengeluaran untuk internet tidak membengkak, tapi kualitas koneksi internet Anda tetap lancar dan stabil. Jadi tunggu apa lagi? Langsung saja dapatkan paketnya di website XL PRIORITAS atau aplikasi MyXL sekarang!