Core

Dari masa ke masa, emas terbukti sebagai komoditas yang populer, bahkan dulu pernah menjadi semacam mata uang. Saat ini, emas dianggap sebagai simbol status dan salah satu opsi instrumen investasi yang banyak disuka. 

Emas dihargai di seluruh penjuru dunia karena nilainya dan sejarahnya yang panjang selama peradaban manusia. Emas sudah diakui sebagai barang berharga selama ribuan tahun. Koin yang mengandung emas bahkan ditemukan yang tertua berasal dari sekitar tahun 650 SM. Dari abad ke abad, manusia tetap menyimpan emas untuk berbagai alasan. Nah, jadi kenapa kita harus punya tabungan emas sekarang?

Alasan Tabungan Emas Itu Ide Baik untuk Investasi

Masih bertanya-tanya kenapa Anda harus mulai menabung emas? Di bawah ini adalah beberapa keunggulan emas yang menjadikannya sebagai salah satu instrumen investasi terbaik hingga kini:

1. Emas Punya Sejarah Panjang

Emas berbeda dengan mata uang kertas, koin, atau aset lainnya, karena emas sudah mempertahankan nilainya selama berabad-abad. Tak sedikit orang yang melihat emas sebagai harta-benda yang bisa diwariskan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Bahkan makin tua asalnya, terkadang nilainya justru sangat tinggi. Sejak jaman dahulu kala, manusia sudah menghargai karakter emas yang unik. 

Emas murni tidak berkarat dan bisa dicairkan di atas api biasa. Jadi emas fleksibel untuk dibentuk menjadi benda-benda lain dan dicap untuk jadi koin. Warna emas indah, berbeda dari elemen metal lainnya. Atom-atom di dalamnya lebih berat dan elektron di dalamnya bergerak dengan cepat, sehingga mampu menyerap cahaya dengan indah. 

2. Terlindung dari Inflasi

Inflasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam ekonomi karena pasti akan terjadi. Dari masa ke masa, emas telah melewati berbagai inflasi dan terbukti nilainya tidak turun. Padahal aset investasi lainnya kebanyakan mengalami penurunan nilai. Ini terbukti selama 50 tahun terakhir, di mana harga saham anjlok selama inflasi, sementara harga emas melonjak tinggi. 

Jadi saat biaya hidup mengalami peningkatan, harga emas cenderung meningkat juga. Saat kita mengalami kesulitan ekonomi di masa inflasi, kita selalu bisa menjual tabungan emas. Emas dipandang mampu menyimpan nilainya dengan baik, sehingga di saat mata uang sedang kehilangan nilai, orang cenderung memburu emas. 

3. Harga Naik Saat Deflasi

Deflasi terjadi jika harga-harga mengalami penurunan, aktivitas bisnis melambat dan negara terbeban dengan hutang yang berlebihan. Saat deflasi, daya beli terhadap emas justru meningkat, karena orang cenderung membeli sesuatu yang berharga untuk disimpan. Jadi emas tak hanya berharga saat inflasi, tapi juga saat deflasi. 

4. Tahan Terhadap Kondisi Politik yang Serba Tak Menentu

Emas bukan hanya terbukti mampu mempertahankan nilainya di tengah ketidakpastian ekonomi, tapi juga di tengah suasana politik yang bergejolak. Saat terjadi ketegangan politik dan rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah mengalami pasang-surut, harga emas justru konstan tetap tinggi. Emas juga mendapat julukan komoditas krisis, di mana aset yang satu ini tetap bisa diandalkan di saat krisis. 

5. Permintaan Makin Meningkat

Makin meningkat kondisi finansial, maka permintaan terhadap emas makin meningkat. Sudah banyak yang menyadari keunggulan tabungan emas, sehingga banyak pula yang mulai menabung emas di seluruh dunia. Di Cina, emas batangan menjadi salah satu bentuk tabungan tradisional. Sementara di India yang merupakan konsumen emas terbesar kedua di dunia, emas dalam bentuk perhiasan sangat berharga karena digunakan di banyak acara adat, seperti pernikahan. 

6. Membantu Diversifikasi Portofolio

Salah satu kunci berinvestasi adalah memiliki portofolio investasi yang beragam. Ini akan mengurangi risiko investasi kita. Kalau salah satu investasi nilainya turun, maka masih ada investasi lain yang nilainya aman. Emas adalah pilihan yang baik untuk diversifikasi investasi karena nilainya yang stabil. Tabungan emas mengurangi volatilitas dan risiko investasi kita secara keseluruhan. 

7. Selalu Likuid

Salah satu keunggulan emas yang paling disuka investor adalah emas sangat likuid dan selalu likuid. Artinya, emas sangat mudah dicairkan saat pemiliknya membutuhkan dana dalam bentuk uang tunai. Apa pun jenis emas yang kita miliki, emas sangat mudah dicairkan. 

Nilai emas batangan dan tabungan emas cenderung stabil dan bahkan meningkat, jadi paling tepat untuk investasi. Sedangkan emas dalam bentuk perhiasan selama disimpan sertifikat aslinya dan dijaga dengan baik, saat dijual kembali pun nilainya masih tetap baik. Pembeli emas sangat mudah dicari. Emas fisik bisa dijual di toko emas, sedangkan tabungan emas digital tentu saja bisa dijual di platform digital. 

8. Makin Mudah Diakses

Menabung emas hanya untuk orang kaya? Dulu mungkin pendapat ini benar. Tapi sekarang emas sudah makin mudah diakses. Tabungan emas sudah terbagi menjadi emas fisik dan emas digital. Besaran emas fisik ada yang sangat kecil, mulai dari 0.001 gram, 0.025 gram dan seterusnya. Jad kita bisa memilih sesuai kemampuan. Beli sedikit-sedikit, kalau dikumpulkan nilainya besar juga. 

Sama halnya dengan emas digital, kita sudah bisa membeli mulai dari 0.001 gram saja. Jadi mulai menabung emas itu bisa dilakukan siapa saja, bukan terbatas untuk orang yang berada saja. Tua maupun muda sekarang bisa punya tabungan emas. Aksesnya pun sangat mudah, baik emas fisik maupun tabungan digital bisa dilakukan via online. Hanya bermodalkan ponsel dan jaringan internet, kapan pun kita bisa berinvestasi emas! 

Update Seputar Tabungan Emas dengan PRIO Booster dari XL PRIORITAS

Sudah mantap menabung emas? Anda bisa update info seputar tabungan emas dan mulai menabung emas dengan bermodalkan internet yang koneksinya lancar. Cek nilainya, apakah turun atau naik, kapan saatnya emas dijual atau justru dibeli, dengan internet. Yuk, gunakan paket PRIO Booster dari XL PRIORITAS yang bisa Anda dapatkan Kuota Harian atau Kuota Bulanannya. 

Berikut ini pilihan paket untuk Kuota Harian:

KuotaHarga
2 GBRp 7.000 / 3 hari
2 GBRp 10.000 / 5 hari

Sementara PRIO Booster Kuota Bulanan pilihannya adalah:

Kuota1x BeliLangganan per Bulan
4 GBRp 30.000Rp 20.000
7 GBRp 35.000Rp 30.000
10 GBRp 40.000Rp 35.000
15 GBRp 50.000Rp 45.000
20 GBRp 60.000Rp 55.000
30 GBRp 75.000Rp 70.000
35 GBRp 100.000Rp 95.000
75 GBRp 200.000Rp 195.000

Paket PRIO Booster pilihannya beragam, cukup pilih yang jumlah kuotanya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Paketnya mudah didapatkan di aplikasi MyXL dan cukup dibayar via online. Transaksi berjalan dengan cepat dan paketnya pun bisa langsung aktif. Mau membuka tabungan emas, memantau nilai emas, atau untuk berbagai kebutuhan internet lainnya, jadi super lancar!